Peran Monitoring Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektifitas Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i3.308Keywords:
Monitoring, Efektifitas, PAI, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini membahas mengenai peran monitoring pembelajaran dalam meningkatkan efektifitas pengajaran PAI di sekolah menengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pengajaran PAI di sekolah menengah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian riset kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber primer dan sumber sekunder, sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan jurnal mengenai monitoring dan data sekunder yang digunakan adalah jurnal dan buku yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan monitoring dalam Pendidikan Agama Islam(PAI) pada pembelajaran di sekolah menengah sangat penting untuk memastikan kualitas pendidikan dan pengembangan karakter siswa yang optimal. Melalui monitoring yang efektif, guru dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, memungkinkan penyesuaian metode pengajaranagar lebih efektif.
References
Abusin, J. (2021). Manajemen Monitoring Pembelajaran Berbasis E- Learning (Studi Kasus Di Smk Raden Patah Mojosari). THE JOER: Journal Of Education Research, 1(1), 36-60.
Aliyah, R. nur, Andari, A. A., & Hartati, S. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Unggulan Darusy Syafa’ah Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah. Unisan Jurnal, 01(01), 370–381.
Amelia, D., Supriadi, S., Musril, H. A., & Efriyanti, L. (2022). Rancang Aplikasi Monitoring Ibadah Siswa Berbasis Web di SMA Negeri 1 V Koto Kampuang Dalam. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 352–364. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.147
Aspandi. (2020). Pengawas Pai Monitoring Implementasi Protokol Kesehatan Covid-19 Di Sekolah Binaan. Journal.Iaisambas.Ac.Id, VI(2), 156–166. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/328
Daheri, M., & Warlizasusi, J. (2024). Monitoring Peran Guru Piket dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar. 2(2), 34–38.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Islam, P. A., Agama, I., Negeri, I., & Curup, I. (2024). Pentingnya Penerapan Monitoring Dalam PAI pada Pembelajaran Sekolah Menengah. 2(2), 44–48.
Jannah, N. (2003). Peran Monitoring Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Pedagogik Guru. 5, 126–141.
Mansyur, Y. Al, & Salim, H. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(E-ISSN:2584-1754), 1027–1042.
Masrufa, B. (2024). Optimalisasi Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 102–111. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1439
Noor, L. N. F., & Wathoni, K. (2020). Peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (Ppai) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai Di Smp Swasta Wilayah Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1–24. https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2185
Prastianto, R. W., Mustain, M., Pratikno, H., Handayanu, H., & Miftakh D.S, D. P. H. Z. U. &. (2019). Peningkatan Budaya Belajar-Mengajar Dan Reputasi Sekolah Melalui Penerapan Sistem Monitoring Pembelajaran Online. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3350
Sholeh, M. I., Efendi, N., & Junaris, I. (2023). Evaluasi dan Monitoring Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Upaya Peningkatan Kualitas Penddikan. Refresh: Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 48–73.
Wulandari, T. A., & Mubah, H. Q. (2022). Implementasi Kurikulum Dalam Memanfaatkan Sumber Belajar Sebagai Penunjang Pembelajaran. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 5(1), 117–131. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v5i1.5717
Zakarya, Hafidz, Martaputu, H. N. (2022). Attractive : Innovative Education Journal. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.