Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Konsumen Shopee di Daerah Tanah Rendah

Authors

  • Gibrani Irdhan Maulana Universitas Islam Jakarta
  • Muhammad Iqbal Yusri Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2364

Keywords:

Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Shopee, Produk Fashion, Tanah Rendah

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah menganalisis secara empiris bagaimana pengaruh promosi maupun harga sebagai variabel independen terhadap variabel dependen yakni keputusan pembelian produk fashion di Shopee. Metode yang dipilih pada studi ini adalah kuantitatif dan pendekatan asosiatif, Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4.. Teknik purposive sampling dipakai untuk pemilihan sampel pada penelitian ini, sampel terdiri dari 62 responden yang memenuhi kriteria, yaitu berdomisili di Tanah Rendah RT 02 RW 07, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Berusia 20–55 tahun, serta telah melakukan pembelian produk fashion di Shopee minimal dua kali dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan. Hasil analisis mengungkapkan bahwa promosi dan harga sebagai variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap variabel dependen yakni keputusan pembelian, dengan skor R-square 0,666. Analisis uji parsial mengonfirmasi bahwa variabel promosi sebagai variabel independen berpengaruh signifikan (t-statistics = 3,020; f² = 0,003), terutama melalui intensitas promosi, ketertarikan penawaran, serta kesesuaian dengan kebutuhan konsumen. Sementara itu, harga juga memberikan pengaruh signifikan (t-statistics = 2,871; f² = 0,004) melalui aspek keterjangkauan, kecocokan harga dengan kualitas, dan persepsi daya saing harga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi antara strategi promosi yang menarik dan penetapan harga yang sesuai persepsi nilai konsumen menjadi faktor kunci keberhasilan pemasaran di e-commerce, khususnya pada kategori produk fashion. Selain memberikan kontribusi pada aspek pengembangan teori perilaku konsumen di era digitalisasi, temuan ini pun menawarkan rekomendasi aplikatif bagi pengusaha dalam membuat formula strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII, “SURVEI PENETRASI INTERNET DAN PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET,” APJII. Accessed: Aug. 12, 2025. [Online]. Available: https://survei.apjii.or.id/

TMO Group, “(2025) 11 Marketplaces in Indonesia for Businesses Selling Online,” TMO Group. Accessed: Aug. 12, 2025. [Online]. Available: https://www.tmogroup.asia/insights/top-online-marketplaces-indonesia/

Z. Andriani and S. M. A. Nasution, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok,” burs.j.ekon.na., vol. 2, pp. 209–220, Jun. 2023, doi: https://doi.org/10.59086/jeb.v2i2.300.

M. A. K. Septiadi, M. Salamah, and S. Nujiyatillah, “LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE: HARGA DAN PROMOSI,” vol. 3, no. 1, p. 2022, doi: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.

F. P. Sari and K. Roy, “PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE,” Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis, vol. 1, pp. 464–474, Jul. 2022, doi: https://doi.org/10.29407/373yta41.

Yoeliastuti, E. Darlin, and E. Sugiyanto, “PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI PENJUALAN ONLINE SHOPEE,” JURNAL LENTERA BISNIS, vol. 10, no. 2, pp. 212–223, Aug. 2021, doi: 10.34127/jrlab.v10i2.425.

A. Alawi and B. Rahardjo, “PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI PLATFORM SHOPEE DI SAAT PANDEMI COVID-19,” TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, vol. 2, pp. 83–98, Jun. 2022, doi: https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i6.272.

V. Panduwinata and W. H. Lusinto, “PENGARUH PROMOSI DAN HARGA DI SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN STIE IGI 2024,” Jurnal Ekonomi Utama, vol. 3, no. 3, pp. 427–435, Nov. 2024, doi: https://doi.org/10.55903/juria.v3i3.235.

U. A. Jaya and A. Mutiara, “PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PADA PEMBELIAN PT. SHOPEE INTERNATIONAL INDONESIA DI KOTA SUKABUMI,” TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, vol. 2, no. 5, pp. 383–392, Jul. 2022, doi: https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.231.

N. Nurliyanti, A. A. Susanti, and B. Hadibrata, “PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAGEMENT),” Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, vol. 2, no. 2, pp. 224–232, Apr. 2022, doi: https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.

A. G. A. Najib and A. N. Andriana, “PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI SHOPEE,” Jurnal Syntax Fusion: Jurnal Nasional Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 171–180, Jan. 2022, doi: 10.54543/fusion.v2i1.145.

W. A. Pinasty and M. A. F. Habib, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019-2022,” TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, vol. 5, no. 1, pp. 9–19, Mar. 2024, doi: 10.33650/trilogi.v5i1.7299.

R. Agustina, D. Wiryawan, and N. I. Nabila, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA TOKOPEDIA DI BANDAR LAMPUNG,” Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, vol. 11, no. 2, Sep. 2022, doi: https://doi.org/10.34308/eqien.v11i02.961.

H. N. Fatimah and A. Nurtantiono, “Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee),” Jurnal Sinar Manajemen, vol. 9, no. 1, Mar. 2022, doi: https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2330.

M. Firdan and F. A. Artanto, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee pada Mahasiswa di Pekalongan,” BISMA : Business and Management Journal, vol. 2, no. 1, pp. 73–80, Jun. 2024, doi: https://doi.org/10.59966/bisma.v2i1.576.

Downloads

Published

16-08-2025

How to Cite

[1]
G. I. Maulana and M. I. Yusri, “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Konsumen Shopee di Daerah Tanah Rendah”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 2623–2629, Aug. 2025.