Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Listrik di Uwinfly Paiton
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2348Keywords:
Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Green MarketingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk green marketing (mtor listrik) di Uwinfly Paiton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 210 responden yang dipilih melalui teknik purpose sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji determinasi melalui bantuan perangkat lunak komputer yaitu SPSS for Windows 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) variabel Promosi (X1) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor listrik Uwinfly Paiton dengan didapatkan berdasarkan hasil uji t menunjukkan thitung (1,775) < ttabel (1,971) dengan nilai signifikansi > 0,05. (2) variabel Harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor listrik Uwinfly Paiton dengan didapatkan berdasarkan hasil uji t menunjukkan thitung (8,271) > ttabel (1,660) dengan nilai signifikansi < 0,05. (3) hasil Uji F menunjukan variabel harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor listrik Uwinfly Paiton dengan didapatkan berdasarkan uji f menunjukkan Fhitung (72,820) > Ftabel (3,04) dengan nilai signifikansi < 0,05. Hasil koefisien determinasi didapatkan R square sebesar 0,413 atau jika dipresentasekan menjadi 41,3% yang berarti variabel promosi dan harga mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 41,3% dan sisanya 58,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Adil, A.dkk. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Get Press Indonesia.
Alfeus Manuntung, Terapi Perilaku Kognitif pada Pasien Hipertensi, (Malang : Wineka Media, 2018), 35.
Aprilianti. (2023). Green Marketing Dan Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. 7(1), 121.
https://doi.org/10.35308/jbkan.v7i1.6739
Ardiansya, M.F. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusa Pembelian di Angkringan Nineteen. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia. 1(10), 1419-1430.
https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2145
Ariestania, AR, & Adriyanto, AT (2024). Pemasaran ramah lingkungan dalam membentuk keputusan pembelian . Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 11(1), 45–55.
https://doi.org/10.30596/jimb.v25i2.21999
Chang, L. (2011). Evaluasi psikometrik skala Likert 4 poin dan 6 poin dalam kaitannya dengan reliabilitas dan validitas . Universitas Central Florida
Creswell, J. W., & Creswell, D. J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage Publications, Inc.
Djaslim, S. (2012). Manajemen pemasaran (hlm. 130–132). CV. Linda Karya.
Donald R. Cooper dan C. Wiliam Emory, Metode Penelitian Bisnis Jilid 1, (Jakarta: PT Salemba Empat, 2006)
Fauzi, A. A., & Sijabat, Y. P. (2023). Pengaruh harga produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen TikTok Shop di Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 2(1).
https://doi.org/10.26877/jibeka.v2i1.96
Ginsberg, J. M., & Bloom, P. N. (2004). Choosing the right green marketing strategy. MIT Sloan Management Review, 46(1), 79–84.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2010). Dasar-Dasar Ekonometrika (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.
Hanan, F., & Busman, S. A. (2021). Pengaruh promosi penjualan dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada kedai kopi di Sumbawa Besar. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 10–13.
https://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1043
Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup.
International Energy Agency. (2023). Global EV outlook 2023. https://www.iea.org/reports/global-ev-outlook-2023
Imam Suprayogo, Metode Penelitian Sosial Agama (Bandung: Remaja Rosdakarya,2001), hal 6.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, KL (2009). Manajemen pemasaran (Edisi ke-13, Jilid 1). Erlangga.
Kurniawan, R. (2022). Challenges of EV adoption in rural Indonesia. Jurnal Teknologi dan Lingkungan, 14(2), 112–125.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa . Salemba Empat.
Nasution, AE. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. PUSKIBII (Pusat Kewirausahaan , Inovasi dan Inkubator Bisnis ), 1(1), 165-173.
https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594
Palupi, D. (2023). Keputusan pembelian dalam memediasi green promosi dan green price terhadap kepuasan konsumen . Jurnal Ekobis, 24(2), 123–134.
https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.81
Polonsky, M. J. (1994). An introduction to green marketing. University of Newcastle, Australia.
Sarwono, J. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Suluh Media.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior (10th ed.). Prentice Hall.
Setiadi Erwin. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Syirup Monin Pada PT Kharisma Sukses Gemilang. Skripsi. 122.
Solomon, M. R. (2017). Consumer behavior: Buying, having, and being (12th ed.). Pearson.
S. Pridana dan D. Sunarsi, Metode Penelitian Kuantitatif, (Tenggerang: Pascal Books, 2021), 159.
Stanton, W. J. (2001). Prinsip pemasaran (7th ed.). Erlangga.
Subhaktiyasa, Putu Gede. 2024. Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721-2731.
https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Sutrayani, Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Kumala Celebes Motor Mazda Makassar, Skripsi S1, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019, hlm 41.
Swastha, B., & Handoko, H. (2008). Manajemen pemasaran modern (Edisi ke-2). Liberty.
Swastha, B., & Handoko, TH (2011). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen . BPFE-Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Andi.
Tjiptono, F. (2017). Strategi pemasaran (4th ed.). Andi.
U.S. Department of Energy. (2023). Policies supporting electric vehicles. https://afdc.energy.gov/laws/
Uwinfly Indonesia. (2025). Produk motor listrik Uwinfly. https://www.uwinfly.co.id
Yahya, M.Z., & Sukandi,P. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Bisnis Manajemen dan Ekonomi, 20(1), 623-635.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Eka Pradani, taufiqur rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















