Desain Konten Visual Dan Strategi Engagement Untuk Meningkatkan Brand Awareness Dengan Memanfaatkan Tools Instagram Insight

Authors

  • Haga Creis Tentry Universitas Negeri Medan
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2506

Keywords:

Pemasaran Konten, Desain Konten Visual, Strategi Engagement, Kesadaran Merek, Instagram Insight

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi content marketing pada akun Instagram Kedai Kopi TOPAS dengan memperhatikan desain konten visual dan strategi engagement. Kedai Kopi TOPAS, yang terletak di Kwala Bekala, Medan Johor, belum memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran efektif, sehingga penelitian ini berfokus pada pengembangan strategi content marketing untuk meningkatkan jangkauan audiens. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan teori Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, wawancara semi terstruktur, dan kuisioner validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi content marketing pada akun Instagram @kedaitopas berhasil meningkatkan jangkauan pemasaran. Berdasarkan data Instagram Insight, tingkat jangkauan akun mencapai 1.604 akun dengan 9.519 tayangan, tingkat interaksi akun mencapai 88 akun dengan 526 interaksi, dan total pengikut mengalami peningkatan sebanyak 625 pengikut. Hasil ini menunjukkan bahwa desain konten visual dan strategi engagement yang diterapkan efektif dalam memperluas jangkauan pemasaran Kedai Kopi TOPAS dan meningkatkan interaksi dengan audiens. Dengan demikian, strategi content marketing dapat menjadi solusi bagi UMKM dalam meningkatkan visibilitas dan jangkauan pasar melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun, D., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. 9(2), 114–128.

Al’qur’ani, F. N. C., & Amalina Rizqi, M. (2022). Analisis Marketing Strategy Melalui Media Sosial pada Produk Premium Leather Bag. Jurnal Ekobistek, 11(4), 343–348. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.394

Anggraini, K., Sewaka, & Rahmayanti. (2024). Penggunaan Instagram Dalam Mempromosikan Coffee Shop Kopiluvium Di Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4, 8573–8588.

Buditomo, N. (2024). Pengaruh Konten Visual Dan Brand Awareness Pada Keputusan Pemelian Produk Ouraqila Skincare Dengan Brand Trust Sebagai Pemediasi. Lib.Umm.Ac.Id.

Cenadi, C. S. (1999). Elemen-Elemen Dalam Desain Komunikasi Visual. 1(1), 1–11.

Fadilah, M. A., & Fahreza, M. R. (2024). Application Of Content Marketing Strategies To Increase Brand Awareness And Brand Interest In Social Media Instagram Mahatma Coffee PT. Mahat Masagi Padjajaran University. Jurnal Sosial Dan Ekonomi, 3(2)(1), 123–138.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. 125.

Maryolein, S., Dwina Hapsari, N., & Oktaviani, R. C. (2019). Instagram Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium. Avant Garde, 7(1), 19. https://doi.org/10.36080/avg.v7i1.849

Mdmedia. (2024). Engagement Meningkat: Kunci Sukses Interaksi dengan Audience. TelkomIndonesia. https://mdmedia.co.id/whats-up/100/artikel/engagement-meningkat-kunci-sukses-interaksi-dengan-audience#:~:text=Tingkat keterlibatan yang tinggi menunjukkan bahwa audience memiliki,memperkuat hubungan dengan audience dan membangun kesetiaan konsumen.

Muthohar, A. F., & Hartono, B. (2023). Pengaruh Digital Konten Marketing Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNTIDAR). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (EMBISS), 3.

Naura, H. F., & Martadi. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv Dalam Membentuk Customer Engagement. 2(2), 121–134.

Paramita, B. B., Watratan, R. B. M. P., & Rupianti, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Celebrity Endorsement Terhadap Brand Awareness ( Studi Pada Konsumen Produk MS Glow ). 208–219.

Puspitasari, F. (2024). Analisis Desain Konten Visual Terhadap Performa Instragram Universitas UTPADAKA SWASTIKA @utpas.ac.id. 1, 45–62.

Ranti, S. (2023). Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/28/17150077/cara-menghitung-engagement-rate-akun-instagram

Syahtiti, D., Yuniar, firnanda amelia, & Nurhaliza, putri rizky. (2024). Sosial Media Engagement Dan Hubungannya Dengan Kinerja Customer Relationship Management ( Social Media Engagement And Its Relationship With Customer Relationship Management Performance ). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 2(3).

Downloads

Published

29-08-2025

How to Cite

[1]
H. C. Tentry and H. Haryadi, “Desain Konten Visual Dan Strategi Engagement Untuk Meningkatkan Brand Awareness Dengan Memanfaatkan Tools Instagram Insight”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 4088–4100, Aug. 2025.