Strategi Pemasaran Komoditi Sarang Burung Walet di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan

Authors

  • Nisrinah Nisrinah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari
  • Abdul Razak Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari
  • David C.E Lisapaly Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2585

Keywords:

Strategi Pemasaran, Sarang Walet, Kecamatan Basala, Konawe Selatan

Abstract

Usaha sarang burung walet memiliki potensi ekonomi tinggi, namun pengembangannya menghadapi berbagai kendala internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan usaha sarang burung walet serta merumuskan strategi pengembangannya di Kecamatan Basala, Kabupaten Konawe Selatan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam. Subjek penelitian ini adalah pelaku usaha sarang burung walet setempat. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pendukung meliputi siklus panen cepat, harga tinggi, dan jaringan pemasaran yang baik, sedangkan kendala internal berupa kurangnya dukungan pemerintah dan penggunaan teknologi manual. Faktor eksternal mencakup tingginya permintaan pasar, namun dihadapkan pada fluktuasi harga dan hama. Strategi pengembangan meliputi diferensiasi produk, peningkatan kualitas melalui sertifikasi (ISO dan HACCP), digitalisasi pemasaran, serta konservasi habitat. Simpulan penelitian menegaskan bahwa pendekatan agresif terukur dengan orientasi pasar ekspor dapat meningkatkan daya saing. Implikasi dari strategi ini diharapkan menjadikan Kecamatan Basala sebagai sentra produksi sarang walet yang unggul dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Reliyanti et al., “Inovasi dan Strategi Adaptif dalam Pengelolaan Burung Walet untuk Penguatan Ekonomi Desa: Studi di Simpang Datuk,” J. Pengabdi. Masy. dan Ris. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 3754–3760, 2025, doi: 10.31004/jerkin.v4i1.2099.

F. Y. Nurindrawati, M. Yani, and L. Indayani, “Analisis Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Budidaya Sarang Burung Walet Untuk Meningkatkan Nilai Jual,” MSEJ Manag. Stud. Entrep. J., vol. 5, no. 2, pp. 6348–6372, 2024, doi: 10.37385/msej.v5i2.5117.

D. S. Wahyuni, H. Latif, M. B. Sudarwanto, and C. Basri, “Pola Pemeliharaan Burung Walet Pada Pulau-Pulau Utama Penghasil Sarang Burung Walet di Indonesia,” J. Sain Vet., vol. 40, no. 2, pp. 117–127, 2022, doi: 10.22146/jsv.69112.

E. Sutrisno, “Meneruskan Program Superprioritas Pertanian,” Indonesia.go.id. [Online]. Available: https://indonesia.go.id/kategori/editorial/4498/meneruskan-program-superprioritas-pertanian?lang=1

M. Fajri, “Ekspor Pertanian Capai Rp 552,4 Triliun Menjadi Andalan Perekonomian Nasional,” kumparan.com. [Online]. Available: https://kumparan.com/kumparanbisnis/ekspor-pertanian-capai-rp-552-4-triliun-menjadi-andalan-perekonomian-nasional-23jcCvBmDYo/full

A. Anastasya, “Potensi dan Perkembangan Bisnis Sarang Burung Walet di Indonesia,” UKMINDONESIA.ID. [Online]. Available: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/potensi-dan-perkembangan-bisnis-sarang-burung-walet-di-indonesia

X. Xinhua, “Sarang Burung Walet jadi ‘Jembatan’ Antara Indonesia dan China,” Antara News. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/4865825/sarang-burung-walet-jadi-jembatan-antara-indonesia-dan-china

I. Irsan, “Analisis Studi Kelayakan Usaha Rumah Burung Walet di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin,” J. Ilm. Akunt. Rahmaniyah, vol. 3, no. 2, pp. 52–65, 2020, doi: 10.51877/jiar.v3i2.152.

S. Subastian and B. Bahar, “Model Sistem Rekomendasi Lokasi Penempatan Gedung Penangkaran Burung Walet Berbasis Weighted Product,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 3, pp. 357–366, 2021, doi: 10.35889/jutisi.v10i3.704.

B. S. Iskandar, J. Iskandar, and R. Partasasmita, “Hobby and Business on Trading Birds: Case Study in Bird Market of Sukahaji, Bandung, West Java and Splendid, Malang, East Java (Indonesia),” Biodiversitas, vol. 20, no. 5, pp. 1316–1332, 2019, doi: 10.13057/biodiv/d200522.

R. W. Maharani, R. S. Wijaya, and Marseto, “Potensi dan Daya Saing Ekspor Sarang Burung Walet Indonesia di Pasar China,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 10, no. 15, pp. 630–639, 2024, doi: 10.5281/zenodo.13831346.

E. Erdawati, A. Asraf, E. Elondri, and M. Yuliza, “Study of Product Quality Aspects, Prices and Halal Labels on the Purchase Decision of Hpai Herbal Products,” IJEBAR Int. J. Econ. Bus. Account. Res., vol. 5, no. 4, pp. 426–434, 2021, doi: 10.29040/ijebar.v5i4.3634.

A. Asraf, A. Hakim, A. Bagea, and K. Paluala, “The Human Resource Development and Product Innovation of MSMEs in Kendari City,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 12, no. 4, pp. 913–924, 2024, doi: 10.37641/jimkes.v12i4.2639.

S. Muliadi, “SAS APP: Mewujudkan UMKM Berbasis Digital Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pringgasela Lombok Timur.,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 4, pp. 1877–1885, 2021.

W. Adelina and R. S. Munawaroh, “Analisis Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Sarang Burung Walet di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut,” Din. Ekon. J. Ekon. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 393–402, 2023.

F. Fadilah and A. Ardiansyah, “Pengembangan Aplikasi Sistem Penjualan Sarang Burung Walet Berbasis Web,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 13, no. 3, pp. 2476–2487, 2025, doi: 10.35889/jutisi.v13i3.2410.

A. H. Daulay and J. S. Khoman, “Swallow’s Nest (Collocalia Fuciphaga) Business Development Strategy,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1286, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.1088/1755-1315/1286/1/012016.

M. Irham, Yohanna, and P. T. Kurniawan, “Transaction Records as a Tool for Bird Trade Monitoring in Supporting Bird’s Conservation and Sustainable Use,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 457, no. 1, pp. 1–6, 2020, doi: 10.1088/1755-1315/457/1/012020.

Hardani, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

A. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

C. I. Prihantini, H. Haerul, S. Syahrir, and M. Masitah, “Strategi Pemasaran Pada Usaha Sarang Burung Walet Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara,” Mimb. Agribisnis J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 9, no. 2, pp. 3152–3162, 2023, doi: 10.25157/ma.v9i2.10883.

W. I. Tantama and R. Erdiansyah, “Analisis Komunikasi Pemasaran Digital Sarang Burung Walet melalui Media Sosial,” Kiwari, vol. 3, no. 4, pp. 660–665, 2024, doi: 10.24912/ki.v3i4.33105.

S. A. Djemma, A. Yuniarti, and M. Adrian, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Mempengaruhi Volume Produksi Sarang Burung Walet Pada Walet 72 Sengkang Kabupaten Wajo,” PRECISE J. Econ., vol. 3, no. 1, p. 30, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/98

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative data analysis: A methods sourcebook, Fourth. New York: Sage Publications, Inc, 2018.

K. R. Pratama, D. Anindyasari, and A. F. Fanani, “Strategi Pengembangan Budidaya Sarang Burung Walet Di Desa Sidomukti Kecamatan Muara Kaman,” Agrinimal J. Ilmu Ternak dan Tanam., vol. 12, no. 2, pp. 106–113, 2024, doi: 10.30598/ajitt.2024.12.2.106-113.

Downloads

Published

12-09-2025

How to Cite

[1]
N. Nisrinah, A. Razak, and D. C. Lisapaly, “Strategi Pemasaran Komoditi Sarang Burung Walet di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 5251–5257, Sep. 2025.