Pengaruh Green Marketing dan Kampanye Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Hayimi Store
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1433Keywords:
Green Marketing, Kampanye Lingkungan, Keputusan Pembelian, Pesantren, Konsumen BerkelanjutanAbstract
Isu lingkungan akibat penggunaan plastik sekali pakai mendorong pelaku usaha menerapkan strategi pemasaran berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing dan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik terhadap keputusan pembelian konsumen di Hasyimi Store, Pondok Pesantren Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan 114 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin dari populasi 160 santri. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan SPSS versi 22 dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil menunjukkan bahwa green marketing dan kampanye pengurangan plastik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (R² = 66%). Strategi ini terbukti efektif dalam membentuk perilaku konsumtif yang sadar lingkungan di lingkungan pendidikan berbasis agama. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pemasaran berkelanjutan yang kontekstual di sektor pendidikan pesantren.
Downloads
References
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.
Harminingtyas, A., Putri, S. A., & Kusumawati, R. A. (2020). Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Herborist. Jurnal Manajemen, 8(2), 112–120.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kurniawan, E., & Syifauddin, M. (2021). Environmental Knowledge, Environmental Value, And Environmental Behavior of Santri at Pesantren. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 235–247.
Noor, Z. Z. (2024). The Role of Green Marketing and Sustainability Practices in Increasing Brand Equity in the Indonesian E-commerce Sector. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 5(6), 5650–5656.
Pradani, R. F. E., & Safitri, I. N. (2025). Meneropong Penerapan Green Marketing pada UMKM Kuliner Lokal. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 4(1), 483–488. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.437
Pradani, R. F. E., Rusmawati, R., Izzah, N., Kulsum, U., Pramita, R. D., & Novianti, N. I. (2024). Sosialisasi Model Bisnis Hijau dalam Mendorong Transformasi Ekonomi Hijau pada Ibu Rumah Tangga di Desa Sumur Dalam Probolinggo. SABANGKA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(5), 153–167. https://doi.org/10.62668/sabangkaabdimas.v3i05.1258
Rahmawati, N., Santoso, H. B., & Utami, D. (2021). Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Ades. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 88–95.
Tampubolon, N. K. T., Roessali, W., & Santoso, S. I. (2025). An Analysis of Consumer Behavior Regarding Green Product Purchases in Semarang, Indonesia: The Use of SEM-PLS and the AIDA Model. Open Agriculture, 10(1), 20220407. https://doi.org/10.1515/opag-2022-0407
Triyuni, Y., Hastuti, E. D., & Rini, D. P. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau. Jurnal Ekonomi Hijau, 5(1), 77–86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Febri Eka Pradani, Nurrifa' Purnama Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.