Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2131Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Temuan pada studi ini mempertegas dampak dari kualitas produk,promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan PT Eka Mas Republik secara empiris. Menitikberatkan bagaimana variabel bebas maupun terikat pada PT Eka Mas Republik baik secara individual maupun kolektif. Analisis kuantitatif menjadi metode yang dipakai dengan diperkuat pendekatan analisis deskriptif maupun verifikatif. Data responden diambil sebanyak 85 pelanggan PT Eka Mas Republik dengan memberikan kuesioner dalam pengumpulan data dan regresi linear berganda sebagai metode analisis penelitian yang dpergunakan. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan maupun parsial seluruh variabel bebas terhadap variabel dependen. Temuan studi didapatkan bahwa hanya variabel kualitas produk dan kualitas layanan yang dapat memengaruhi kepuasan pelanggan dengan signifikan, namun variabel promosi tidak dapat memengaruhi kepuasan pelanggan. Meskipun salah satu variabel bebas tidak memberi dampak terhadap variabel dependen, hasil temuan secara gabungan diperoleh bahwa semua variabel X1, X2 dan X3 berdampak serta signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dimana ketiga variabel itu memberikan hubungan secara determinasi sebesar 35,5%, yang berarti ketiga variabel memberikan dampak hanya 35,5% dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan, sisanya 64,5% berkaitan dengan variabel lain diluar pelaksanan studi ini
Downloads
References
Andi Dwi Riyanto (2024). Website : https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/ , diakses Oktober 2024
Lis Hendriani (2024). Website : https://mix.co.id/indonesia-most-engaged-brand/10-merek-broadband-paling-dekat-dengan-warganet/, diakses November 2024
Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management. Pearson Pretice Hall, Inc: New Jersey
Tjiptono, F (2016). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Ramadan, A & Sarah, S (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada E-Commerce Lazada di Kota Bandung. Universitas Indonesia Membangun Jurnal Eco-Buss., Volume 7, Nomor 1, Agustus 2024 . p-ISSN 2622-4291 e-ISSN 2622-4305.
Mesquita, F.D.R, Jaya, R.C (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Tais Market Dili. Universitas Indonesia Membangun. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma), Volume : 04.Nomor 02 Juli 2024 | E-ISSN : 2797-7161 | DOI: https://doi.org/jebma.v4n2.4186
Fauziah, S & Sarah, S (2024) Pengaruh Harga, Promosi, dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Marketplace Lazada Di Kota Bandung). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (4) Agustus Tahun 2024, Hal 2481-2490. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2659
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016
Bayu, M. Saputro, A.H, Mubarok, D.A.A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Apotek Mega Bandung. Universitas Indonesia Membangun. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (3) Juni Tahun 2024, Hal 1967-1975. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i3.2488
Fauziah, S & Sarah, S (2024) Pengaruh Harga, Promosi, dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Marketplace Lazada Di Kota Bandung). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (4) Agustus Tahun 2024, Hal 2481-2490. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2659
Tarmadi, J, Mubarok D.A.A. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Klien pada PT BinaNusaTeknik. Universitas Indonesia Membangun. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnise-ISSN:2745-7273Vol.5,No.3,Agustus202 https://doi.org/10.47747/jismab.v5i3.1931
Rahardi, S. Karamang, E, Mubarak, D.A.A (2024). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Universitas Indonesia Membangun) JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (1) Februari Tahun 2024, Hal 552-561
Andini, F. Wijaya, F. Ismail, G,D (2024). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Matahari Department Store Cabang Festival Citylink. Universitas Indonesia Membangun. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnise-ISSN: 2745-7273Vol. 5, No. 3, Agustus 2024. DOI: https://doi.org/10.47747/jismab.v5i3.1901
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rio Fauzan Adhima, andre.suryaningprang, Gurawan Dayona, Yoyo Sudaryo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.