Pengaruh Prinsip Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Shopee Barokah

Authors

  • Nilam Barkah Universitas Islam Jakarta
  • Agustin Windianingsih Universitas Islam Jakarta
  • M Andika Hariz Hamdallah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1371

Keywords:

Prinsip Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Studi ini mengkaji Pengaruh Prinsip Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Shopee Barokah. Fokus utama studi ini adalah untuk membuktikan secara dan simultan dan parsial bahwa prinsip bisnis islam dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen shopee barokah. Keterbatasan kajian mengenai kepuasan konsumen Muslim di e-commerce syariah menjadikan penelitian ini relevan untuk dilakukan. Pendekatan kuantitatif asosiatif digunakan dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner. Konsumen aktif Shopee Barokah menjadi populasi penelitian, dengan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Pengolahan data dilakukan dengan SmartPLS 4 melalui uji validitas, reliabilitas, dan hipotesis. Prinsip bisnis Islam terbukti memengaruhi kepuasan konsumen, ditunjukan nilai t sebesar 5,805 > 1,96 dan p-value 0 < 0,05. Kualitas pelayanan terbukti memengaruhi kepuasan konsumen, ditunjukan nilai t sebesar 6,866 > 1,96 dan p-value 0 < 0,05. Uji F-square mengindikasikan bahwa prinsip bisnis Islam serta kualitas pelayanan secara simultan memengaruhi kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian (F hitung 45,8 > F tabel 3,09).

Downloads

Download data is not yet available.

References

O. S. Themba, “Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim Dan Kualitas Produk,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. …, vol. 5, no. 3, pp. 925–932, 2021, [Online]. Available: http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1412

Detika Yossy Pramesti, Sri Widyastuti, and Dian Riskarini, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KERAGAMAN PRODUK, DAN PROMOSI E-COMMERCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE,” JIMP J. Ilm. Manaj. Pancasila, vol. 1, no. 1, pp. 27–39, Mar. 2021, doi: 10.35814/jimp.v1i1.2065.

T. Prihartama and M. Mukhsin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Informasi, dan Islamic Branding Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Situs Jual Beli Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB Untirta),” EKOBIS SYARIAH, vol. 8, no. 1, p. 15, Jun. 2024, doi: 10.22373/ekobis.v8i1.22797.

H. Basri, M. Yulian Ma’mun, and L. Malihah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen,” J-CEKI J. Cendekia Ilm., vol. 3, no. 1, pp. 99–113, Aug. 2023, doi: 10.56799/jceki.v3i1.2284.

Ratih Ayu Sekarini, Wiwin, and Hilma Farhani, “Pengaruh Promosi, Penilaian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Di Jakarta,” J. Ekon. dan Ind., vol. 24, no. 3, pp. 920–930, 2023, doi: 10.35137/jei.v24i3.220.

T. Rismaya, U. B. Muslim, and H. A. Shiddieqy, “ANALISIS MENGENAI PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE DITINJAU DARI SUDUT PANDANG SYARIAH (Studi Pada Pengguna Shopee),” SAHID Bus. J., vol. 1, no. 01, pp. 49–60, Mar. 2022, doi: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.12.

Trisya Muliati, Faizal Nurmatias, and Khairul Azmi, “Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim Pada Restaurant Dr. Nia Baker Seafood N Steak House di Kota Dumai,” Al-Hisbah J. Ekon. Syariah, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, Sep. 2021, doi: 10.57113/his.v2i2.53.

N. M. Alfani, A. Nurzaroni, and M. Hasbi, “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Produk Halal, Terhadap Minat Pembelian Di Shopee Barokah (Studi Kasus Pada Generasi Z Muslim Di Samarinda),” Borneo Islam. Financ. Econ. J., vol. 2, no. 2, pp. 171–189, 2022, doi: 10.21093/bifej.v2i2.5741.

A. Windianingsih, M. W. Darmawan, and R. Hisanah, “Analisis Pengaruh Penerapan Konsep Islam pada Akad Ba ’ i , Kualitas Produk , dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Pada Usaha Moslem House Kota Sukabumi ),” Ad-Deenar J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 6, no. 2, pp. 355–368, 2022, doi: 10.30868/ad.v6i02.3040.

V. S. Purborini, “Perlindungan Hukum Konsumen pada Transaksi Jual Beli Jasa Desain Melalui Shopee,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 3619–3623, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5773.

B. S. Nugroho, Ekonomi Syariah Kontemporer, vol. 11, no. 1. Yogyakarta, 2024. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

H. A. Setiawan, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee,” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 10, no. 2, pp. 1360–1366, Apr. 2024, doi: 10.35870/jemsi.v10i2.2312.

Y. Astuti Tri Tartiani and D. Fariscka, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Konsumen Shopee,” J. Econ. Bus. UBS, vol. 12, no. 3, pp. 1839–1860, Jun. 2023, doi: 10.52644/joeb.v12i3.279.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2023, isbn: 978-602-289-533-6.

Imam Ghozali, Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0. Universitas Diponegoro, Semarang: Yoga Pratama, 2023, isbn: 978-602-0896-80-9.

Downloads

Published

09-07-2025

How to Cite

[1]
N. Barkah, A. Windianingsih, and M. A. H. Hamdallah, “Pengaruh Prinsip Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Shopee Barokah”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 4978–4983, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles