Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan di Ayam Geprek Mak’mun Batang
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2415Keywords:
Promosi Media Sosial, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Ayam Geprek Mak’Mun Batang. Populasi penelitian ini adalah pelaku Konsumen Ayam Geprek Mak’Mun Batang yang berjumlah 96 responden, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan teori yang di kemukakan oleh Lemeslow (1997). Penggunaan rumus tersebut berlaku untuk menentukan sampel dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan Operating system SmartPLS 3. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner secara online menggunakan google form kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Promosi Media Sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan. Promosi Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Promosi Media Sosial dan Kualitas Pelayanan berpengaruh langsung terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.
Downloads
References
Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 1653–1664.
Aldi Samara, & Metta Susanti. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 249–260. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i2.700
Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.545
Aulia, R., Syamsudin, A., & Sintani, L. (2023). Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan (Studi Pelanggan Cafe One More Palangka Raya). Edunomics Journal, 4(2), 177–189.
Effendy, M. L., Sari, M. I., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Pelayanan, dan Word of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Warung Kopi Cak Kebo. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(2), 107. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i2.24805
Farizky, M. ibnu, Thalib, S., & Hendratni, T. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan Di “What’S Good Coffee’. JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 2(2), 92–103. https://doi.org/10.35814/jimp.v2i2.3514
Fortuna, I., Widodo, J., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Lumajang (Studi Kasus pada J&T Express Jalan Veteran Ruko Royal Regency No. R-7 Lumajang). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 14(2), 290–293. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.15791
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least square s konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hariono, R., & Marlina, M. A. E. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Pada Star Motor Carwash. Performa, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1904
Jaya, C. L., & Tampubolon, M. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di the Wrappers, Medan. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 28(3), 118–127. https://doi.org/10.32767/jurmek.v28i3.2103
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Khairunnisa, T., & Fajri, A. (n.d.). Peran Kepuasan Konsumen sebagai Pemediasi Promosi Sosial Media dan Diskon terhadap Loyalitas Konsumen. 13(September 2024), 429–434.
Massora, A., & Widyanti, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Thamrin Jakarta. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(1), 20–38. www.syariahmandiri.co.id
Maulana, A. E., Lewangka, O., & Mappatompo, A. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Promosi Media Sosial, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Pada Umkm Ayam Kampung Prozen Food Dapoer Umma Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 8(1), 298–310.
Muzaki, M. F., Mulyani, I. D., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Luang Waktu Coffee). AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 44–57. https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.24
Olivia, G. R., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Maybelline Di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 742–752. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29773
Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262
Pramudita, A. S. (2020). Pengukuran Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Industri Logistik. Jurnal Logistik Bisnis, 10(1), 15. https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.691
Pratama, R. A., Rahayu, S., & Yamalay, F. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Loyalitas Wisatawan melalui Variabel Intervening Kepuasan Wisatawan Danau Shuji di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(3), 119–128. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i3.862
Rizaldi, M. L., & Hardini, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2), 77–94. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v14i2.522
Rodli, A. F. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial Dan Keragaman Produk Terhadap Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Grosir SidoarjO. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 4(2), 127–134.
Santosa, S., Putra, A., Rachmat, S., & Yuli, T. (2024). VARIABEL INTERVENING STUDI KASUS PADA POSPAY LOKET KANTOR POS. 14(September).
Sari, A., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Journal of management & business pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pengguna gojek di kabupaten lamongan. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 670–679. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3889
Siam Wahyono, I. (2022). Media sosial dan kualitas layanan meningkatkan kepuasan pelanggan (survei pada media sosial toko buku online redaksi Loveable). Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen, 1(1), 30–43.
Sodikin, Arifin Rois, N. A. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Ayam Geprek Kak Rose Di Kota Malang. Jurnal Riset Manajemen Prodi, 11(07), 53–69.
Sugiharto, Sugiono, R. A. W. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto – Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 11. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10194
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta
Wibisono, K. O., & Susanto, H. (2022). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan Asian Bowl Surabaya. Performa, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.37715/jp.v7i1.2145
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadhil Al Aqib Laksana Majid, Ratih Hesty Utami P, Shofif Sobaruddin Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.