Pemanfaatan Media Video Animasi Islami dalam Pembelajaran Fikih untuk Mengembangkan Kemampuan Praktik Shalat Siswa Madrasah Ibtidaiyah Studi Keislaman Review
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i4.3339Keywords:
Video Animasi Islami, Pembelajaran Fikih, Praktik Shalat, Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan IslamAbstract
Pemanfaatan media video animasi Islami dalam pembelajaran fikih merupakan inovasi strategis yang efektif untuk meningkatkan kualitas proses belajar serta mengembangkan keterampilan praktik ibadah siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan meninjau secara komprehensif bagaimana penggunaan video animasi bernuansa Islami dapat membantu meningkatkan keterampilan praktik shalat melalui pendekatan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan kontekstual. Metode penelitian yang dipakai adalah studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis berbagai literatur terkait media pembelajaran digital, teori pembelajaran anak, serta pengembangan kompetensi ibadah pada jenjang pendidikan dasar. Hasil kajian memperlihatkan bahwa video animasi Islami mampu memfasilitasi pemahaman konsep fikih secara visual dan sistematis, mempermudah siswa meniru urutan gerakan shalat dengan lebih akurat, serta mendukung praktik berulang yang meningkatkan hafalan dan keterampilan psikomotorik. Selain aspek teknis, konten yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami juga terbukti menumbuhkan motivasi religius, penghayatan spiritual, dan karakter disiplin pada siswa. Implikasi kajian menunjukkan bahwa video animasi dapat menjadi sumber belajar pendukung yang efektif jika dikombinasikan dengan peran aktif guru sebagai fasilitator dan evaluasi pembelajaran yang berkelanjutan. Dengan demikian, media video animasi Islami direkomendasikan sebagai sarana pembelajaran inovatif yang tidak hanya memperkaya pengalaman belajar tetapi juga mendukung pembentukan kompetensi praktik ibadah dan internalisasi nilai-nilai keislaman di Madrasah Ibtidaiyah. Untuk implementasi praktis, pengembangan konten harus mempertimbangkan aspek kebudayaan lokal, kesesuaian kurikulum, dan keterlibatan orang tua. Penelitian lanjutan direkomendasikan untuk mengukur efektivitas empiris melalui studi eksperimen di kelas agar dapat memberikan bukti kuantitatif mengenai peningkatan kompetensi praktik shalat.
Downloads
References
M. Fahmi, H. Hajriana, and F. Rahman, “Efektivitas Penggunaan Video Animasi: Studi Eksperimen Pada Pembelajaran Fiqih Di Mts Ash Shabirin Samarinda,” FIKRUNA J. Ilm. Kependidikan dan Kemasyarakatan, vol. 7, no. 1, pp. 223–240, 2024, doi: 10.56489/fik.v7i1.284.
P. Bahan Ajar Berbasis Video Animasi Materi Sholat Berjamaah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Nur Aisah Rahmah, I. Agama Islam Negeri Palangka Raya Jasiah, J. G. Obos, K. Jekan Raya, K. Palangka Raya, and K. Tengah, “Pengembangan Bahan Ajar BerbasisVideo Animasi,” Jinu), vol. 2, no. 1, pp. 411–419, 2025. DOI: https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3347
M. M. Wahdini Izza Fauza, Zulfani Sesmiarni, Wedra Aprison, “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi dengan Menggunakan Powerpoint pada Mata Pelajaran Fikih di MIS Baitul Hasanah Muara Bungo,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 561–572, 2022.
M. R. Saputra, K. E. Wardhana, R. Effendy, R. Muthmainnah, and T. A. Anastasya, “Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” Educ. J. Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, pp. 167–182, 2021, doi: 10.21462/educasia.v6i3.126.
S. Handayani and Syafi’i, “Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’ Bahasa Arab,” Tatsqifiy J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 3, no. 2, pp. 104–115, 2022, doi: 10.30997/tjpba.v3i2.6138.
Y. Yulihani, S. Masturoh, A. Fazriansyah, and A. H. Kahfi, “Animasi Interaktif Pembelajaran Shalat Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Ra At-Taufiq Cikarang,” INTI Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 219–226, 2020, doi: 10.33480/inti.v14i2.1106.
F. PURAT, “Taco Psychosis,” vol. 8, pp. 14461–14473, 2024.
Ach Khusnan, “Peningkatan Keterampilan Sholat Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Video Animasi,” Indones. Islam. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 26–37, 2022, doi: 10.37812/iiej.v1i1.617.
K. Komalasari, R. Khaerunisa, and A. N. Aeni, “Penggunaan Video Animasi Kartun Islami untuk Meningkatkan Pengetahuan Keislaman Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3962–3971, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2734.
N. Fajarini, S. E. Handayani, K. D. Senja, and D. K. Mulyani, “Peran Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Educ. J. Penelit. Ibnu Rusyd Kotabumi, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2024.
S. Sintawati, M. S. Jailani, and Arifullah, “Pengaruh Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih,” Simpati, vol. 1, no. 1, pp. 116–127, 2023, doi: 10.59024/simpati.v1i1.71.
V. Siregar, S. Halimah, and S. Ritonga, “Pengembangan media pembelajaran fiqih berbasis game umo untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik,” SCHOULID Indones. J. Sch. Couns., vol. 10, no. 1, pp. 11–22, 2025.
R. Mulyadi and Y. Ruhiat, “Pengembangan Konten Materi Shalat Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Prezi Video,” J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah, vol. 7, no. 1, pp. 18–27, 2022, doi: 10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9490.
H. Yusliani, Nasrullah Mailisman, and Artati Arjad, “Pendidikan Lingkungan Melalui Animasi Islami: Media Edukasi Ramah Anak untuk Sekolah Dasar,” Jka, vol. 2, no. 2, pp. 180–188, 2025, doi: 10.26811/1378jq51.
N. Salsabilah and W. Khairiah, “Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Madrasah Ibtidaiyah,” Bunayya J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 1, pp. 57–69, 2025, doi: 10.61082/bunayya.v5i1.518.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afriantoni Afriantoni, Niken Novelia, Sahira Dwi Rachma, Anisa Baroka, Elsa Ramadhini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















