Analisis Swot Pada Pemasaran Digital Menggunakan Whatsapp Business

Authors

  • Deddy Junaedi Universitas Nurul Jadid
  • Dewi Alfiah Febriani Universitas Nurul Jadid
  • Rica Rachmawati Universitas Nurul Jadid
  • Tri Indah Wahyuni Universitas Nurul Jadid
  • Dela Nafisyah Ali Universitas Nurul Jadid
  • Nuril Masruroh Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1719

Keywords:

WhatsApp Business, Digital Marketing, SWOT, SMEs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital melalui penggunaan WhatsApp Business pada UMKM Cakes.WN dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. WhatsApp Business dipilih karena mampu menjangkau konsumen secara lebih personal dan efisien melalui fitur-fitur seperti katalog produk dan pesan otomatis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi mendalam mengenai pengalaman pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Business menawarkan keunggulan dalam efisiensi komunikasi dan perluasan jangkauan pasar. Namun, keterbatasan seperti kendala sumber daya manusia dan waktu respons pelanggan yang lambat juga teridentifikasi. Peluang pengembangan melalui fitur iklan berbayar dan optimasi katalog masih terbuka lebar. Sementara itu, tantangan seperti spam dan rendahnya literasi digital di kalangan pelanggan masih menjadi kendala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa WhatsApp Business dapat menjadi alat pemasaran yang efektif bagi UMKM jika didukung oleh strategi yang tepat dan sumber daya yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto, M., & Setiawan, B. (2024). Analisis Swot Dalam Pengembangan Usaha Kuliner Mie Koclok Di Cirebon. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, 2(1).

Al, M., Abdullah, F., & Fathihani, D. (2021). Jurnal Pengabdian Masyarakat (ANDHARA) MEMANFAATKAN WHATSAPP BUSINESS SEBAGAI SARANA PENUNJANG DIGITAL MARKETING UMKM DI TENGAH PANDEMIK COVID-19 DI KELURAHAN TANJUNG

DUREN. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ANDHARA), 1(2), 28–35. http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/

Alindri, H. F., Taufiqi, M. A., & Astuti, R. (2025). Strategi Pemasaran Online UMKM Menggunakan Whatsapp Business: Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. Jurnal Literasi Indonesia, 2(1), 10-18.

Badan Pusat Statistik. (2023) Statistik e-commerce 2023 https://web- api.bps.go.id/download.php?f=pgW2GYP/k8UwunZc0VIdpEZUSU9FOTRiTjRuWXh2K0EyRH liMUlaYnBoUHRpbGV1OXB4M2luUDlvalBsa3ltTEpzS21DcCtlZjJLODhPcFpTYitTWWg1VG FZMU1kNzFlVm56QlVqTmMvRXdRMlovS3hDeWJXRHJMNXpnejNUMGlMSXVQV2ZWU 0gxeHJKTjBXMUxZSWVreTl3dDk0UjlsQzFXWERZdEdxVHM2VlNOZDBGUFgyT3BEQ3Ft ODZZVmpZSE5rdW0vS3VkUWxRdUFkaHdvTG1rc0ZyMW5ZR2dWMTNHK2tOOE51Z0cyR

0ZkdkZyN3ZLRDM1Nk15TUs3VjBpclNXcVJ6UFB5NUFPenRGeDc=&_gl=1*gucyxk*_ga*N TYzMzQ1NjIxLjE3MzExMTk0MDM.*_ga_XXTTVXWHDB*czE3NDgwNDE5NjkkbzExJGcx JHQxNzQ4MDQyMDA1JGowJGwwJGgw

Bakhri, S. B., Munawar Albadri, A. A., & Fatimah, U. K. (2019). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon [SWOT Analysis for Gapit Cake Home Industry Development Strategy Sampurna Jaya Cirebon Regency] (No. 99626). University Library of Munich, Germany.

Haekal, M. M. (2022). Tips Memanfaatkan Analisis SWOT untuk Bisnis Online Anda [Edisi 2023]. Niagahoster Blog. Niagahoster.co.id

Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Penggunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 5(2), 193. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171

Kurniawan, K. A., & Sutabri, T. (2023). Analisis SWOT Pemasaran Digital Menggunakan WhatsApp Business Pada Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 9(2), 77-84.

Lipursari, L., Trisayuni, H., & Almuna, N. (2022). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Bisnis Online melalui WA Story. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 340-344.

Maulina, E., & Jaja Raharja, U. (2018). Swot analysis for business strategies: a case of Virage awi in the bamboo craft industries, bandung, indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 7(2), 213–224.

Nazarudin, H. (2020). Manajemen Strategik. Palembang: NoerFikri Offset.

Radede, A. I., Arifin, M., & Puspitojati, E. (2022). Strategi Pengembangan Pemasaran Online Produk Olahan Lidah Buaya Kelompok Tani Pelangi 43 melalui Whatsapp Business di Kelurahan Giwangan, Kemantren…. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 603-614.

Safitri, Z., El, W., Sitorus, V. P., & Noviyanti, I. (2024). Analisis SWOT terhadap Pengembangan Strategi Bisnis Pada Warung Makan Asyik Desa Balunijuk. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 2(3), 140-153.

SULIYANTO, S. (2017). Metode penelitian bisnis.

Umar, H. (2020). Manajemen Strategik: Konsep dan Analisis. Jakarta: The Jakarta Business Research Center. Retrieved http://eprints.kwikkiangie.ac.id/793/1/Buku%20MS%20draft.pdf

Wibisono, A. (2019). Memahami metode penelitian kualitatif. Djkn.Kemenkeu.Go.Id. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-MetodePenelitian- Kualitatif.html

Downloads

Published

23-07-2025

How to Cite

[1]
D. Junaedi, D. A. Febriani, R. Rachmawati, T. I. Wahyuni, D. N. Ali, and N. Masruroh, “Analisis Swot Pada Pemasaran Digital Menggunakan Whatsapp Business”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 6704–6709, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>