Modifikasi Kurikulum 2013 di Era dan Pasca COVID-19: Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah, Madrasah, dan Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i3.311Keywords:
COVID-19, Pendidikan, Kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini membahas mengenai dinamika perubahan kurikulum pada mada pandemi dan setelah pandemi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa dinamika yang terjadi pada era pandemi dan pascapandemi serta transisi penggunaan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka, sumber primer dan sumber sekunder, Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi dan wawancara dan data sekunder yang di gunakan jurnal dan buku buku yang relavan mengenai kurikulum, hasil penelitian ini menunjukan bahwa menghadapi tantangan pendidikan selama dan setelah pandemi COVID-19, modifikasi terhadap Kurikulum 2013 di sekolah, madrasah, dan pesantren menjadi keharusan. Perubahan signifikan, seperti pembelajaran jarak jauh dan penyesuaian cepat terhadap kondisi yang berubah, mendorong penyederhanaan materi, penggunaan platform online, dan pengembangan strategi pembelajaran jarak jauh untuk memastikan kelangsungan dan kualitas pembelajaran. Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar, yang menawarkan pendekatan lebih fleksibel dan kontekstual, membantu siswa mengembangkan keterampilan relevan untuk masa depan. Modifikasi Kurikulum 2013 dan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar merupakan langkah penting untuk memastikan pendidikan berkualitas, dengan dukungan dari seluruh stakeholder pendidikan.
References
Reference
Adair, D., Jaeger, M., & Price, O. M. (2018). Promoting Active Learning when Teaching Introductory Statistics and Probability Using a Portfolio Curriculum Approach. International Journal of Higher Education, 7(2), 175. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n2p175
Aegustinawati, A., & Sunarya, Y. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Retensi Kelas di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Paedagogy, 10(3), 759. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568
Akhter Farooqui, N., Islam, M., & Mehdi Zaidi, S. A. (2023). Impact of Covid-19 on Education Across the World. Journal on Innovations in Teaching and Learning, 2(1), 1–3. https://doi.org/10.46632/jitl/2/1/1
Effendi, I. (2023). PENYULUHAN PRAKTIK HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 1–10. https://doi.org/10.25105/juara.v4i1.13630
Malik, I., & Derioh, G. (2023). The Challenges of Educational Environment on Virtual Learning among Undergraduate Students during the covid-19 Pandemic. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(2). https://doi.org/10.6007/IJARPED/v12-i2/16884
Nababan, M. L. (2022). URGENSI PERENCANAAN PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(3), 172–182. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i3.84
Puspita, Y., & Atikah, C. (2023). ANALISIS PERUBAHAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DARI KURIKULUM 2013 KE KURIKULUM MERDEKA. NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 09–21. https://doi.org/10.31957/noken.v4i1.2888
Romadhoni, A. A., Aman, A., & Khaura, R. R. A. (2023). Comparison of Historical Materials for High School and Vocational School in 2013 Curriculum and the Emergency Curriculum. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2472–2480. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1481
Sofi-Karim, M., Bali, A. O., & Rached, K. (2023). Online education via media platforms and applications as an innovative teaching method. Education and Information Technologies, 28(1), 507–523. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11188-0
Syukri, M., Fachruddin, F., Harmuliani, N., Rubino, R., & Putra, A. (2023). Sistem Monitoring Evaluasi Pendekatan Sistem Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 391–400. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.2972
Yasaroh, S., Jumadi, J., & Hestiana, H. (2022). Constraints to Learning Science with an Online Learning System in the Era of the Covid-19 Pandemic. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 10(1), 15. https://doi.org/10.26714/jps.10.1.2022.15-21
Amalia & Sa’adah . (2020). Dampak wabah COVID-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 214-225.
Churiyah dkk. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in COVID-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 491.
Dewi & Wadji. (2022). Distance learning policy during pandemic COVID-19. Edutec. Journal of Education and Technology, 325-333.
Hamdan et al. (2021). University students' interaction, Internet self-efficacy, self-regulation and satisfaction with online education during pandemic crises of COVID-19 (SARS-CoV-2). International Journal of Educational Management, 713-725.
Megandarisari. (2021). Adaptasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di masa pandemi COVID-19 Inovasi Kurikulum.
Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 456-462.
Onyema, E. M. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on. Journal of Education and Practice, ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online), 108.
Yandi & Fernandes. (2021). Adaptasi guru terhadap pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 459-471.
Zhu & Liu . (2020). Education in and after COVID-19: Immediate responses and long-term visions. Postdigital Science and Education, 695-699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.