Green Purchase Intention: Environmental Knowledge, WOM, Green Marketing melalui Environmental Attitude

Authors

  • Anisa Nur Herawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Fitroh Adhilla Universitas Ahmad Dahlan
  • Purwoko Purwoko Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1468

Keywords:

Green Purchase Intention, Environmental Knowledge, Word of Mouth, Green Marketing dan Environmental Atitude.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh environmental knowledge, word of mouth (WOM), dan green marketing terhadap green purchase intention produk Wardah dengan variabel mediasi environmental atitude. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Wardah. Dalam penelitian ini, terdapat 218 responden yang mengisi kuesioner melalui google form, dan hanya 163 kuesioner yang dapat diolah dengan menggunakan teknik probability sampling. Data yang didapat kemudian diolah dengan menggunakan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) 4.0. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa (1) environmental knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude; (2) word of mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap environmental attitude; (3) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude (4) environmental attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention; (5) environmental knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi; (6) word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi; (7) green marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an online. 2025. Diakses pada 23 Januari 2025 dari https://quran.nu.or.id/al-a’raf/56

Wardah. 2021. https://www.wardahbeauty.com/id/news/wardah-serukan-aksi-peduli-lingkungan

Simanjuntak et al. 2023. Environmental Care Attitudes and Intention to Purchase Green Products. Journal of Sustainability, doi: 10.3390/su15065445

Wijekoon, R., & Sabri, M.F. 2021. Determinants of Green Product Purchase Intention. Literature Review, doi:10.3390/su13116219

Downloads

Published

13-07-2025

How to Cite

[1]
A. N. Herawati, F. Adhilla, and P. Purwoko, “Green Purchase Intention: Environmental Knowledge, WOM, Green Marketing melalui Environmental Attitude”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 5716–5721, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles