Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, dan Discount terhadap Impulse Buying Pelanggan pada Pengguna Shopee di Wilayah Sidoarjo

Authors

  • Nanda Panji Widiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Ririn Andriana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Asmirin Noor Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2919

Keywords:

Discount, Fashion Involvement, Impulse Buying, Shopping Lifestyle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fashion involvement, shopping lifestyle, dan discount terhadap impulse buying pada pengguna Shopee di wilayah Sidoarjo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena impulse buying atau pembelian impulsif yang semakin meningkat, khususnya di era digital dan pada platform e-commerce seperti Shopee. Kemudahan akses berbelanja online, ditambah dengan strategi pemasaran digital yang agresif seperti diskon besar-besaran, program flash sale, dan kampanye promosi rutin, telah mendorong konsumen untuk melakukan pembelian secara spontan tanpa perencanaan sebelumnya. Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin konsumtif dan tingginya ketertarikan terhadap fashion juga menjadi faktor pendorong meningkatnya perilaku pembelian impulsif ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah fashion involvement, shopping lifestyle, dan discount berpengaruh terhadap impulse buying, baik secara parsial maupun simultan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 96 responden yang merupakan pengguna aktif Shopee di wilayah Sidoarjo, yang dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 25, melalui serangkaian uji statistik yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), regresi linear berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu fashion involvement, shopping lifestyle, dan discount, berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, baik secara parsial maupun simultan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. R. Kusumasari, “Pengaruh Flash Sale, Diskon, Dan Subsidi Gratis Ongkir Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Marketplace Shopee,” J. Bisnis Indones., vol. Vol. 13, no. 2, p. hlm. 16-28, 2022.

D. Fadilla et al., “Pengaruh Diskon Dan Testimoni Terhadap Impulse,” vol. 4, pp. 10–16, 2024.

G. Warnerin and R. Dwijayanti, “Pengaruh Diskon Dan in-Store Display Terhadap Impulse Buying Konsumen Matahari Department Store Gress Mall Gresik,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 8, no. 2, pp. 896–903, 2020, [Online]. Available: www.sentrarak.com

P. Kotler & G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, vol.1, 12th ed., B. Sabran, Trans. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2008.

N. A. Kharisma, N. M. I. Pratiwi, and A. Mulyati, “Pengaruh Discount, Kualitas Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Konsumen Miniso Cabang Royal Plaza Surabaya,” GEMAH RIPAH J. Bisnis, vol. 4, no. 03, pp. 27–36, 2024, doi: 10.69957/grjb.v4i03.1687.

N. A. Hamdani, K. M. Muharwiyah, and R. Nurhasan, “Pengaruh Price Discount dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee di Kabupaten Garut,” Bus. Inov. Entrep. J., vol. 04, no. 01, pp. 91–98, 2022.

P. Kotler & K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 12th ed. Jakarta, Indonesia: PT Indeks, 2016.

A. R. Mahmudah, “PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA PENGUNJUNG RITA PASARAYA WONOSOBO (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSIQ),” J. Econ. Bus. Eng., vol. 1, no. 2, pp. 290–299, 2020, doi: 10.32500/jebe.v1i2.1224.

A. Puspitasari and S. N. S. Telaumbanua, “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Perilaku Impulse Buying,” J. Ilm. Poli Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 41–50, 2022, doi: 10.30630/jipb.v14i1.749.

E. Japarianto & S. Sugiharto, "Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya," Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 6, no. 1, pp. 32-41, 2011.

A. O'Cass, "Fashion clothing consumption: antecedents and consequences of fashion clothing involvement," European Journal of Marketing, vol. 38, no. 7, pp. 869-882, 2004.

M. Surveyandini, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Karita Muslim Square Purwokerto,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 5, no. 1, p. 277, 2021, doi: 10.33087/ekonomis.v5i1.320.

M. Levy & B. A. Weitz, Retailing Management, 8th ed. New York, NY, USA: McGraw-Hill International, 2009.

E. Japarianto & S. Sugiharto, "Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya," Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 6, no. 1, pp. 32-41, 2011.

D. Ahmad, “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Promosi Produk Skin Care Terhadap Impulse Buying Melalui Media Tiktok Shop,” JAMBURA J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 784–793, 2022.

D. Padmasari and W. Widyastuti, “Influence of Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Sales Promotion on Impulse Buying on Users of Shopee,” J. Ilmu Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 123–135, 2022, doi: 10.26740/jim.v10n1.p123-135.

Sudaryono, Perilaku Konsumen dalam Perpektif Pemasaran. Jakarta, Indonesia: Lentera Alfabeta, 2014.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran, 3rd ed. Yogyakarta, Indonesia: Andi. 2008.

S. Ismaya, Kamus Manajemen, 1st ed. Bandung, Indonesia: Pustaka Grafika, 2006.

A. Rifai, “Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pt Utama Sejuk Abadi,” Neliti.Com, vol. 8, no. 2, pp. 614–626, 2021, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/497621/pengaruh-harga-dan-diskon-terhadap-keputusan-pembelian-konsumen-pt-utama-sejuk-a

L. G. Schiffman & L. L. Kanuk, Consumer Behavior: Persepsi Kualitas. New Jersey, USA: Pearson Prentice Hall, 2011.

C. W. Utami, Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, 3rd ed. Jakarta, Indonesiaa: Salemba Empat, 2017.

A. S. Awaliyah, A. S. Iswiyanti, S. A. Rachmat, and A. F. Sidiq, “Pengaruh Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia,” Equilib. Point J. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 22–46, 2023, doi: 10.46975/ebp.v6i1.183.

P. A. D. Ningrum and H. Pudjoprastyono, “Pengaruh Shopping Lifestyle dan Diskon Terhadap Impulse Buying di E-commerce Shopee Pada Mahasiswa UPN ‘Veteran’ Jawa Timur,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 767–776, 2023, doi: 10.37676/ekombis.v11i1.3407.

Downloads

Published

02-10-2025

How to Cite

[1]
N. P. Widiyanto, R. Andriana, and A. Noor, “Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, dan Discount terhadap Impulse Buying Pelanggan pada Pengguna Shopee di Wilayah Sidoarjo”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 6243–6255, Oct. 2025.