Analisis Pengaruh Affiliator, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Pembeli Tas di Tiktok Shop
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2968Keywords:
Affiliator, Harga, Promosi, Minat Beli Tiktok ShopAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam cara konsumen berbelanja. Media belanja online yang populer menggunakan marketplace seperti Tiktok Shop, Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak menawarkan berbagai produk dari berbagai penjual. Belanja di marketplace menawarkan sejumlah keuntungan, seperti pelanggan dapat membandingkan harga, membaca ulasan produk, dan melakukan transaksi dengan mudah dan aman. Pada penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui Analisi Pengaruh Affiliator, Harga dan Promosi Terhadap Minat Pembeli tas di Marketpleace TikTok Shop (Besthui). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel didalam penelitian ini merupakan pemebeli tas sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni dengan analisis regresi berganda dengan melakukan uji hipotesis dengan melakukan uji t, uji f dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial menunjukkan variabel affiliator, harga, dan promosi masing-masing berpengaruh secara parsial terhadap minat pembeli tas. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel affiliator, harga, dan promosi memiliki pengaruh simultan terhadap minat pembeli tas. Hal ini menunjukkan bahwa affiliator, harga, dan promosi dinilai dapat mempengaruhi minat pembeli dalam melakukan pembelian di TikTok Shop.
Downloads
References
Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan melalui TikTok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang mana? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1(1), 1–16.
Sari, Y. O., & Rokhmat, R. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing, Brand Trust, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Tokopedia. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(6), 1883–1895. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i6.4684.
Machfudloh, N. A., & Nisa, F. L. (2024). Analisis Affiliate Marketing Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(2), 79–85. https://doi.org/10.59407/jdedte.v1i2.666.
Fadila, M. E., Sihabudin, S., & Fauji, R. (2024). Pengaruh Harga, Review Produk, Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Sosial Commerce. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 724–733. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4.870.
Erislan, E. (2024). Affiliate Marketing Strategies in Increasing Online Sales. Return : Study of Management, Economic and Bussines, 3(2), 114–121. https://doi.org/10.57096/return.v3i2.216.
Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.
Ningrum, M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(1), 23–35. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.549.
Nafisah, L., & Santoso, R. P. (2022). Pengaruh E-commerce, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(1), 76–83. https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5647.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.
Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta., 21(134), 31–38.
Yudhistira Adwimurt, S. (2023, April). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan kualitas produk sebagai variabel moderasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74-90.
Maroah, S., & Ulfa, M. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Budaya, Sosial, Personal, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ikan Laut. Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 126. https://doi.org/10.30651/imp.v1i2.9796.
Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548.
Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/atd.v5i1.3384.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). Metode Penelitian Kualitatif, 1–274.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 shafa anjelina Surya Dewi, M. Ali Mansyuri, shobikin shobikin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.