Peran Teori Motivasi Dalam Mendukung Pembelajaran PAI Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.69693/ijmst.v3i1.351Keywords:
Teori Motivasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh game online Mobile Legend terhadap perilaku bertutur kata siswa di MTs Baitul Makmur. Objek penelitian adalah siswa yang aktif memainkan game Mobile Legend. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perubahan dalam cara siswa berkomunikasi, baik secara positif maupun negatif, sebagai dampak dari interaksi dalam permainan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner kepada siswa dan guru, serta analisis interaksi siswa di dalam dan luar lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam perilaku bertutur kata siswa yang sering bermain Mobile Legend. Sebagian siswa menunjukkan peningkatan kreativitas dalam berbahasa dan kerja sama dalam komunikasi kelompok, namun sebagian lainnya cenderung meniru kata-kata kasar atau tidak pantas yang sering muncul dalam permainan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa game online Mobile Legend memiliki dampak ganda terhadap perilaku bertutur kata siswa. Diperlukan peran aktif dari guru dan orang tua untuk mengarahkan siswa agar mampu menyaring dan menerapkan penggunaan bahasa yang positif serta mengurangi dampak negatif dari permainan tersebut.
References
Agustriana, N.A., Nisa, A.T. (2017). Perbedaan keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus dan tidak berkebutuhan khusus (siswa normal) di sekolah inklusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(1), 12-16. Diunduh dari http://ojs.uniska.ac.id/index.php/BKA
Daulay, Haidar Putra. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Disekolah, Jakarta: Kencana
Djamaluddin, Ahdar. 2021. Filsafat Pendidikan, Pare-Pare: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pare-Pare
Fathurrohman, Mohamammad. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajran Yang Menyenangkan, Cetakan I, Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Festiawan, Rifqi. 2020. Skripsi: Belajar dan Pendekatan Pembelajaran, Purwokerto: Universitas Jendral Soedirman
Hadi, Yudi dan Nurhayati, Dies.2022. Epistemologi Pembelajaran, Sukabumi: Jejak.
Hardani et al., 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group
Hidayat, Rahmat. 2018. Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia,, Medan: LPPI
Horne, Herman Harrell. 2020. The Philosophy Of Education, Terjemahan Dari Susanti, Temanggung: Desa Pustaka Indonesia
Ibrahim, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Pancawati, A.H. (2016). Self efficacy anak tunadaksa di SD Negeri Margosari. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15 (5), 1408-1418. Diunduh dari: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/203 5/1735
Purnomo,A., Azizah, N.A., Hartono, R, Hartati dan Bawono, S.A.T. (2017). Pengembangan game untuk terapi membaca bagi anak disleksia dan diskalkulia. Jurnal Simetris, 8(2), 497-546. Diunduh dari: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/viewFile/1351/1092
Rahayu, S. R. (2014). Deteksi dini dan intervensi pada anak autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 420-428. Diunduh dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/2900/2674
Rahman, M.M. (2014). Memahami prinsip pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Jurnal Elementary, 2(1), 164-179. Diunduh dari: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/viewFile/332/3 36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











