Implementasi Layanan Berbasis Teknologi Informasi Dalam Mewujudkan Pelayanan Unggulan di Rumah Sakit

Authors

  • Mustoha Mustoha Universitas Sangga Buana
  • Nurhaeni Sikki Universitas Sangga Buana
  • Murni Fadhilah Universitas Sangga Buana
  • Drajat Supriadi Universitas Sangga Buana
  • Wahyudin Wahyudin Universitas Sangga Buana
  • Hendra Wardana Universitas Sangga Buana
  • Mystah Istyadzah Universitas Sangga Buana
  • Eric Satrio Adi Prabowo Universitas Sangga Buana
  • Danendra Favian Alif Universitas Sangga Buana
  • Jonsinar Silalahi Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2251

Keywords:

Teknologi Informasi, Pelayanan Unggulan, Rumah Sakit, Aplikasi Mobile, Antrian Online

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi signifikan dalam sistem pelayanan kesehatan, termasuk di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknologi informasi (TI) dalam meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit. Rumah sakit sebagai lembaga pelayanan kesehatan dengan berbagai proses kompleks membutuhkan pemanfaatan TI untuk meningkatkan efisiensi operasional, akurasi pengambilan keputusan medis, serta kepuasan pasien. Dengan pendekatan kualitatif dan desain deskriptif, penelitian ini menggambarkan implementasi layanan berbasis TI di rumah sakit, meliputi sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS), rekam medis elektronik (EMR), aplikasi mobile, dan sistem antrian online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TI dapat mempercepat proses pelayanan, mengurangi kesalahan medis, serta mempermudah akses informasi bagi pasien. Selain itu, teknologi ini juga berkontribusi pada peningkatan kepuasan pasien melalui pengurangan waktu tunggu dan kemudahan akses layanan. Namun, keberhasilan implementasi TI sangat bergantung pada kesiapan sumber daya manusia, perencanaan yang matang, serta pengelolaan perubahan yang efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan dukungan yang tepat, rumah sakit dapat mencapai pelayanan unggulan yang tidak hanya memenuhi standar nasional, tetapi juga mampu bersaing di tingkat global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. P. K. RI, “Profil Kesehatan Indonesia 2021 (MP Farida Sibuea, SKM, M. Boga Hardhana, S. Si, & M. Winne Widiantini, SKM,” Kementeri. Kesehat. Republik Indones., 2022.

E. Nugraha, R. M. Sari, A. Yunan, and A. Kurniawan, “The Effect of Information Technology, Competence, and Commitment to Service Quality and Implication on Customer Satisfaction.,” Int. J. Technol., vol. 13, no. 4, 2022.

A. Sofianto, “Inovasi layanan berbasis teknologi informasi pada rumah sakit sebagai bentuk reformasi birokrasi,” J. Litbang Provinsi Jawa Teng., vol. 18, no. 1, pp. 81–102, 2020.

W. Purnomo and T. Bramantoro, Pengantar Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan. Airlangga University Press, 2018.

M. M. Mutoffar, S. Kuswayati, T. Sumarni, R. K. S. Dewi, and E. Nurjanah, “Role of ChatGPT as an innovative tool for data analysis and market trend prediction in business information systems,” J. Minfo Polgan, vol. 13, no. 1, pp. 579–587, 2024.

L. Jejen, “Peran teknologi informasi dalam peningkatan kinerja sumber daya manusia,” in FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2021, vol. 23, no. 1, pp. 1–11.

R. E. Indrajit, “Electronic Government: Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet dan Teknologi Informasi, Aptikom, 2006,” E-b. diunduh melalui situs https//www. Acad. edu/pada Maret, 2016.

M. M. Mutoffar, S. Kuswayati, F. T. Anggraeny, and T. Sumarni, “Exploring the potential of ChatGPT in improving online marketing and promotion of MSMEs,” J. Minfo Polgan, vol. 12, no. 1, pp. 480–489, 2023.

A. Septiani et al., “Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik,” J. Syntax Imp. J. Ilmu Sos. Dan Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 302–313, 2022.

E. G. Telelepta, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN,” Insight Mediat., 2024.

L. P. Nurshabrina, B. Subekti, O. Nursanty, and R. Andriani, “Implementation of Information Technology on Service Efficiency in Indonesian Hospital (Literature Review),” in Proceeding ICETEA (International Conference on Economics, Technology, Management, Accounting, Education, and Social Science), 2025, vol. 1, pp. 479–494.

R. D. Asworowati, D. Mustomi, P. R. Adawia, A. D. Suhendra, A. Natong, and M. C. Ningrum, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Gizar Berbasis Mobile,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 542–549, 2023.

D. Lestari, A. R. Fauziah, D. Safitri, and S. Irsan, “Kontribusi Teknologi Digital dalam Meningkatkan Keterjangkauan Layanan Kesehatan bagi Seluruh Lapisan Masyarakat: Tinjauan Literatur: Contribution of Digital Technology in Increasing Accessibility of Health Services for All Levels of Society: A Literature,” J. Inov. Kesehat. Indones., pp. 6–14, 2025.

Downloads

Published

13-08-2025

How to Cite

[1]
M. Mustoha, “Implementasi Layanan Berbasis Teknologi Informasi Dalam Mewujudkan Pelayanan Unggulan di Rumah Sakit”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 1915–1921, Aug. 2025.

Most read articles by the same author(s)