Pengaruh Promo Event Dan Influencer Terhadap Pembelian Impulsif Pada Brand Kahf Dikalangan Generasi Z Kota Depok

Authors

  • Agung Pramono Jakarta Global University
  • Dwi Rachmawati Universitas Global Jakarta.
  • Suci Ayu Sudari Universitas Global Jakarta.

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1616

Keywords:

Promo Event, Influencer, Pembelian Impulsif, Gen Z, Kahf.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promo Event dan Influencer terhadap Pembelian Impulsif produk Kahf di kalangan Generasi Z di Kota Depok. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang sesuai dengan kriteria. Variabel Promo Event dan Influencer dianalisis terhadap Pembelian Impulsif menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Promo Event maupun Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi promosi melalui event promosi dan peran influencer efektif dalam mendorong keputusan pembelian spontan di kalangan Gen Z. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menyusun strategi pemasaran digital yang lebih relevan dengan karakteristik konsumen muda dan perilaku impulsif mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hernama and S. Hermawati, “PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW PADA KONSUMEN PRIA DI KOTA DEPOK,” UG J., vol. 16, no. 6, pp. 50–58, 2022.

D. Rachmawati, G. Akbar, and Udriyah, “Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 11 No . 3 November 2022 E - ISSN PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DEALER SENTRAL MOTOR YAMAHA CABANG SUKABUMI ) Oleh :,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 3, pp. 347–352, 2022.

rio D. Shpautra, I. Akhmad, F. Ayu Nofirda, and J. Manajemen Universitas Muhammadiyah Riau, “Pengaruh Shopping Lifestyle, Influencer, dan Diskon Harga Terhadap Impulse Buying Pada TikTok Shop Di Kota Pekanbaru,” J. Ilm. Mhs. Merdeka EMBA, vol. 3, no. 2, pp. 95–113, 2024.

L. Ariyanti and S. Setyo Iriani, “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day (Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur),” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 5, pp. 491–508, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i5.58.

R. C. Andri and H. Wijaya, “the Influence of Digital Branding on Brand Awareness and Purchase Decisions Among Msmes in Palembang: a Case Study on Zanaia Acrylic,” Klabat J. Manag., vol. 4, no. 2, p. 112, 2023, doi: 10.60090/kjm.v4i2.1009.112-127.

M. S. Putri and Rosmita, “Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9,” Jiabis J. Adm. Bisnis dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 113, pp. 86–97, 2024.

P. T. Wisnuaji, D. Rachmawati, and S. A. Sudari, “Penerapan Digital Marketing untuk Peningkatan Pemasaran UKM Heppi Kitchen Depok,” Yumary J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 139–146, 2023, doi: 10.35912/yumary.v3i3.1767.

S. N. Putri and H. Sugiyono, “Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Pemberi Diskon Palsu Dalam Praktik Jual Beli Event Tanggal Kembar E-Commerce,” J. Interpret. Huk., vol. 4, no. 3, pp. 536–546, 2023.

D. Rachmawati, H. Wijaya, and Y. Pambreni, “Analysis of Digital Marketing and Green Marketing Strategies to Maintain Business Sustainability on MSMEs Bandung Regency in Digital Era,” J. Appl. Bus. Adm., vol. 7, no. 2, pp. 237–244, 2023, doi: 10.30871/jaba.v7i2.6345.

A. Irawan, R. Mahfudoh, Y. W. Lestari, and ..., “Pengaruh Diskon Gratis Ongkos Kirim, Influencer, &Online Customer Review Ter Impulsehadap Buying Produk Fashion Di E …,” Pros. SEMANIS …, vol. 2, pp. 364–371, 2024, [Online]. Available: http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/semanis/article/view/3519%0Ahttp://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/semanis/article/download/3519/1761

Eric, Jocelyn, A. Cen, V. Bong, and F. K. Lie, “Dampak Influencer Instagram Terhadap Gaya Hidup Belanja Impulsif Pada Remaja di Batam,” E-Bisnis J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 15, no. 1, pp. 135–144, 2022, doi: 10.51903/e-bisnis.v15i1.734.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2022.

M. K. R. Surbakti, G. Wijayanto, and E. A. Pailis, “Pengaruh Influencer, Lifestyle Dan Brand Image Terhadap Impulse Buying Di E-Commerce (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Kota Pekanbaru),” J. Sos. Hum. Terap., vol. 4, no. 2, 2022, [Online]. Available: https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol4/iss2/1

Downloads

Published

19-07-2025

How to Cite

[1]
A. Pramono, D. Rachmawati, and S. A. Sudari, “Pengaruh Promo Event Dan Influencer Terhadap Pembelian Impulsif Pada Brand Kahf Dikalangan Generasi Z Kota Depok”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 6355–6361, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles