Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust Produk Telkomsel by.U

Authors

  • Hadi Firmansyah Universitas Global Jakarta
  • Suci Ayu Sudari Universitas Global Jakarta
  • Dwi Rachmawati Universitas Global Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1480

Keywords:

Social Media Marketing, Brand Trust, Brand Loyalty, Telkomsel by.U, SEM-PLS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Loyalty melalui Brand Trust sebagai variabel mediasi pada produk Telkomsel by.U di Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna aktif Telkomsel by.U. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0, melalui pendekatan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Tahapan analisis meliputi pengujian model pengukuran (outer model) untuk menilai validitas dan reliabilitas, serta model struktural (inner model) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh terhadap Brand Trust, dan Brand Trust berpengaruh terhadap Brand Loyalty. Selain itu, Social Media Marketing juga memiliki pengaruh terhadap Brand Loyalty melalui Brand Trust sebagai variabel mediasi. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi pemasaran melalui media sosial untuk membangun kepercayaan merek yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk Telkomsel by.U.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hadi Firmansyah, Universitas Global Jakarta

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Global Jakarta

Suci Ayu Sudari, Universitas Global Jakarta

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Global Jakarta

Dwi Rachmawati, Universitas Global Jakarta

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Global Jakarta

References

R. Haryanto, A. Setiawan, R. Nurhayati, I. Gede, A. Mertayasa, and A. R. Nugraha, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review,” Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. 8, no. 2, 2024, doi: 10.29040/jie.v8i2.13093.

O. H. Prabowo, A. Merthayasa, and N. Saebah, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Manajemen Perubahan Pada Kegiatan Bisnis Di Era Globalisasi,” Journal Syntax Idea, vol. 5, no. 7, Jul. 2023, doi: 10.46799/syntax-idea.v5i7.2416.

D. Rachmawati, H. Wijaya, and Y. Pambreni, “Analysis of Digital Marketing and Green Marketing Strategies to Maintain Business Sustainability on MSMEs Bandung Regency in Digital Era,” Journal of Applied Business Administration, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.30871/jaba.v7i2.6345.

S. A. Sudari and Y. Pambreni, “Relationship Marketing and Digital Marketing on Competitive Advantage in Enhancing SMEs Marketing Performance at Semarang Regency,” Jambura Science of Management, vol. 6, no. 1, 2024, doi: 10.37479.

D. Rachmawati, Udriyah, and N. F. Dewi, “Analisis Strategi Green Branding Sebagai Usaha Menciptakan Sustainable Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era Ekonomi Global Pada Brand Fashion Lokal Kota Bandung,” Among Makarti : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, vol. 17, no. 1, 2024, doi: 10.52353/ama.v17i1.624.

A. Rafiq, “Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat,” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.33822/gk.v3i1.1704.

H. Wijaya, R. C. Andri, and D. Rachmawati, “Analysis Of Digital Marketing Strategies On Interest And Enrollment Decisions Of Prospective New Students In Private Higher Education Institutions In Indonesia (A Case Study Of Jakarta Global University),” Klabat Journal of Management, vol. 4, no. 2, 2023, doi: 10.60090/kjm.v4i2.1007.147-162.

P. T. Wisnuaji, D. Rachmawati, and S. A. Sudari, “Penerapan Digital Marketing untuk Peningkatan Pemasaran UKM Heppi Kitchen Depok,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 3, no. 3, 2023, doi: 10.35912/yumary.v3i3.1767.

H. Wijaya et al., “The Influence of Social Media Marketing and Influencer Marketing on Consumen Behaviour (Case Study of Gen-Z In Kota Depok, West Java),” Neo Journal of Economy and Social Humanities, vol. 3, no. 2, 2024, doi: 10.56403/nejesh.v3i2.203.

R. D. Hertin, A. Pitra, and H. Wijaya, “Analysis Of The Influence Of Digital Marketing: Social Media Marketing As An Effort To Improve Marketing Methods For Business Sustainability In Msmes In Cilodong District,” vol. 21, no. 2, 2024, doi: 10.32722/epi.v21i2.720.

W. Suntoro and Y. B. R. Silintowe, “Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek,” MODUS Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 32, no. 1, 2020, doi: 10.24002/modus.v32i1.3194.

D. A. M. C. Dhirtya and I. G. K. Warmika, “Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Mediasi Persepsi Nilai Pelanggan,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. 11, no. 3, 2022, doi: 10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p07.

T. Ruth, Junaidi, and R. Handayani, “Kepercayaan Merek Dan Ekuitas Merek Pada Pengaruh Aktivitas Pemasaran Sosial Media Terhadap Loyalitas Merek Rumah Sakit,” National Conference on Social Science and Religion, vol. 1, no. 1, 2022, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/7647/2932

M. Fauzy and M. A. Ahmadi, “Mengungkap Peran Sosial Media Marketing Dalam Membangun Loyalitas Merek: Melalui Pengalaman Merek,” Journal Culture Education And Technology Research, vol. 1, no. 3, 2024, doi: 10.31004/ctr.v1i3.

M. N. Witami and S. Widyanesti, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek Kosmetik Mustika Ratu Dengan Mediasi Value Consciousness Dan Brand Consciousness Di Wilayah Bandung,” Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika, vol. 8, no. 6, 2021, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16928

R. M. Pasaribu and A. Silalahi, “Analysis of The Impact of Social Media Marketing Activities in Brand Loyalty With Brand Awareness as Intermediate Variables (Study on Traveloka Brand),” Visi Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.51622/vsh.v1i1.26.

M. F. Mustaqiem, U. Sholihin, and I. S. Hardiningrum, “Pengaruh Influencer Marketing, Content Marketing, Dan Social Media Instagram Terhadap Minat Beli Produk Simcard Byu Telkomsel Pada Siswa Smk Negeri 1 Kediri,” Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, vol. 6, no. 6, 2024, doi: 10.8734/mnmae.v1i2.359.

L. Pitaloka, T. Herawaty, and A. Chan, “Pengaruh Digital Guerilla Marketing Terhadap Brand Awareness by.U (Survei Terhadap Followers Instagram @byu.id),” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, vol. 21, no. 1, 2022, doi: 10.14710/jspi.v21i1.47-62.

Top Brand Award, “Penggunaan Akademis Data Top Brand.” Accessed: Jan. 15, 2025. [Online]. Available: https://www.topbrand-award.com/data-top-brand-untuk-akademis

E. Yulianto, “Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Kaum Milenial di Kota Depok,” Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia, vol. 11, no. 2, 2022, Accessed: Apr. 14, 2025. [Online]. Available: https://jmrbi.stiembi.ac.id/index.php/lppm/article/view/102

J. R. Meruvishnu and B. Sudaryanto, “Analisis Pengaruh Social Media Marketing Instagram Shopee Terhadap Brand Loyalty Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Aktif Universitas Diponegoro Angkatan 2018-2021),” Diponegoro Journal Of Management, vol. 11, no. 3, 2022, Accessed: Feb. 02, 2025. [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36516/0

Haudi et al., “The Effect of Social Media Marketing on Brand Trust, Brand Equity and Brand Loyalty,” International Journal of Data and Network Science, vol. 6, no. 3, 2022, doi: 10.5267/j.ijdns.2022.1.015.

N. F. Fauzi and S. Evanita, “The Role Of Brand Trust As A Mediator In The Relationship Between Brand Awareness, Social Media Marketing, And Brand Loyalty,” Journal Marketing Management Studies, vol. 4, no. 3, 2024, doi: 10.24036/mms.v4i3.526.

R. Insanita and L. Meria, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Pengalaman Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek pada Produk Fashion,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14622.

Sjukun, V. Sulfitri, D. Karya, S. Fauzar, and Risnawati, Pemasaran Di Era Digital. Kab. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka, 2024.

M. A. Firmansyah, Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV Penerbit Qiara Media, 2019.

R. Fauzan et al., Produk dan Merek. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi, 2023.

A. S. Nugraha and T. Adialita, “Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan,” Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, vol. 2, no. 3, 2021, doi: 10.35912/jakman.v2i3.381.

E. N. Putri, R. Susanti, and Lamidi, “Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee,” Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, vol. 22, no. 1, 2022, doi: 10.33061/jeku.v22i1.7589.

I. Ghozali and K. A. Kusumadewi, Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 1). Semarang: Yoga Pratama, 2023.

M. Sholihin and D. Ratmono, Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2021.

P. R. Sihombing, A. M. Arsani, M. Oktaviani, R. Nugraheni, L. Wijaya, and I. Muhammad, Aplikasi SmartPLS 4.0 untuk Statistisi Pemula. Tangerang: Minhaj Pustaka, 2024.

Downloads

Published

13-07-2025

How to Cite

[1]
H. Firmansyah, S. A. Sudari, and D. Rachmawati, “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust Produk Telkomsel by.U”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 5622–5634, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles