Pengaruh Digital Marketing, Social Media Engagement Dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo

Authors

  • Michael Jonly Purba Univesitas Methodist Indonesia
  • Siti Normi Sinurat Univesitas Methodist Indonesia
  • Maludin Panjaitan Univesitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i4.3373

Keywords:

Digital Marketing, Social Media Engagement, Customer Trust, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, social media engagement, dan customer trust terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (UMI). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perubahan perilaku konsumen muda yang semakin dipengaruhi oleh media digital dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 90 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, serta uji hipotesis parsial (ujiit) dan simultan (ujiiF). Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan social media engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel customeritrust berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital dan keterlibatan konsumen di media sosial memainkan peran dominan dalam membentuk keputusan pembelian mahasiswa terhadap smartphone Vivo. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran digital yang efektif dan relevan dengan karakteristik konsumen generasi muda. Berdasarkan hasil ianalisis koefisien determinasi idiperoleh inilai iatau Adjusted R-Square sebesar 0,94,3 atau 94,3%, yang iberarti ipengaruh idigital marketing, social imedia engagement, dan customer trust iterhadap ikeputusan pembelian sebesar 94,3 i%, sedangkan sisanya 5,7% dipengaruhi ioleh ivariabel iatau ifaktor ilain yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A study on the effects of Sales Promotion on consumer involvement and purchase intention in Tourism industry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 8323–8330. https://doi.org/10.12973/ejmste/77903.

Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.

Batu, R. L., Monica, C., & Aprilia, B. N. (2020). The Effect Of Promotion And Price On The Purchasing Decisions. Jurnal Manajemen Dan

Bisnis, 4(1), 1–10. Chang, A. Y. P. (2017).

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education.

Fong, S. W. L., Kian, T. P., Fern, Y. S., & Quan, S. L. (2018). The impact of online consumer review to online hotel booking intention in

Malaysia. International Journal of Supply Chain Management, 7(2), 140–145.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall. Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 77–84.

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136.

Lupiyoadi, R. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd ed.). Salemba Empat.

Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management, 08(03), 419–424.

McCay-Peet, L., & Quan-Haase, A. (2019). A Model of Social Media Engagement: User Profiles, Gratifications, and Experiences. In H. O’Brien & P. Cairns (Eds.), Why Engagement Matters: Cross-Disciplinary Perspectives of User Engagement in Digital Media (pp. 199–200). Springer.

Penia, A., & putu nina Madiawati. (2016). The Efect Of Trust And Information Quality To Online Purchase Decision On The Site Www.Traveloka.Com Penia. E-Proceeding of Management: 3(2), 1880–1887.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Rahmawati, R. (2021). Pengaruh social media marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen J.CO Donuts and Coffee Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 9(1), 1–10.

Samadi, V. E. (2022). Digital marketing: Konsep dan implementasi dalam era digital. Jakarta: Penerbit XYZ.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2019). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (Edisi 1). Yogyakarta: Andi Offset.

Sherman, A., & Smith, D. E. (2019). Social Media Engagement For Dummies. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andy Offset. Wakhidah, E. N. (2018). Pengaruh Harga, Promotion Dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Traveloka.com. Jurnal Manajemen Dirgantara, 11(2), 48–57.

Tsai, W.-H.S., & Men, L.R. (2019). Motivations and antecedents of consumer engagement with brand pages on social networking sites. Journal of Interactive Advertising, 13(2), 76–87

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 953–964.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. Malang: Edulitera.

Xie, K. L., Chen, C., & Wu, S. (2015). Online Consumer Review Factors Affecting Offline Hotel Popularity: Evidence from Tripadvisor. Journal of Travel and Tourism Marketing, 33(2), 211–223. https://doi.org/10.1080/10548408.2015.10505 38

Yuniarti, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Online. In

Issn:0852-8349 (Vol. 18, Issue 1, pp. 27–37).

Downloads

Published

04-11-2025

How to Cite

[1]
M. J. Purba, S. N. Sinurat, and M. Panjaitan, “Pengaruh Digital Marketing, Social Media Engagement Dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo”, RIGGS, vol. 4, no. 4, pp. 168–174, Nov. 2025.

Most read articles by the same author(s)