Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Keunggulan Bersaing pada Starbucks Depok

Authors

  • Nabila Asdianti Mumtaz Universitas Global Jakarta
  • Dwi Rachmawati Universitas Global Jakarta
  • Udriyah Udriyah Universitas Jakarta Universitas

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2112

Keywords:

Green Marketing, Keputusan Pembelian, Keunggulan Kompetitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Green Marketing Starbucks Depok terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan menguji peran Keunggulan Bersaing sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei kuesioner kepada pelanggan Starbucks di Depok, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Analisis Jalur (Path Analysis) dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Ditemukan pula bahwa Green Marketing berpengaruh langsung secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Lebih lanjut, Keunggulan Bersaing terbukti berhasil memediasi hubungan antara Green Marketing dan Keputusan Pembelian. Ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran hijau tidak hanya secara langsung mendorong konsumen untuk membeli, tetapi juga membangun keunggulan kompetitif yang pada hakikatnya memperkuat keputusan pembelian tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. P. Gozal, “Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 Hadirkan Inovasi Teknologi Pangan,” KONTAN.co.id, Jakarta, Sep. 09, 2024. Accessed: Jul. 09, 2025. [Online]. Available: https://seremonia.kontan.co.id/news/food-ingredients-fi-asia-indonesia-2024-hadirkan-inovasi-teknologi-pangan

D. Berita, “Volume Sampah di Depok Naik 17 Persen Selama Lebaran, DLHK Ajak Warga Berperan,” Beritadepok.go.id.

E. N. Aini and S. Walyoto, “PENGARUH CITRA MEREK DAN KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN STARBUCKS DI SURAKARTA),” Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 11, no. 03, pp. 1–13, 2022.

D. H. Jayani, “6 Produk Ramah Lingkungan yang Paling Banyak Dibeli Masyarakat.”

G. Alexandre, R. S. Safitri, D. I. Wati, M. C. A. Sinaga, S. Andarini, and I. R. Kusumasari, “PENGARUH GREEN PRODUCT STRATEGY DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUKIN,” KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 160–166, 2024.

Y. K. D. Carsana, “PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI HARGA DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI DI PT.ARISTA SUSKES ABADI TANJUNG PINANG,” 2020.

A. N. Suryani and S. Gustini, “PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ROKOK SAMPOERNA A MILD DI DESA BAILANGU,” JURNAL EKONOMIKA, vol. 14, no. 02, pp. 253–262, 2023.

A. Apriyanti, Z. M. Putri, and D. S. Hariyani, “Pengaruh kualitas produk dan keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian melalui loyalitas pelanggan,” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 53–61, 2022.

D. G. Sitanggang, “Pengaruh Keunggulan Bersaing dan Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Arang Sehat di Rumah Briket Medan,” Mar. 2024.

I. G. A. W. Sari and P. Y. Setiawan, “Pengaruh Green Marketing dan Packaging terhadap Brand Image dan Loyalitas Pelanggan pada Konsumen Starbucks Coffee,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. 6, no. 7, 2017.

A. Riani, “Gerai Starbucks di Indonesia Beralih Pakai Kemasan Plastik Berbahan rPET, Klaim Bisa Kurangi Sampah.”

Agustiyanti, “Starbucks Indonesia Cerita Efek Besar Boikot: Penjualan Anjlok 35% .”

B. A. S. Pertiwi and R. Sulistyowati, “Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 9, no. 3, pp. 1376–1382, 2021.

Y. Sollu and H. Hendratmoko, “Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sensatia Botanicals Di Jakarta,” Journal Of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), vol. 7, no. 4, pp. 10616–10627, 2024.

Y. Novita, “PENGARUH GREEN MARKETING, ETHNOSENTRISME KONSUMEN, DAN GAYA HIDUP HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN ETIKA KONSUMSI ISLAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA KONSUMEN KOSMETIK WARDAH),” Jun. 2023.

M. Wahyudi, “Menggali Pengaruh Citra Merek dan Green Marketing: Kunci Keputusan Pembelian Konsumen di Era Keberlanjutan,” in Prosiding Management Business Innovation Conference (MBIC), 2025, pp. 116–128.

I. Widiarsa and E. Sulistyawati, “Peran Keunggulan kompetitif memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian,” E-Jurnal Manajemen Udayana, vol. 7, no. 7, pp. 3442–3470, 2018.

Solimun, Armanu, and A. A. Fernandes, Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem. Malang: UB Press, 2020.

American Marketing Association, “Official Definition of Marketing,” www.marketingpower.com. Accessed: Jun. 08, 2025. [Online]. Available: https://www.ama.org/the-definition-of-marketing-what-is-marketing/

M. Astuti and A. R. Amanda, Pengantar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Deepublish, 2020.

Melati, Manajemen Pemasaran. Jogjakarta: Deepublish, 2021.

S. Al Idrus, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian (Konsep dan Teori). Malang: Media Nusa Creative, 2019.

D. Rachmawati, U. Udriyah, and N. F. Dewi, “ANALISIS STRATEGI GREEN BRANDING SEBAGAI USAHA MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DI ERA EKONOMI GLOBAL PADA BRAND FASHION LOKAL KOTA BANDUNG,” Among Makarti, vol. 17, no. 1, pp. 42–56, 2024.

A. Zulkifli, Green Marketing : Redefinisi Green Product, Green Price, Green Place, dan Green Promotion, vol. Pertama. Jakarta: Graha Ilmu, 2021.

N. M. U. T. Angela, M. Wajdi, I. B. Sanjaya, and S. Arbainah, “Implementasi green marketing pada FiPuA,” Journal of Commerce, Management, and Tourism Studies, vol. 1, no. 1, pp. 21–35, 2022.

L. Alhazami and R. P. Tobing, “PENGARUH STRATEGI GREEN MARKET ORIENTATION DAN GREEN SUPPLY CHAIN RELATIONSHIP QUALITY DALAM MENINGKATKAN GREEN COMPETITIVE ADVANTAGE,” JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, vol. 8, no. 1, 2024.

id Djakarta, “Starbucks Greener Nusantara Gaungkan Kembali Gerakan Mengurangi Sampah dan Limbah,” 2018.

Starbucks.com, “Starbucks Fiscal Annual Report 2023,” 2023.

Downloads

Published

08-08-2025

How to Cite

[1]
N. A. Mumtaz, D. Rachmawati, and U. Udriyah, “Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Keunggulan Bersaing pada Starbucks Depok”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 1042–1052, Aug. 2025.