Green Purchase Intention: Environmental Knowledge, WOM, Green Marketing melalui Environmental Attitude
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1468Keywords:
Green Purchase Intention, Environmental Knowledge, Word of Mouth, Green Marketing dan Environmental Atitude.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh environmental knowledge, word of mouth (WOM), dan green marketing terhadap green purchase intention produk Wardah dengan variabel mediasi environmental atitude. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Wardah. Dalam penelitian ini, terdapat 218 responden yang mengisi kuesioner melalui google form, dan hanya 163 kuesioner yang dapat diolah dengan menggunakan teknik probability sampling. Data yang didapat kemudian diolah dengan menggunakan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) 4.0. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa (1) environmental knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude; (2) word of mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap environmental attitude; (3) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude (4) environmental attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention; (5) environmental knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi; (6) word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi; (7) green marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi.
Downloads
References
Al-Qur’an online. 2025. Diakses pada 23 Januari 2025 dari https://quran.nu.or.id/al-a’raf/56
Wardah. 2021. https://www.wardahbeauty.com/id/news/wardah-serukan-aksi-peduli-lingkungan
Simanjuntak et al. 2023. Environmental Care Attitudes and Intention to Purchase Green Products. Journal of Sustainability, doi: 10.3390/su15065445
Wijekoon, R., & Sabri, M.F. 2021. Determinants of Green Product Purchase Intention. Literature Review, doi:10.3390/su13116219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Nur Herawati , Fitroh Adhilla, Purwoko Purwoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















