Pengaruh Excellent Service Quality, Food Quality, dan Restaurant Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Haidilao Hot Pot Pakuwon Trade Center Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2680Keywords:
Excellent Service Quality, Food Quality, Restaurant Atmosphere, Kepuasan PelangganAbstract
Industri restoran yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk terus bersaing dalam memenuhi kepuasan pelanggan melalui peningkatan kualitas pelayanan, produk, dan suasana. Restoran Haidilao Hot Pot Pakuwon Trade Center Surabaya dipercaya memiliki pelayanan yang prima, makanan berkualitas, serta atmosfer restoran yang nyaman. Sehingga penelitian ini dianggap perlu dan penting untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel-independent excellent service quality, food quality, dan restaurant atmosphere terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Kemudian, ruang lingkup penelitian ini hanya melibatkan konsumen yang pernah berkunjung ke restoran yang berlokasi di Pakuwon Trade Center Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui e-kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26 dengan metode regresi linier berganda, yang di dukung uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²) untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa excellent service quality, food quality dan restaurant atmosphere secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu food quality. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada manajemen Restoran Haidilao Hot Pot Pakuwon Trade Center Surabaya adalah untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas makanan sebagai aspek utama dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Selain itu, peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan intensif kepada staf, inovasi menu secara berkala, serta pengembangan suasana restoran yang lebih nyaman dan menarik merupakan strategi penting dalam pengembangan bisnis agar tetap kompetitif.
Downloads
References
Aminudin, L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada KFC Mega Mas Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 703–715.
Asih, N. S. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–10.
Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Penduduk Usia 15 tahun ke Atas Menurut Golongan Umur - Tabel Statistik - Badan Pusat Statistik Indonesia. Bps.Id.
Betania, M. T., Tamengkel, L. F., & Rogahang, J. J. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Unit Tumpaan. Productivity, 4(3), 1–23.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage publications.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage publications.
Febrian, R. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Service Excellent, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Warung Makan Ayam Geprek D-ROZZ). [Skripsi, Universitas Islam Malang].
Fitriana, A. N., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Atmosfer Caffe Dan Kualitas Layanan (Studi Kasus Pada Konsumen Kedai Kami Ngaliyan, Semarang). Jurnal Mirai Management, 7(2), 465–482.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro.
Halim, F., dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.
Hardani, Andriani, H., dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Ilmu Grup.
Hapsari, A. (2015). Pengaruh Excellent Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Pizza Hut Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 18(2), 85418.
Haerani, E., Rusmiati, R., Mubarok, A., Haryono, A., & Herlina, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Suasana Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(2), 220-228.
Juliana, Noval, T., & Susanto, R. (2019). Analisis Pengaruh Service Quality, Food Quality Dan Perceived Value Sebagai Prediktor Customer Satisfaction Pada Rumah Makan Ampera Bandung. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2), 5.
Kim, M., Kim, H., & Lee, S. (2022). The effect of service scape and food quality on customer satisfaction and behavioral intentions in a casual dining restaurant. Journal of Foodservice Business Research, 25(5), 450-466.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson India Education.
Levy, P. S., & Lemeshow, S. (2013). Sampling of populations: Methods and applications (4th ed.). John Wiley & Sons.
Muslim, A., & Muthi, I. (2024). Analysis of Excellent Academic Service in Increasing Student Satisfaction at SMK Karya Guna 1 Bekasi. International Conference on Education, 1, 815–826.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Widyagama Press.
Prasetyo, Y., & Wulandari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Makanan, Dan Suasana Restoran Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran J. Co Donut & Coffee Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 1-15.
Rangkuti, F. (2017). Customer Care Excellence: Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
Santika, D., Suharyono, & Fanani, D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada pelanggan Cafe OTW Food Street Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 100–105.
Sartika, Y., Tonich, & Alexandro, R. (2019). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Cahaya Di Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya. Jurnal Wira Ekonomi, 11(2), 296–301.
Sofiah, H., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Kepuasan. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(2), 394–409.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Andi Offset.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Publisher.
Utari, K. I. P. (2023). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, Dan Kualitas Suasana (Ambience Quality) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Ja’an Bali Restoran). [Skripsi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta].
Winarjo, H., & Japarianto, E. (2017). Pengaruh Food Quality dan Atmosphere terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Café Intro di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 4(2), 1–6.
Zahroh, R. (2022). Pengaruh Restaurant Atmosphere, Food Quality, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Momong Resto Kebumen). [Skripsi, Universitas Putra Bangsa].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mireya Firanda, Ni Made Ida Pratiwi, Diana Juni Mulyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.