Pengaruh Flash Sale, Live Streaming, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Impulse Buying Pengguna Aplikasi Tiktok Shop di Kecamatan Sedati, Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2984Keywords:
Flash Sale, Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Impulse BuyingAbstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan terhadap flash sale, live streaming, dan electronic word of mouth (e-wom) terkait perilaku impulse buying pengguna aplikasi TikTok Shop di Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Dengan berkembangnya berbagai platform e-commerce di masa sekarang, TikTok Shop ikut hadir untuk mempermudah para pengusaha untuk menjual serta mempromosikan produk secara praktis dan TikTok Shop menjadi salah satu platform yang diminati konsumen untuk berbelanja online. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuisioner melalui google form dengan ukuran penilaiannya menggunakan skala likert. Penelitian ini memakai teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data pada penelitian ini memakai Partial Least Square (PLS), dengan analisis jalur berbasis Structural Equation Modeling (SEM-PLS) memakai bantuan software Smart-PLS ver 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Kemampuan variabel flash sale, live streaming, dan e-wom memiliki kapabilitas yang kuat atau baik dalam menjelaskan impulse buying. (b) Secara parsial, flash sale memberikan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap impulse buying pada aplikasi TikTok Shop. (c) Secara parsial, live streaming serta electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada aplikasi TikTok Shop. (d) Secara bersama-sama (simultan) flash sale, live streaming, serta electronic word of mouth (e-wom) secara signifikan memengaruhi impulse buying pada aplikasi TikTok Shop di Kecamatan Sedati, Sidoarjo.
Downloads
References
Abdelsalam, S., Salim, N., Alias, R. A., & Husain, O. (2020). Understanding Online Impulse Buying Behavior in Social Commerce: A Systematic Literature Review. IEEE Access, 8, 89041–89058. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2993671
Afifah, U. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CITRA MEREK,EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SCARLETT WHITENING X SONG JOONG KI EXCLUSIVE SERIES (Studi Kasus pada Warga Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur). http://repository.stei.ac.id/8420/1/SKRIPSI_UMMU AFIFAH_21180500467 Pendahuluan.pdf
Ahdiat, A. (2024a). Jumlah Pengunjung Situs E- Commerce Indonesia Agustus 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66f3f6ba9104a/jumlah-pengunjung-situs-e-commerce-indonesia-agustus-2024
Ahdiat, A. (2024b). TikTok Shop Gabung Tokopedia, Ini Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Tokopedia dan TikTok Shop di Indonesia (Februari 2024). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/a6be2d006205170/tiktok-shop-gabung-tokopedia-ini-jumlah-penggunanya
Annur, C. M. (2024). Media Sosial dengan Jumlah Pengguna Aktif Terbanyak Global (Januari 2024). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/14b22155405908d/tiktok-masuk-5-besar-daftar-media-sosial-terpopuler-dunia-pada-awal-2024
Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). PELATIHAN PENGUJIAN HIPOTESIS STATISTIKA DASAR DENGAN SOFTWARE R. BUDIMAS, 3(2), 1–8. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/2412
Aurelia, G., Setyabudi, D., & Manalu, S. R. (2021). Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan dan Terpaan E-Word of Mouth #ShopeeHaul di TikTok terhadap Perilaku Impulse Buying. Undip Electronic Journal System (UEJS), 9(4), 174–188. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Bimantara, Y., Novita, D., & Jaelani. (2022). PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAPKEPUTUSANPEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Mobil Honda Brio di Lampung). Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2(1), 27–36.
Clinten, B., & Nistanto, R. K. (2023). Suasana TikTok Live Setelah Keranjang Kuning Dihapus, Masih Ramai Penjual dan Pembeli. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/10/05/13400087/suasana-tiktok-live-setelah-keranjang-kuning-dihapus-masih-ramai-penjual-dan?page=all
Commerce, S. (2024). 43 Statistik eCommerce Tahun 2024 (Data Global dan AS). Blog Perdagangan Elektronik. https://www.sellerscommerce.com/blog/ecommerce-statistics/
Creswell, J. W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Darisman, M., & Islamiati, W. (2023). TikTok Beberkan Alasan Pilih GoTo Jadi Partner Bisnis di Indonesia. Kumparan Bisnis. https://kumparan.com/kumparanbisnis/tiktok-beberkan-alasan-pilih-goto-jadi-partner-bisnis-di-indonesia-21lBSG6D30Q
Elicia, P., & Widjaja, I. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL BEHAVIOR. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(5), 494–499. https://lintar.untar.ac.id/repository/penelitian/buktipenelitian_10103045_4A280222095305.pdf
Febriani, L. (2024). Pengaruh Compatibility Lifestyle Milenial, Electronic Word Of Mouth (E-Wom), dan Shopee Live terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Shopee (Studi Kasus …. http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8427%0Ahttp://etheses.uingusdur.ac.id/8427/1/4120050_Cover_Bab I dan Bab V.pdf
Fitriana, F. D., & Istiyanto, B. (2024). Pengaruh Flash Sale, Discount Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna Shopee Di Soloraya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 712–723. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.1031
Irawan, S. E. (2024). PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA DI PT PAL INDONESIA. http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/588/9/SKRIPSI - SISCA ELIZABETH IRAWAN - Sisca Elizabeth Irawan.pdf
Kholifah, N. (2023). Model Peningkatan Organizational Performance Melalui Islamic Leadership Dan Organizational Learning Culture. https://repository.unissula.ac.id/31158/1/Magister Manajemen_20402000081_fullpdf.pdf
Mahfuz, R. P., & Hanum, Z. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mandailing Natal). Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(4), 2895–2904. http://www.owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/1626
Merritt, K., & Zhao, S. (2022). The Power of Live Stream Commerce: A Case Study of How Live Stream Commerce Can Be Utilised in the Traditional British Retailing Sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(2). https://doi.org/10.3390/joitmc8020071
Meydila, R. P., & Cempena, I. B. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Content Marketing dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pengguna Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Surabaya). Neraca Manajemen, Ekonomi, 6(9), 1–14.
Mutaqin, Z. (2024). PENGARUH LIVE SHOPPING , FLASH SALE , DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSIVE BUYING PENGARUH LIVE SHOPPING , FLASH SALE , DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSIVE BUYING. PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA.
Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. http://jurnaljipsya.org/index.php/jipsya/article/view/24
Nurhaliza, P., & Kusumawardhani, A. (2023). ANALISIS PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING, PRICE DISCOUNT, DAN EASE OF PAYMENT TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Pengguna Platform Media Sosial TikTok Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 12(3), 1. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Pitriani. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA, E-WOM, DAN MOTIVASI HEDONISME TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI JAWA TIMUR. Repositori Universitas Hayam Wuruk Perbanas. http://eprints.perbanas.ac.id/7697/
Purbasari, D. M., & Respati, M. R. (2024). Electronic Word Of Mouth Saat Penjualan Live Streaming Shopee Dalam Meningkatkan Impulse Buying. Jurnal Maneksi, 13(1), 22–34. https://doi.org/10.31959/jm.v13i1.2105
Rahmadani, V. A., & Cempena, I. B. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 4(1), 75–85. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2254
Rahman, S., Santoso, P. H., Stevanie, S., & Rusmansyah, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Inovasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 6(1), 65–77.
Ratnawati. (2023). PENGARUH DISCOUNT, LIVE STREAMER, DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP IMPULSE BUYING PADA LIVE STREAMING COMMERC. Technology, Business, and Entrepreneurship, 1.
Rembulan, N. D. R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. Valid Jurnal Ilmiah, 17(2), 111.
Rohmah, A. (2022). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE). https://repository.stiedewantara.ac.id/3731/
Sapa, F. Y., Tumbel, A. L., & Lumanauw, B. (2023). Pengaruh Live Streaming, Price Discount Dan Free Shipping Terhadap Impulse Buying: Study Empiric Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Yang Menggunakan Tiktok Shop. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 787–798. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51910
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Septiyani, & Hadi, E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale, Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying (Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jesya, 7(1), 970–980. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1505
Siebert, L. (2024). Apa itu eWOM dan Mengapa Penting bagi Pemasar? Uberall : Manajemen Ulasan. https://uberall.com/en-us/resources/blog/what-is-ewom-and-why-does-it-matter-for-marketers
Siregar, D. P. (2023). PENGARUH FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP BUYING DECISION DI SHOPEE DI KOTA JAMBI. Ekonomi Dan Bisnis, 96. https://repository.unja.ac.id/49814/6/Dian Paramita Siregar_Skripsi Print Out.pdf
Sriminarti, N., Yustisi, Y. P., & Hariman, R. I. (2024). Buku Ajar E-Commerce. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_E_Commerce/3v8REQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Statistik, B. P. (2024). Penduduk menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2021-2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. https://sidoarjokab.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTkjMg==/penduduk-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin.html
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cet. 1). https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22862
Utami, F. P., & Siswanto, T. (2021). Pengaruh Employer Branding Dan Employee Engagement Terhadap Turnover Intention Generasi Z Pada Industri FMCG. Liquidity, 10(2), 236–246. https://doi.org/10.32546/lq.v10i2.1327
Wijaksana, F., & Elsina, R. (2023). Implikasi Yuridis Strategi Flash Sale oleh Pelaku Usaha E-Commerce. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(1), 257–269. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i1.179
Wono, E. O., & Nainggolan, B. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Suasana Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kopi Nako Summarecon Bekasi. EDUTURISMA An International Journal of Tourism and Education, 1–14. https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1325
Yuwono, T., Wiyono, N., Asbari, M., Novitasari, D., & Silitonga, N. (2020). Terhadap Kinerja Karyawan Wanita Di Masa Pandemi Covid-19. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(3), 615–632. http: jim.unsyiah.ac.id/ekm
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisya Fitri Wulandari, Sri Rahayu, Anita Kartika Sari, Mochamad Fatchurrohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.