Pengaruh Financial Technology Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1373Keywords:
Financial Technology, Generasi Milenial, Perilaku KonsumtifAbstract
Kemajuan teknologi keuangan (financial technology) telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan generasi milenial, khususnya dalam transaksi digital seperti penggunaan e-wallet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan financial technology terhadap perilaku konsumtif generasi milenial, fokus pada siswa SMA Negeri 1 Paiton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriftif kuesioner kepada 37 responden yang dipilih secara purposive. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan fintech tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,505 > 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,012, yang berarti hanya 1,2% variasi perilaku konsumtif yang dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan fintech. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti aspek psikologis, sosial, budaya, maupun gaya hidup. Dengan demikian, hipotesis nol (H₀) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak.
Downloads
References
Andiani, D. A. P., & Maria, R. (2023). Pengaruh Financial Technology dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan pada Generasi Z. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 9(2), 3468–3475. https://doi.org/10.33197/jabe.vol9.iss2.2023.1226
Astuti, A. D., & Faujiah, A. (2023). Pengaruh penggunaan dompet digital (e-wallet) terhadap perilaku konsumtif perspektif Islam pada generasi milenial Daerah Istimewa Yogyakarta. Alkasb: Journal of Islamic Economics, 2(1), 209–222. https://jurnal.instika.ac.id/index.php/alkasb/article/view/396
Basalamah, R., Nurdin, N., Haekal, A., Noval, N., & Jalil, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay Pada Generasi Milenial Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 57–71. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.93.57-71
Cahyoseputro, Wibowo, and Meira Purnama Rizki. 2024. “Pengaruh Fintech Lending Terhadap Perilaku Konsumtif Dan Gaya Hidup Generasi Milennial Di Kota Bandung.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8: 12243–59.
Fahrudin, F., & Aulia, N. (2023). Pengaruh Infrastruktur Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Probolinggo. Journal Economics and Strategy, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.36490/jes.v4i2.753
Ferdiansyah, A., & Triwahyuningtyas, N. (2021). Analisis Layanan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 223–235. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Kristardi, F. S. (2024). 3 Dompet Digital Terbesar di Indonesia: Ulasan, Fitur, Biaya, Kelebihan dan Kekurangan. 1–19. https://rankia.id/dompet-elektronik-terbaik-indonesia/
Kuswanto, K., Aryanti, S., & Arief, H. (2024). Pengaruh Financial Technology dan Manajemen Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(2), 268–276. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p268-276
Mujahidin, A. (2020). Pengaruh Fintech e-wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1513
Rahmawati, R. N., & Narsa, I. M. (2019). Intention to Use e-Learning: Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM). Owner, 3(2), 260. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.151
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahrudin Fahrudin, Moh. Nurhedi, Arief Rahman Afandy, Moh. Sholihin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.