Analisis Kinerja Simpang Tiga Lengan Tidak Bersinyal Dan Ruas Jalan Raya Menggunakan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 (Studi Kasus : Simpang Lubang Buaya, Jakarta Timur)
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2346Abstract
Simpang tiga tak bersinyal di Jalan Raya Lubang Buaya merupakan salah satu simpang dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, yang menyebabkan terjadinya tundaan serta panjang antrian kendaraan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis volume lalu lintas kendaraan pada jam puncak, mengevaluasi kinerja simpang dan ruas jalan berdasarkan parameter Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023, serta mengusulkan solusi teknis guna meningkatkan kinerja lalu lintas di simpang tersebut. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data primer melalui survei lalu lintas dan observasi lapangan, serta analisis kuantitatif terhadap kapasitas simpang dan derajat kejenuhan (DJ) menggunakan pendekatan PKJI 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai DJ tertinggi tercatat sebesar 0,9949 pada pendekat mayor, yang mengindikasikan bahwa simpang mendekati kondisi jenuh dengan tingkat pelayanan yang rendah. Dua skenario perbaikan diuji, yaitu penerapan larangan belok kanan dan pelebaran jalan pendekat. Simulasi larangan belok kanan berhasil menurunkan nilai DJ menjadi 0,7316, sedangkan pelebaran jalan dari 7,6 meter menjadi 8,5 meter meningkatkan kapasitas pendekat dari 3120,4992 smp/jam menjadi 3271,0496 smp/jam dan menurunkan nilai DJ dari 0,484 menjadi 0,462. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua solusi memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja simpang, meskipun larangan belok kanan memberikan pengaruh yang lebih signifikan. Dengan demikian, implementasi kebijakan teknis seperti pengaturan manuver kendaraan dan pelebaran fisik pendekat dapat dijadikan alternatif solusi untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi lalu lintas di simpang tak bersinyal perkotaan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi perencanaan transportasi dan pengambilan kebijakan lalu lintas yang berkelanjutan di kawasan padat kendaraan.
Downloads
References
R. F. Azahra, M. Isradi, K. M. Sudrajat, J. Prasetijo, and A. I. Rifai, “Performance Analysis of Unsignalized Intersections and Road Sections Using PKJI 2023,” 2024.
M. Isradi, Z. Arifin, M. I. Setiawan, R. D. Nasihien, and J. Prasetijo, “Traffic Performance Analysis of Unsignalized Intersection Using the Traffic Conflict Parameter Technique,” Sinergi, vol. 26, no. 3, p. 397, 2022, doi: 10.22441/sinergi.2022.3.015.
I. A. Adipradhana, N. Widyaningsih, M. Isradi, and W. B. Dermawan, “Optimization of Road Section and Signalized Intersection Performance Using PKJI 2023 at Dewi Sartika-Raya Kalibata Intersection,” vol. 09, no. 09, pp. 5012–5019, 2024, doi: 10.47191/etj/v9i09.05.
Direktorat Jendral Bina Marga, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. 2023.
M. Isradi, H. Dwiatmoko, M. I. Setiawan, and D. Supriyatno, “Analysis of Capacity, Speed, and Degree of Saturation of Intersections and Roads,” Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, vol. 2, no. 2, pp. 150–164, 2020, doi: 10.35877/454ri.asci22110.
H. Y. Firdaus, M. Isradi, J. Prasetijo, and M. Rifqi, “Performance Analysis and Passenger Satisfaction on Trans Jakarta Bus Services ( Cibubur Route – BKN ),” Journal of Science, Technology, and Engineering (JSTE), vol. 1, no. 2, pp. 73–81, 2021.
H. Y. Firdaus, M. Isradi, J. Prasetijo, M. Rifqi, and H. Halim, “Analysis of Transjakarta Service Performance on the Cibubur-BKN by Servqual Method,” European Journal of Science, Innovation and Technology, vol. 2, no. 1, pp. 113–123, 2022.
G. Li et al., “Drivers’ Visual Scanning Behavior at Signalized and Unsignalized Intersections: A Naturalistic Driving Study in China,” J Safety Res, vol. 71, pp. 219–229, 2019.
M. Isradi and E. A. Pratama, “Performance Analysis of Unsignal Intersection and Road Section With MKJI Method 1997,” IJTI (International Journal of Transportation and Infrastructure), vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2020, doi: 10.29138/ijti.v4i1.1160.
W. B. Dermawan, M. Isradi, and P. Pawaztris, “Analysis Of Accident Prone Areas Along Jenderal Ahmad Yani Road In Bekasi,” Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, vol. 1, no. 2, pp. 124–130, 2020, doi: 10.35877/454ri.asci1239.
J. Prasetijo, G. Zhang, Z. F. Zainal, W. Z. Musa, and N. A. A. Guntor, “Performance Level of Road Geometric Design Based on Motorcycle–Cars Linear Speed Profile,” in International Congress and Exhibition" Sustainable Civil Infrastructures: Innovative Infrastructure Geotechnology", Springer, 2017, pp. 40–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Isradi, Annisa Aryant Luthfi Cahyani, Widodo Budi Dermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.