Studi Efisiensi Waktu Pelayanan Setelah Implementasi Sistem Antrian Online di Klinik Nurul Bulukumba

Authors

  • Khaerunil Jannataeni Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
  • Arfina Damayanti Arif Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
  • Juniarti Iryani Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1038

Keywords:

Efisiensi Waktu, Sistem Antrian, Antrian Manual, Antrian Online, Pelayanan Klinik, Klinik Nurul Bulukumba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efisiensi waktu pelayanan setelah implementasi sistem antrian online di Klinik Nurul Bulukumba. Sistem antrian manual yang digunakan sebelumnya masih menunjukkan efektivitas tertentu, namun memiliki keterbatasan dalam pengelolaan waktu tunggu pasien yang berdampak pada ketidaknyamanan dan ketidakefisienan pelayanan. Penerapan sistem antrian online diharapkan dapat mempercepat proses layanan, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada dua kelompok responden, yaitu 20 pasien dan 3 petugas pelayanan klinik, yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Masing-masing responden diminta memberikan penilaian terhadap dua jenis sistem (manual dan online), sehingga disebarkan empat jenis kuesioner. Pengukuran dilakukan menggunakan instrumen skala Likert 5 poin, dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mengidentifikasi kategori efisiensi waktu pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor sistem antrian online lebih tinggi dibandingkan sistem manual pada semua indikator, baik dari sisi pasien maupun petugas. Sistem antrian online dikategorikan sebagai “Sangat Efisien”, sedangkan sistem manual hanya berada pada kategori “Cukup Efisien”. Temuan ini memberikan rekomendasi kuat bahwa implementasi sistem antrian online berkontribusi nyata terhadap peningkatan efisiensi dan kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat lokal seperti Klinik Nurul Bulukumba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, A. D. P., Setyawan, A. F., & Citra, A. D. P. (2023). Sosialisasi Penggunaan Sistem Antrian Online pada Pelayanan Klinik Pratama di Desa Kebongembong Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 449–454.

Aseha, dkk. (t.t.). Analisis Sistem Antrian Untuk Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Pekanbaru | Matematika Sains. Diambil 5 Juni 2025, dari

Dewi, I. P., Susanto, A. D., & Karsana, W. (2024). Analisis Efektivitas Sistem Reservasi Online terhadap Waktu Tunggu Pendaftaran di Klinik Pratama Sidhi Sai. 8.

Djawa, D. L. & Puput Oktamianti. (2023). Efisiensi Waktu Pelayanan Pasien dengan Metode Lean Management: Literature Review: The Eficiency Patient Service Time With Lean Management : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(12), 2357–2364.

Fauzi, E. A., Fauzi, R. W., & Fauzi, M. R. (2023). Efektivitas Aplikasi Antrean Online Rsud Dr. Doris Sylvanus Tahun 2023. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.

Germecca, G., Wardhani, N. A., & Dewi, M. M. (2024). Implementasi Sistem Informasi Antrian Berbasis Website Dengan Metodologi Scrum. Journal of Information System Management (JOISM), 5(2), 233–238.

Junaidi, A., & Wadisman, C. (2022). Sistem Informasi Antrian Online Berbasis Web di Klinik Sahabat Padang. Journal of Computer Science and Information System(JCoInS), 3(3), Article 3.

Piliang, D. S., Siregar, S. A., & Siahaan, A. T. A. A. (2023). Implementasi Sistem Manajemen Antrian Pendaftaran Pasien Pada Rumah Sakit Islam Malahayati Untuk Mengurangi Waktu Tunggu. Journal Of Informatics And Busisnes, 1(3), Article 3.

Poerwandono, E., Anwar, A. S., Mutia, S., & Damayanti, Y. (2024a). Implementasi Sistem Antrian Pasien Berbasis Website Pada Klinik Sehat Tamba Kelurahan Cilangkap. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(2), 346–361.

Poerwandono, E., Anwar, A. S., Mutia, S., & Damayanti, Y. (2024b). Implementasi Sistem Antrian Pasien Berbasis Website Pada Klinik Sehat Tamba Kelurahan Cilangkap. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(2), Article 2.

Prasetyowati, A. (2021). Efisiensi Waktu Tunggu Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan: Literature Review. Emviro Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan, 1(1), Article 1.

Santoso, D., & Hidayat, A. T. (2024). Optimalisasi Sistem Antrian Online pada Pelayanan Kesehatan Posyandu Menggunakan Metode Prototype dengan Integrasi FIFO: Optimization of Online Queuing System in Posyandu Health Services Using Prototype Method with FIFO Integration. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 5(1), 150–158.

Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan, 5(1), 53–64.

Suhena dkk,. (2024). Implementasi Penggunaan Antrian Online Melalui Aplikasi Jkn Mobile Dalam Mengurangi Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Camatha Sahidya Tahun 2024 | Jurnal Kesehatan Tambusai.

Susilo, H., Abdillah, N., Ihksan, M., Morika, H. D., & Darma, I. Y. (2023). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Booking Antrian Pelayan Pada Klinik Medika Saintika Berbasis Website. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 14(1), Article 1.

Wahidah, M., Syaiful, A. R., Najib, R. O., Prasetiya, I., Bakhri, A. S., Yuliana Sari, A. R., Sahraini, L. A., Adim, M. F., Rezki, M., & Edwin Jenuar, I. G. B. (2023). Efektivitas Implementasi Monitoring Intensif Pemanfaatan Antrean Online melalui Mobile JKN di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Champion Kantor Cabang Bulukumba Tahun 2022. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 3(1).

Downloads

Published

19-06-2025

How to Cite

[1]
K. Jannataeni, A. D. Arif, and J. Iryani, “Studi Efisiensi Waktu Pelayanan Setelah Implementasi Sistem Antrian Online di Klinik Nurul Bulukumba”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 3441–3446, Jun. 2025.

Issue

Section

Articles