Pengaruh Flash Sale, Live Streaming, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Impulse Buying Pengguna Aplikasi Tiktok Shop di Kecamatan Sedati, Sidoarjo

Authors

  • Aisya Fitri Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Sri Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Anita Kartika Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Mochamad Fatchurrohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2984

Keywords:

Flash Sale, Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Impulse Buying

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan terhadap flash sale, live streaming, dan electronic word of mouth (e-wom) terkait perilaku impulse buying pengguna aplikasi TikTok Shop di Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Dengan berkembangnya berbagai platform e-commerce di masa sekarang, TikTok Shop ikut hadir untuk mempermudah para pengusaha untuk menjual serta mempromosikan produk secara praktis dan TikTok Shop menjadi salah satu platform yang diminati konsumen untuk berbelanja online. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuisioner melalui google form dengan ukuran penilaiannya menggunakan skala likert. Penelitian ini memakai teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data pada penelitian ini memakai Partial Least Square (PLS), dengan analisis jalur berbasis Structural Equation Modeling (SEM-PLS) memakai bantuan software Smart-PLS ver 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Kemampuan variabel flash sale, live streaming, dan e-wom memiliki kapabilitas yang kuat atau baik dalam menjelaskan impulse buying. (b) Secara parsial, flash sale memberikan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap impulse buying pada aplikasi TikTok Shop. (c) Secara parsial, live streaming serta electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada aplikasi TikTok Shop. (d) Secara bersama-sama (simultan) flash sale, live streaming, serta electronic word of mouth (e-wom) secara signifikan memengaruhi impulse buying pada aplikasi TikTok Shop di Kecamatan Sedati, Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdelsalam, S., Salim, N., Alias, R. A., & Husain, O. (2020). Understanding Online Impulse Buying Behavior in Social Commerce: A Systematic Literature Review. IEEE Access, 8, 89041–89058. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2993671

Afifah, U. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CITRA MEREK,EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SCARLETT WHITENING X SONG JOONG KI EXCLUSIVE SERIES (Studi Kasus pada Warga Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur). http://repository.stei.ac.id/8420/1/SKRIPSI_UMMU AFIFAH_21180500467 Pendahuluan.pdf

Ahdiat, A. (2024a). Jumlah Pengunjung Situs E- Commerce Indonesia Agustus 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66f3f6ba9104a/jumlah-pengunjung-situs-e-commerce-indonesia-agustus-2024

Ahdiat, A. (2024b). TikTok Shop Gabung Tokopedia, Ini Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Tokopedia dan TikTok Shop di Indonesia (Februari 2024). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/a6be2d006205170/tiktok-shop-gabung-tokopedia-ini-jumlah-penggunanya

Annur, C. M. (2024). Media Sosial dengan Jumlah Pengguna Aktif Terbanyak Global (Januari 2024). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/14b22155405908d/tiktok-masuk-5-besar-daftar-media-sosial-terpopuler-dunia-pada-awal-2024

Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). PELATIHAN PENGUJIAN HIPOTESIS STATISTIKA DASAR DENGAN SOFTWARE R. BUDIMAS, 3(2), 1–8. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/2412

Aurelia, G., Setyabudi, D., & Manalu, S. R. (2021). Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan dan Terpaan E-Word of Mouth #ShopeeHaul di TikTok terhadap Perilaku Impulse Buying. Undip Electronic Journal System (UEJS), 9(4), 174–188. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6

Bimantara, Y., Novita, D., & Jaelani. (2022). PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAPKEPUTUSANPEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Mobil Honda Brio di Lampung). Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2(1), 27–36.

Clinten, B., & Nistanto, R. K. (2023). Suasana TikTok Live Setelah Keranjang Kuning Dihapus, Masih Ramai Penjual dan Pembeli. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/10/05/13400087/suasana-tiktok-live-setelah-keranjang-kuning-dihapus-masih-ramai-penjual-dan?page=all

Commerce, S. (2024). 43 Statistik eCommerce Tahun 2024 (Data Global dan AS). Blog Perdagangan Elektronik. https://www.sellerscommerce.com/blog/ecommerce-statistics/

Creswell, J. W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Darisman, M., & Islamiati, W. (2023). TikTok Beberkan Alasan Pilih GoTo Jadi Partner Bisnis di Indonesia. Kumparan Bisnis. https://kumparan.com/kumparanbisnis/tiktok-beberkan-alasan-pilih-goto-jadi-partner-bisnis-di-indonesia-21lBSG6D30Q

Elicia, P., & Widjaja, I. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL BEHAVIOR. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(5), 494–499. https://lintar.untar.ac.id/repository/penelitian/buktipenelitian_10103045_4A280222095305.pdf

Febriani, L. (2024). Pengaruh Compatibility Lifestyle Milenial, Electronic Word Of Mouth (E-Wom), dan Shopee Live terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Shopee (Studi Kasus …. http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8427%0Ahttp://etheses.uingusdur.ac.id/8427/1/4120050_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Fitriana, F. D., & Istiyanto, B. (2024). Pengaruh Flash Sale, Discount Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna Shopee Di Soloraya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 712–723. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.1031

Irawan, S. E. (2024). PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA DI PT PAL INDONESIA. http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/588/9/SKRIPSI - SISCA ELIZABETH IRAWAN - Sisca Elizabeth Irawan.pdf

Kholifah, N. (2023). Model Peningkatan Organizational Performance Melalui Islamic Leadership Dan Organizational Learning Culture. https://repository.unissula.ac.id/31158/1/Magister Manajemen_20402000081_fullpdf.pdf

Mahfuz, R. P., & Hanum, Z. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mandailing Natal). Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(4), 2895–2904. http://www.owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/1626

Merritt, K., & Zhao, S. (2022). The Power of Live Stream Commerce: A Case Study of How Live Stream Commerce Can Be Utilised in the Traditional British Retailing Sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(2). https://doi.org/10.3390/joitmc8020071

Meydila, R. P., & Cempena, I. B. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Content Marketing dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pengguna Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Surabaya). Neraca Manajemen, Ekonomi, 6(9), 1–14.

Mutaqin, Z. (2024). PENGARUH LIVE SHOPPING , FLASH SALE , DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSIVE BUYING PENGARUH LIVE SHOPPING , FLASH SALE , DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSIVE BUYING. PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA.

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. http://jurnaljipsya.org/index.php/jipsya/article/view/24

Nurhaliza, P., & Kusumawardhani, A. (2023). ANALISIS PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING, PRICE DISCOUNT, DAN EASE OF PAYMENT TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Pengguna Platform Media Sosial TikTok Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 12(3), 1. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Pitriani. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA, E-WOM, DAN MOTIVASI HEDONISME TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI JAWA TIMUR. Repositori Universitas Hayam Wuruk Perbanas. http://eprints.perbanas.ac.id/7697/

Purbasari, D. M., & Respati, M. R. (2024). Electronic Word Of Mouth Saat Penjualan Live Streaming Shopee Dalam Meningkatkan Impulse Buying. Jurnal Maneksi, 13(1), 22–34. https://doi.org/10.31959/jm.v13i1.2105

Rahmadani, V. A., & Cempena, I. B. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 4(1), 75–85. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2254

Rahman, S., Santoso, P. H., Stevanie, S., & Rusmansyah, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Inovasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 6(1), 65–77.

Ratnawati. (2023). PENGARUH DISCOUNT, LIVE STREAMER, DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP IMPULSE BUYING PADA LIVE STREAMING COMMERC. Technology, Business, and Entrepreneurship, 1.

Rembulan, N. D. R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. Valid Jurnal Ilmiah, 17(2), 111.

Rohmah, A. (2022). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE). https://repository.stiedewantara.ac.id/3731/

Sapa, F. Y., Tumbel, A. L., & Lumanauw, B. (2023). Pengaruh Live Streaming, Price Discount Dan Free Shipping Terhadap Impulse Buying: Study Empiric Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Yang Menggunakan Tiktok Shop. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 787–798. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51910

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Septiyani, & Hadi, E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale, Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying (Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jesya, 7(1), 970–980. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1505

Siebert, L. (2024). Apa itu eWOM dan Mengapa Penting bagi Pemasar? Uberall : Manajemen Ulasan. https://uberall.com/en-us/resources/blog/what-is-ewom-and-why-does-it-matter-for-marketers

Siregar, D. P. (2023). PENGARUH FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP BUYING DECISION DI SHOPEE DI KOTA JAMBI. Ekonomi Dan Bisnis, 96. https://repository.unja.ac.id/49814/6/Dian Paramita Siregar_Skripsi Print Out.pdf

Sriminarti, N., Yustisi, Y. P., & Hariman, R. I. (2024). Buku Ajar E-Commerce. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_E_Commerce/3v8REQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Statistik, B. P. (2024). Penduduk menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2021-2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. https://sidoarjokab.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTkjMg==/penduduk-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin.html

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cet. 1). https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22862

Utami, F. P., & Siswanto, T. (2021). Pengaruh Employer Branding Dan Employee Engagement Terhadap Turnover Intention Generasi Z Pada Industri FMCG. Liquidity, 10(2), 236–246. https://doi.org/10.32546/lq.v10i2.1327

Wijaksana, F., & Elsina, R. (2023). Implikasi Yuridis Strategi Flash Sale oleh Pelaku Usaha E-Commerce. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(1), 257–269. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i1.179

Wono, E. O., & Nainggolan, B. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Suasana Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kopi Nako Summarecon Bekasi. EDUTURISMA An International Journal of Tourism and Education, 1–14. https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1325

Yuwono, T., Wiyono, N., Asbari, M., Novitasari, D., & Silitonga, N. (2020). Terhadap Kinerja Karyawan Wanita Di Masa Pandemi Covid-19. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(3), 615–632. http: jim.unsyiah.ac.id/ekm

Downloads

Published

03-10-2025

How to Cite

[1]
A. F. Wulandari, S. Rahayu, A. K. Sari, and M. Fatchurrohman, “Pengaruh Flash Sale, Live Streaming, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Impulse Buying Pengguna Aplikasi Tiktok Shop di Kecamatan Sedati, Sidoarjo”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 6365–6377, Oct. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>