Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Receh Coffee

Authors

  • Anhar Sekolah Tinggi Ilmu Ekoonomi Bima
  • Intisari Haryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekoonomi Bima
  • Nur Khusnul Hamidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekoonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.69693/ijmst.v2i3.333

Keywords:

Lokasi, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Abstract

Kebanyakan masyarakat menyukai usaha yang mampu memenuhi dan mengikuti keinginannya yaitu usaha yang mudah, cepat, dan tentunya ekonomis sesuai dengan kualitas dan harga yang ditawarkan. Selain itu, lokasi yang strategis juga akan memudahkan bagi pengusaha untuk melakukan distribusi dan pemasaran kepada publik. banyaknya yang berjualan atau buka kedai kopi pada masyarakat berdampak pada persaingan kedai atau kafe yang memang Menjual Kopi Untuk Memenuhi Kebutuhan Konsumen Pada Kopi. Fenomena saat ini tentang caffee adalah aksesnya yang sulit karena jarang dilalui, dan menggunakan satu jalur, kurangnya lahan parkir, dan kurangnya pencahayaan dan tidak adanya ruangan indoor untuk antisipasi saat cuaca hujan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meneliti Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Receh Coffee Di Kota Bima. Populasinya Adalah Seluruh Konsumen Yang Pernah Membeli Di Caffee Receh Sedangkan Jumlah Sampelnya Adalah Sejumlah 50 Orang. Tehnik samplingnya menggunakan purposive sampling, dengan kriteria konsumen yang pernah berkunjung dan mebeli minimal dua kali. Data diperoleh dengan cara observasi awal, kuesioner dan dari studi pustaka, sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan fasilitas  berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara simultan.Sedangakan secara parsial, hanya lokasi yang berpengaruh. Untuk fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

References

Aminullah, L. M., Tandililing, E., & Sirait, J. (2016). Deskripsi Miskonsepsi Siswa pada Materi Gaya Gesek dengan Certainty of Response Index Termodifikasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(3).

Andriawan, M. H. (2021). Pengaruh Lokasi dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Paras Tour and Travel Batam. Prodi Manajemen.

Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitaspelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas aitem. Buletin Psikologi, 3(1), 19–26.

Ghozali, I. (2009). Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17 (Vol. 50). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (edisi 8) (Vol. 96). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariaji, G. U., & Iriyanto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Warung Kopi Srintil di Temanggung). Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2).

Imanulah, R., Andriyani, I., & Melvani, F. N. (2022). Pengaruh Citra Toko, Varian produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Pancious SOMA Palembang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 285–295.

Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal of Management, 5(1), 348–358.

Purwanto, P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Staiapress.

Sari, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Bang Faizs. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 1(2), 74–81.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Sudrajad, M. C. H., & Suja’i, I. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Warkop Sawah Kopi Desa Tanjungsari Boyolangu Tulungagung. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 1–12.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.CV.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi-4. Andi Offset.

Yuri, T., & Nurcahyo, R. (2013). Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. PT. Indeks.

Zulkarnaini, Z., Suhardi, Y., Burda, A., Darmawan, A., & Sasmitha, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Lokasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Kedai Kopi Nikmat Rawamangun). Jurnal Manajemen STEI, 6(1), 1–8.

Downloads

Published

18-08-2024

How to Cite

Anhar, A., Haryanti, I., & Hamidah, N. K. (2024). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Receh Coffee. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(3), 52–58. https://doi.org/10.69693/ijmst.v2i3.333

Issue

Section

Articles