Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sac (Smart Apps Creator) Bola Voli Tipe Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.69693/ijmst.v3i1.336Keywords:
Pengembangan, Android, Smart App Creator, Media Pembelajaran, voli tipe jigsawAbstract
Penerapan teknologi dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh guru sehingga tidak membosankan dan menjadi menarik. android merupakan salah satu alternatif konsep aplikasi untuk penerapan dalam media pembelajaran. Menguji, mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yang didesain untuk berjalan di sistem operasi android dengan bahan ajar bola voli tipe jigsaw merupakan tujuan dilaksanakannya penelitian ini. observasi dan studi pustaka merupakan proses pengumpulan data pada penelitian ini , waterfall dipilih menjadi metodologi serta pemodelan Unified Modeling Language (UML) dalam tahap proses perancangan. Perancangan media pembelajaran tersebut menggunakan Smart Apps Creator. Dengan aplikasi tersebut diharapkan proses pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi android lebih praktis, meskipun tidak menggunakan kode program dan mengurangi biaya pembuatan. Setelah dilakukan pembuatan aplikasi, seluruh fungsi yang telah dibuat diuji menggunakan Black Box. Setelah melakukan pengembangan menggunakan aplikasi Smart Apps, penelitian ini menyajikan hasil yaitu sebuah aplikasi media pembelajarn interaktif android yang mudah digunakan, dengan sumber daya multimedia seperti gambar, video, audio, menyajikan tampilan antarmuka yang menarik, serta memberikan informasi dan konten yang familiar dengan pengguna yang mengakses aplikasi, sehingga siswa/i mampu mengenal proses dan tata bola voli tipe jigsaw dengan mudah dan mampu menyerap materi secara maksimal.
References
Amin, M. Al, Ikhsan, M., & Salman, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Cara Wudhu berbasis Android menggunakan Smart Apps Creator. Jurnal Educandum, 8(2), 255–262. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/889
Apps, S., Pada, C., Kuliah, M., & Indonesia, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Smart Apps Creator Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. 8d effecti(November), 178–200. https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i2.24717
Ilman Abi, M., & Sujatmiko, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart App Creator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di Smk N 1 Jabon. Jurnal IT-EDI, 7, 84–91. https://apjii.or.id/
Jaiz, M., Vebrianto, R., Zulhidah, Z., & Berlian, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 2625–2636. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2428
khoerul ummah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator 3 Untuk Kelas XI SMA Pada Materi Barisan Dan Deret. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Sujatmiko, W., Tomi, A., Riyadi, M. A. S., & Ghofur, I. F. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft Office Word 2016 Menggunakan Smart App Creator (Android). JUTECH : Journal Education and Technology, 2(2), 16–26. https://doi.org/10.31932/jutech.v2i2.1301
Syadida, Q. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i1.31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











