Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop di Kecamatan Lau Baleng
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1342Keywords:
Online Customer Review, Online Customer Rating, KeputusanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop Di Kecamatan Lau Baleng, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kecamatan Lau Baleng sebanyak 20.173 jiwadan penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus solvin dan mendapatkan hasil 100 responden. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 0,05 dan mendapatkan hasil (1) Online Customer Review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Hal ini terlihat dari nilai signifikan (0,000) < dari 0,05 dan t-hitung (4.191) > dibandingkan t-tabel (1.984). (2) Online Customer Rating berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini terlihat dari nilai signifikan (0,000) < 0,05 dan t-hitung (4.38) > dibandingkan t-tabel (1.984). (3) Online Customer Review (X1), dan Online Customer Rating (X2) secara serempak adalah signifikan terhadap Keputusan Pembelian
Downloads
References
Afifatul mukarromah. (2023). Pengaruh Online Customer Review , dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Journal of creative student research, 1(6), 199–207. Https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2956
Aji, m., nurlenawati, n., triadinda, d., studi manajemen, p., ekonomi dan bisnis, f., & buana perjuangan karawang, u. (2023). The influence of Online Customer Review and customer rating on interest in buying fashion products on the Shopee platform (study on management students at university buana perjuangan karawang) pengaruh Online Customer Review dan customer rating terhadap minat beli produk fashion di platform Shopee (studi pada mahasiswa manajemen universitas buana perjuangan karawang). In management studies and entrepreneurship journal (vol. 4, issue 6). Http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Anggraini, w., permatasari, b., & devita putri, a. (2023). Pengaruh Online Customer Review , Online customer rating, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian di tiktok Shop pada masyarakat kota bandar lampung (vol. 6, issue 2).
Eka dewi, f., kuntardina, a., adiputra, e., tinggi ilmuekonomicendekiabojonegoro, s., ekonomi, j., & dan bisnis, m. (n.d.). Pengaruh Online Customer Review dan rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee (studi kasus mahasiswa stie cendekia bojonegoro angkatan 2017).
Fauzi, s., & lina, l. F. (2021). Peran foto produk, Online Customer Review dan Online Customer Rating pada minat beli konsumen di e-commerce. Jurnal muhammadiyah manajemen bisnis, 2(1), 21. Https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.151-156
Kadek, l., martini, b., sembiring, e., & paulus, d. F. (2022a). Customer Online Customer Rating dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian di toko modeliafashion pada marketplace tokopedia jakarta. 4(1), 15–24. Http://jamas.triatmamulya.ac.id/
Kadek, l., martini, b., sembiring, e., & paulus, d. F. (2022b). Customer Online Customer Rating dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian di toko modeliafashion pada marketplace tokopedia jakarta. 4(1), 15–24. Http://jamas.triatmamulya.ac.id/
Khowiyun, a., aziiz, n., & zaini, a. (2024). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian produk erigo di marketplace Shopee. Jurnal aplikasi bisnis, 10.
Kotler, p. (2012). Manajemen pemasaran (12th ed.). Jakarta: erlangga.
Kotler, phillip. (2009a). . Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta; erlangga.
Kotler, phillip. (2009b). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta; erlangga.
Muktamar, a., safitri, t., nirwana, i., & nurdin, n. (n.d.). Proses pengambilan keputusan dalam manajemen. Journal of international multidisciplinary research. Https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Nugrahani ardianti, a. (n.d.). Studi pada mahasiswa aktif fisip undip. Http://teknonisme.com
Nur kholidah, se. Sy. , m. & m. A. Se. , m. (2019). Faktor-faktor pengambilan keputusan pembelian kosmetik berlabel halal.
Pade sintia damayanti, p., putu cempaka dharmadewi atmaja, n., & manek, d. (2023). Dpengaruh Online Customer Review , Online customer rating, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk make over pada tiktok Shop. 4.
Priangga, i., munawar, f., & widyatama, u. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian di marketplace lazada (studi pada mahasiswa di kota bandung) (vol. 19, issue 2).
Putri, a. R., & lestari, w. D. (2022). Shopee (studi kasus pada mahasiswa universitas muhammadiyah surakarta) oleh. Jurnal ekonomi dan bisnis, 11(1).
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif,kualitattif dan r&d.alfabeta.
Ulhab, n., & sekolah tinggi ilmu ekonomi bima, d. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan online custumer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee (studi kasus pada masyarakat kecematan bolo kabupaten bima). Jurnal penkomi : kajian pendidikan dan ekonomi, 5(2). Http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/pk/index
Vanny maruli tua, g., & ira meike andariyani, dan. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mesin pompa air submersible dab decker di cv. Citra nauli electricsindo pekanbaru. 1(4).
Zed, e. Z., ratnaningsih, y. R., tri, d., & kartini, m. (2023a). Jurnal mirai management pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian online di e-commerce pada mahasiswa universitas pelita bangsa cikarang. 8(2), 436–452.
Zed, e. Z., ratnaningsih, y. R., tri, d., & kartini, m. (2023b). Jurnal mirai management pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian online di e-commerce pada mahasiswa universitas pelita bangsa cikarang. 8(2), 436–452.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jelita Br Ginting, Eka Dewi Setia Tarigan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















