Aplikasi Neurosains dalam PAI Perencanaan dan Pelaksanaan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • mega fitri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Dewi Purnama Sari Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • sutarto sutarto Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Aida Rahmi Nasution Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i3.309

Keywords:

PAI, Neurosains, berfikir kritis

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan neurosains dalam pembelajaran PAI, tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menyusun strategi untuk mengatasi kendala dan hambatan dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi neurosains dalam pembelajaran PAI, sumber primer dan sumber sekunder, Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan jurnal mengenai neurosains dan Pembelajaran PAI dan data sekunder yang di gunakan jurnal dan buku buku yang relavan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendekatan neurosains dan Problem-Based Learning (PBL) memiliki peran penting dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pendekatan neurosains memanfaatkan pengetahuan tentang sistem syaraf otak untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, sementara PBL menekankan pada pembelajaran aktif melalui pemecahan masalah kompleks. Saran yang dapat diterapkan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan neurosains dan PBL dalam PAI. Dari menyusun capaian pembelajaran hingga memilih model, strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran yang tepat, setiap aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran akan dibahas secara detail.

References

Abdiyantoro, R., Sutarto, S., Sari, D. P., & ... (2024). Sistem Kerja Otak pada Neurosains dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Indonesian Journal of …, 2, 1–10. http://multidisipliner.org/index.php/ijim/article/view/75%0Ahttps://multidisipliner.org/index.php/ijim/article/download/75/55

Batubara, H. H., & Supena, A. (2018). Educational Neuroscience Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 140–148. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.092.013 EDUCATIONAL

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Penerbit Lindan Bestari.

Farida, D., & Salsabila. (2023). Studi Literatur: Model Pembelajaran Pbl Dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 163–176.

Jihanna Amalia. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi PAI pada Kelas 10 SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 39–60. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-3

Latifah, A. (2023). Neurosains dalam Pendidikan. Omera Pustaka.

Lilis Lismaya. (2019). BERPIKIR KRITIS & PBL: (Problem Based Learning). MEDIA SAHBAT CENDEKIA.

M.Pd, S. M., & Kurniawan, D. T. (2017). Implementsi Pemanfaatan Media Teka Teki Silang (TTS) Online Dalam Matakuliah Neurosains Untuk Mahasiswa Calon Guru Raudhatul Athfal (RA). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 124. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1487

Marliani, Siagian, M. (2022). Kajian Konsep Merdeka Belajar dari Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358.

Mohammad Jailani, Hendro Widodo, & Siti Fatimah. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 143–143.

Nur, A. M., Nurarfiansyah, L. T., Oktaviani, D., & Mukhlasin, A. (2023). Strategi Dalam Pengembangan Sekolah UPT SD Negeri 060806. 1(1), 37–46.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Pembelajaran, M. (2003). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 23–33.

Rahmaniah, N., Oktaviani, A. M., Arifin, F., Maulana, G., Triana, H., Serepinah, M., Abustang, P. B., & others. (n.d.). Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.

Rita, H. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Percaya Diri dengan Model Problem Based-Learning di SMK Negeri 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9300, 233–245. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.182

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Abdiyantoro, R., Sutarto, S., Sari, D. P., & ... (2024). Sistem Kerja Otak pada Neurosains dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Indonesian Journal of …, 2, 1–10. http://multidisipliner.org/index.php/ijim/article/view/75%0Ahttps://multidisipliner.org/index.php/ijim/article/download/75/55

Batubara, H. H., & Supena, A. (2018). Educational Neuroscience Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 140–148. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.092.013 EDUCATIONAL

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Penerbit Lindan Bestari.

Farida, D., & Salsabila. (2023). Studi Literatur: Model Pembelajaran Pbl Dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 163–176.

Jihanna Amalia. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi PAI pada Kelas 10 SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 39–60. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-3

Latifah, A. (2023). Neurosains dalam Pendidikan. Omera Pustaka.

Lilis Lismaya. (2019). BERPIKIR KRITIS & PBL: (Problem Based Learning). MEDIA SAHBAT CENDEKIA.

M.Pd, S. M., & Kurniawan, D. T. (2017). Implementsi Pemanfaatan Media Teka Teki Silang (TTS) Online Dalam Matakuliah Neurosains Untuk Mahasiswa Calon Guru Raudhatul Athfal (RA). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 124. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1487

Marliani, Siagian, M. (2022). Kajian Konsep Merdeka Belajar dari Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358.

Mohammad Jailani, Hendro Widodo, & Siti Fatimah. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 143–143.

Nur, A. M., Nurarfiansyah, L. T., Oktaviani, D., & Mukhlasin, A. (2023). Strategi Dalam Pengembangan Sekolah UPT SD Negeri 060806. 1(1), 37–46.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Pembelajaran, M. (2003). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 23–33.

Rahmaniah, N., Oktaviani, A. M., Arifin, F., Maulana, G., Triana, H., Serepinah, M., Abustang, P. B., & others. (n.d.). Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.

Rita, H. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Percaya Diri dengan Model Problem Based-Learning di SMK Negeri 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9300, 233–245. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.182

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

fitri, mega, Purnama Sari, D., sutarto, sutarto, & Rahmi Nasution, A. (2024). Aplikasi Neurosains dalam PAI Perencanaan dan Pelaksanaan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(3), 11–17. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i3.309

Issue

Section

Articles