Strategi Pemasaran Travel Umrah Dan Haji Dalam Meningkatkan Kepuasaan Jamaah

Authors

  • Wahyu Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Mochamad Fatchurrohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Iman Supriadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Fanny Dwi Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1627

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Perjalanan Ibadah, Promosi Digital

Abstract

Tingginya permintaan terhadap layanan perjalanan umrah dan haji di Indonesia mendorong persaingan yang semakin kompetitif antar penyedia jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Ebad Alrahman Wisata dalam meningkatkan kepuasan jamaah. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, serta dokumentasi terhadap lima informan utama yang terdiri dari empat staf operasional dan satu jamaah umrah. Hasil studi menunjukkan bahwa loyalitas jamaah terbentuk dari perpaduan komunikasi yang terbuka, konsistensi mutu pelayanan, serta pemanfaatan media digital dan promosi dari mulut ke mulut secara efektif. Transparansi biaya, kemudahan pendaftaran secara daring, serta evaluasi rutin berbasis umpan balik pelanggan turut berkontribusi terhadap tingginya tingkat kepuasan. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan strategi pemasaran jasa yang menyeluruh dalam industri perjalanan ibadah, di mana kepercayaan dan pengalaman spiritual menjadi faktor utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, M. (2024). SKEMA MURŪR SEBELUM TENGAH MALAM: Analisis Epistemologis terhadap Ijtihad Kementerian Agama RI dalam Fikih Haji. MAQASHID, 7(2), 25-38..

Amri, Z., Khofifah, N., Rosalita, J., Fithria, N., Aulia, E. A., Choiriyah, U., ... & Prasiska, S. A. (2025). Profesionalisme Dalam Pelayanan Ibadah Suci: Praktik, Tantangan, dan Inovasi Biro Haji & Umrah. Penerbit Lutfi Gilang.

Ariyadi, A., Ismail, A. M. I., & Safaruddin, S. (2024). Dimensi Tangible Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(3), 105-118.

Hasan, N. N., Maulana, F., Wiguna, A. P., & Khair, O. I. (2025). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Efisiensi Operasional UMKM. Jurnal Sains, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Hukum, 2(4), 285-291.

Hidayat, F., Riono, S. B., Kristiana, A., & Mulyani, I. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(3), 214-231.

Kurniawan, A. A. F. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap loyalitas konsumen di mediasi dengan kepuasan pelanggan pada jasa transportasi Gorental Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Listika, P. (2015). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pada Nasabah Bkk Tirtomoyo Wonogiri (Studi Kasus Nasabah BKK Tirtomoyo Wonogori) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Martin, M. I. (2024). Literatur Review: Strategi Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Manajemen Pemasaran. Jurnal Sosial Sains, 3(2 Desember), 33-40.

Mujito, S. E. (2025). Strategi Pemasaran (Product, Price, Place and Promotion). Selat Media.

Nurhaviza, H. (2021). Strategi Pemasaran Paket Ibadah Umroh Pada PT. Shirotol Jannah Pekanbaru di Era New Normal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Nurwahid, A. F. (2025). Peran Komunikasi Getok Tular Dalam Pemasaran Kuliner Legendaris Pecel Garuda Kertosono. The Commercium, 9(2), 11-20.

Ritonga, S., & Nadirah, I. (2022). Penyelesaian sengketa wanprestasi oleh travel umroh Atas jamaah haji furoda/umroh di indonesia. Jurnal Moralita: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 62-76.

Sa’adah, L. (2020). Kualitas layanan, harga, citra merk serta pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Lppm Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah.

Safitri, I., & Harahap, N. (2025). Analisis Branding Media Sosial dalam Meningkatkan Minat Masyarakat terhadap Produk Tas Purun. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(1), 219-230.

Santoso, J. A., Khairullah, Q. F., & Lyana, A. A. (2025). Analisis Perilaku dan Kebutuhan Pelanggan terhadap Perubahan Budaya Organisasi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora, 12(1), 23-30.

Sapada, M. I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Magic Cell Oppo Store Parepare. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(1), 10-19.

Sari, R. K. (2019). Viral Marketing: Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81-96.

Silvana, I., & Soegiri, H. (2021). Analisis Pengaruh Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan Dan Empati Terhadap Kepuasan Pasien Yang Melakukan Pemerik Saan Laboratorium di Laboratorium Rsud Jaraga Sasameh Buntok. KINDAI, 17(2), 178-191.

Simanihuruk, P., Prahendratno, A., Tamba, D., Sagala, R., Ahada, R., Purba, M. L. B., ... & Rachman, S. H. (2023). MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN: Strategi Pemasaran yang Efektif pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

19-07-2025

How to Cite

[1]
W. Handayani, M. Fatchurrohman, I. Supriadi, and F. D. Puspitasari, “Strategi Pemasaran Travel Umrah Dan Haji Dalam Meningkatkan Kepuasaan Jamaah”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 6350–6354, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)