Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Rio Fauzan Adhima Universitas Indonesia Membangun (INABA) Bandung
  • Andre Suryaningprang Universitas Indonesia Membangun (Inaba) Bandung
  • Gurawan Dayona Universitas Indonesia Membangun (Inaba) Bandung
  • Yoyo Sudaryo Universitas Indonesia Membangun (Inaba) Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2131

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Temuan pada studi ini mempertegas dampak  dari kualitas produk,promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan PT Eka Mas Republik secara empiris. Menitikberatkan bagaimana variabel bebas maupun terikat pada PT Eka Mas Republik baik secara individual maupun kolektif. Analisis kuantitatif menjadi metode yang dipakai dengan diperkuat pendekatan analisis deskriptif maupun verifikatif. Data responden diambil sebanyak 85 pelanggan PT Eka Mas Republik dengan memberikan kuesioner dalam pengumpulan data dan regresi linear berganda sebagai metode analisis penelitian yang dpergunakan. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan maupun parsial seluruh variabel bebas terhadap variabel dependen. Temuan studi didapatkan bahwa hanya variabel kualitas produk dan kualitas layanan yang  dapat memengaruhi kepuasan  pelanggan dengan signifikan, namun variabel promosi tidak dapat memengaruhi kepuasan pelanggan. Meskipun salah satu variabel bebas tidak memberi dampak terhadap variabel dependen, hasil temuan secara gabungan diperoleh bahwa semua variabel X1, X2 dan X3 berdampak serta signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dimana ketiga variabel itu memberikan hubungan secara determinasi sebesar 35,5%, yang berarti ketiga variabel memberikan dampak hanya 35,5% dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan, sisanya 64,5% berkaitan dengan variabel lain diluar pelaksanan studi ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Dwi Riyanto (2024). Website : https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/ , diakses Oktober 2024

Lis Hendriani (2024). Website : https://mix.co.id/indonesia-most-engaged-brand/10-merek-broadband-paling-dekat-dengan-warganet/, diakses November 2024

Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management. Pearson Pretice Hall, Inc: New Jersey

Tjiptono, F (2016). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Ramadan, A & Sarah, S (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada E-Commerce Lazada di Kota Bandung. Universitas Indonesia Membangun Jurnal Eco-Buss., Volume 7, Nomor 1, Agustus 2024 . p-ISSN 2622-4291 e-ISSN 2622-4305.

Mesquita, F.D.R, Jaya, R.C (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Tais Market Dili. Universitas Indonesia Membangun. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma), Volume : 04.Nomor 02 Juli 2024 | E-ISSN : 2797-7161 | DOI: https://doi.org/jebma.v4n2.4186

Fauziah, S & Sarah, S (2024) Pengaruh Harga, Promosi, dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Marketplace Lazada Di Kota Bandung). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (4) Agustus Tahun 2024, Hal 2481-2490. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2659

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016

Bayu, M. Saputro, A.H, Mubarok, D.A.A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Apotek Mega Bandung. Universitas Indonesia Membangun. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (3) Juni Tahun 2024, Hal 1967-1975. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i3.2488

Fauziah, S & Sarah, S (2024) Pengaruh Harga, Promosi, dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Marketplace Lazada Di Kota Bandung). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (4) Agustus Tahun 2024, Hal 2481-2490. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2659

Tarmadi, J, Mubarok D.A.A. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Klien pada PT BinaNusaTeknik. Universitas Indonesia Membangun. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnise-ISSN:2745-7273Vol.5,No.3,Agustus202 https://doi.org/10.47747/jismab.v5i3.1931

Rahardi, S. Karamang, E, Mubarak, D.A.A (2024). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Universitas Indonesia Membangun) JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891 Volume 10 (1) Februari Tahun 2024, Hal 552-561

Andini, F. Wijaya, F. Ismail, G,D (2024). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Matahari Department Store Cabang Festival Citylink. Universitas Indonesia Membangun. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnise-ISSN: 2745-7273Vol. 5, No. 3, Agustus 2024. DOI: https://doi.org/10.47747/jismab.v5i3.1901

Downloads

Published

07-08-2025

How to Cite

[1]
R. F. Adhima, A. Suryaningprang, G. Dayona, and Y. Sudaryo, “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 849–858, Aug. 2025.