Pengaruh Citra Destinasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan serta peran Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1029Keywords:
Citra Destinasi, Fasilitas, Kepuasan Wisatawan, Kualitas PelayananAbstract
Fokus penelitian ini untuk menguji pengaruh citra destinasi dan fasilitas terhadap kepuasan wisatawan, serta peran kualitas pelayanan sebagai variabel moderasi pada destinasi wisata alam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatori. Metode analisis data menggunakan SmartPLS untuk pengujian model struktural dan SPSS untuk statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Namun, fasilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, serta mampu memperkuat hubungan antara citra destinasi dan kepuasan wisatawan, namun tidak memperkuat hubungan antara fasilitas dan kepuasan wisatawan.
Downloads
References
Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 180–194. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481
Baloglu, S., & McCleary, K. W. (1999). A model of destination image formation. Annals of Tourism Research. https://doi.org/10.1016/S0160-7383(99)00030-4
Chen, C.-F. and Phou, S. (2013). A closer look at destination: Image, personality, relationship and loyalty. Tourism Management, 269–278. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2012.11.015
Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Facilities, Accessibility and Travel Attractiveness on Tourist Satisfaction. Jimb, 20(2), 123–133. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/3228
Hermawati, A., Anam, C., Suwarta, S., & Wulandari, W. (2023). Capaian Kinerja Pemasaran Berbasis Marketing Terintegrasi Melalui Analisis Path Pada Ukm Industri Pariwisata Di Jawa Timur. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 291. https://doi.org/10.35906/equili.v12i2.1611
Hermawati, A., Sembhodho, A. T., Sopanah, A., & Suhermin. (2024). VARIABEL PENENTU KINERJA UKM INDUSTRI PARIWISATA DI JAWA TIMUR BERBASIS PEMILIHAN PRIORITAS WILAYAH DAN KEPENTINGAN Adya. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 529–545.
Hofifah, N. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Moderasi pada Obyek Wisata Sanggaluri Park Purbalingga. UNIVERSITAS NEGERI PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). (2023). Laporan perkembangan sektor pariwisata Indonesia. https://www.kemenparekraf.go.id
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.
Kunanti, W. S., Mas, N., Wulandari, W., & Hermawati, A. (2022). PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KOMPETENSI KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN DEPARTEMEN LIQUID PT INDOLAKTO DI PURWOSARI). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1), 15–25.
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.375
Parasuraman, A., Zaithaml, V. A., & L., A. B. L. (1988). SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jurnal Of Retailing, 64(January), 12–35.
Pizam, A., & Mansfeld, Y. (2020). Consumer behavior in travel and tourism. Routledge.
Putri, V. N., Roedjinandari, N., & Risfandini, A. (2023). Pengaruh E-Wom, Citra Destinasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Kebun Raya Purwodadi. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.35912/simo.v4i1.1564
Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alviana, S., & Aprilia. (2021). PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PANTAI TIGA WARNA. 15(2), 134–148.
Septianing, A. D., & Farida, N. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pengunjung (Studi Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 781–792. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29796
Suhartiningtyas, S., Survival, S., & Hermawati, A. (2022). Analisis Efek Mediasi Kepuasan Kerja Berbasis Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 3(2), 121–131. https://doi.org/10.52300/jmso.v3i2.5516
Suhermin, & Hermawati, A. (2021). Membangun Kepercayaan Kepada Rumah Sakit Berdasarkan Kualitas Layanan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akutansi, 10(1), 51–59.
Survival, Wulandari, W., Quthni, M. D., & Fa’riyah, N. (2025). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan yang Dimoderasi Lama Kerja ( Studi pada Karyawan Galaxy Solusindo di Kota Malang ). Akademik Jurnal Mahasiswa Ekonomi & BisnisJurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 5(2), 873–885.
Tyassari, P., Wulandari, W., & Hastuti, T. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Smartphone Merek OPPO Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyagama Malang). Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62.
United Nations World Tourism Organization (UNWTO). (2022). Global report on nature-based tourism. In UNWTO Publishing. https://www.unwto.org
Wahyuningsih, Adya Hermawati, & Bambang Budiantono. (2023). The Effect Of Digital Marketing And Service Quality On Customer Satisfaction And The Role Of Word Of Mouth As A Moderating Variable. Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), 3(1), 579–597. https://doi.org/10.31328/cebi.v3i1.345
World Travel & Tourism Council (WTTC). (2023). Economic impact report: The role of travel and tourism in global GDP. https://www.wttc.org
Yoon, Y., & Uysal, M. (2005). An examination of the effects of motivation and satisfaction on destination loyalty: A structural model. Tourism Management, 26(1), 45–56. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2003.08.016
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novalita Wahyu Rahdadani, Survival Survival, Wahju Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.