Determinan Keputusan Berkuliah di Perguruan Tinggi: Fokus Studi Kasus pada Universitas XYZ

Authors

  • Relifra Relifra Universitas Adzkia
  • Oza Syafriani Universitas Adzkia
  • Yolanda Desti Universitas Adzkia
  • Angella Savana Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1353

Keywords:

Keputusan Berkuliah, Perilaku Konsumen, Perguruan Tinggi

Abstract

Melanjutkan ke pendidikan tinggi adalah pilihan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Pendidikan tinggi sangat penting dalam pembentukan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Di berbagai negara, keputusan mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi tertentu sebagai tempat untuk mengejar pendidikan tinggi mereka menjadi sebuah tantangan kompleks. Penelitian ini bertujuan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berkuliah di Universitas XYZ. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dari mahasiswa Universitas XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel reputasi universitas, akreditasi, fasilitas dan infrastruktur, program studi, program beasiswa, biaya pendidikan, layanan akademik kelompok referensi dan promosi univeritas mempengaruhi keputusan berkuliah di Universitas XYZ. Sedangkan, variabel karakter dan prestasi tidak mempengaruhi keputusan berkuliah di Universitas XYZ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Han P. A literature review on college choice and marketing strategies for recruitment. Fam Consum Sci Res J. 2014;43(2):120–30.

Rinn AN, Plucker JA. High-Ability College Students and Undergraduate Honors Programs: A Systematic Review. J Educ Gift [Internet]. 2019;42(3):187–215. Available from: https://doi.org/10.1177/0162353219855678

Meyer MS, Cranmore J, Rinn AN, Hodges J. College Choice: Considerations for Academically Advanced High School Seniors. Gift Child Q. 2021;65(1):52–74.

Wilson HE, Adelson JL. College Choices of Academically Talented Secondary Students. J Adv Acad [Internet]. 2012;23(1):32–52. Available from: https://doi.org/10.1177/1932202X11430269

PDDIKTI. Pddikti Kemdikbud. 2024 [cited 2024 Mar 9]. Grafik Jumlah Program Studi. Available from: https://pddikti.kemdikbud.go.id/prodi

Hammond DR, McBee MT, Hebert TP. Exploring the motivational trajectories of gifted university students. Roeper Rev [Internet]. 2007 Mar 1;29(3):197–205. Available from: https://doi.org/10.1080/02783190709554409

Sloan PJ. Increasing Gifted Women’s Pursuit of STEM: Possible Role of NYC Selective Specialized Public High Schools. J Educ Gift [Internet]. 2020;43(2):167–88. Available from: https://doi.org/10.1177/0162353220912026

B. M. P. S. Students’ Choice of Higher Educational Institutes; Analysis of Factors in the Sri Lankan Context. Int J Eng Appl Sci Technol. 2020;5(8):9–14.

Sitanggang FA, Putri DE, Sitanggang PA. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Manajemen Jenjang Strata-1 pada Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Jambi. Ekon J Econ Bus. 2021;5(1):117.

Behr A, Giese M, Teguim Kamdjou HD, Theune K. Dropping out of university: A literature review. Rev Educ. 2020;8(2):614–52.

Nuseir MT, El Refae GA. Factors influencing the choice of studying at UAE universities: an empirical research on the adoption of educational marketing strategies. J Mark High Educ [Internet]. 2022;32(2):215–37. Available from: https://doi.org/10.1080/08841241.2020.1852467

Eidimtas A, Juceviciene P. Factors Influencing School-leavers Decision to Enrol in Higher Education. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 2014;116:3983–8. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.877

Kotler P, Keller KL. Marketing Management. Global Edi. England: Pearson Education Limited; 2016.

Tjiptono F. Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: Andi Offset; 2015.

Relifra, Wardi Y. The Effect of Tourism Service Marketing Mix, Destination Image and Tourist Motivation on Tourist Satisfaction Tourism in Bukit Khayangan Tourism Object Sungai Penuh City, Jambi Province. Adv Econ Bus Manag Res [Internet]. 2022;659:159–69. Available from: https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220702.024

Syafriani O, Relifra, Arham QL. Pengaruh Panic Buying dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di Apotek Era Covid-19. 2023;2(3):351–9.

Kuntari, Sumardi. KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN. J Pengemb Wiraswasta. 2019;21(1).

Hasan A. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service); 2018.

Hasan A. Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS); 2014.

Hair JF, Babin BJ, Anderson RE, Black WC. Multivariate Data Analysis [Internet]. Cengage Learning; 2022. Available from: https://books.google.co.id/books?id=PONXEAAAQBAJ

Sekaran U, Bougie R. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. 7th ed. West Sussex: Wiley & Sons; 2016.

Harahap DA, Hurriyati R, Gaffar V, Amanah D. The impact of word of mouth and university reputation on student decision to study at university. Manag Sci Lett. 2018;8(6):649–58.

Wulandari R, Kurniawan YT, Kori’ah S, Kusumaningrum A, Kartiko A. The Effect of Study Program Accreditation on Decision-Making of New Students Through Promotion in Higher Education in Mojokerto. AL-ISHLAH J Pendidik. 2022;14(4):7217–28.

Tham A. A policed state – higher education quality policies and influences on Asian tourism scholarship. J Policy Res Tour Leis Events [Internet]. 2019 May 4;11(2):236–56. Available from: https://doi.org/10.1080/19407963.2018.1516075

Armeilia D, Simanjuntak M, Amanah S. Determination of Student Decision Factors in Choosing Study Programs in the Faculty of Public Health At Andalas University, Indonesia. Russ J Agric Socio-Economic Sci. 2019;91(7):46–57.

Singgih Purnomo, Rayhan Gunaningrat. Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. Int J Soc Sci. 2022;1(6):873–8.

Bagubau E, Patrikha FD. Analisis Keputusan Mahasiswa Papua Memilih Berkuliah Di Universitas Negeri Surabaya. J Pendidik Tata Niaga. 2021;10(1):1537–44.

Mistretta M. Making Choices: The Infuence of The Pittsburgh Promise on The College-Going Decisions of Pittsburgh Public and Charter. University of Pittsburgh. 2013.

Heni Ersalena, Alimuddin Rizal Riva. The Influence Of Higher Education Image, Location, Reference Groups And Education Costs On New Students’ Decisions To Choose To Study At University Of Stikubank InAcademic Year 2022/2023. Manag Stud Entrep J. 2023;4(1):673–86.

Supardin S, Indawati N, Walipah W. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BIAYA PENDIDIKAN, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI MEMILIH PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI. J Ris Pendidik Ekon [Internet]. 2019;4(2). Available from: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/3909

Martasubrata N, Suwatno S. Mutu layanan akademik sebagai determinan kepuasan mahasiswa ( Academic service quality as determinant of student satisfaction ). J Pendidik Manaj Perkantoran. 2016;1(1):136–43.

Ir M, Prihartini E, Abdullah D. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta. Entrep J Bisnis Manaj dan Kewirausahaan. 2023;4(1):205–19.

Garaika G, Feriyan W. PROMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP TERHADAP ANIMO CALON MAHASISWA BARU DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA. J Aktual [Internet]. 2019; Available from: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:238541060

Juhaeri J, Rinova R. The Influence of Brand Image, Promotion, Price, and Quality of Service on Sahid Polytechnic Lecture Decisions. PINISI Discret Rev. 2022;5(2):275.

Downloads

Published

08-07-2025

How to Cite

[1]
R. Relifra, O. Syafriani, Y. Desti, and A. Savana, “Determinan Keputusan Berkuliah di Perguruan Tinggi: Fokus Studi Kasus pada Universitas XYZ”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 4876–4883, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles