Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Teknologi, Pendidikan Tinggi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan mengenali dampak penggunaan kecerdasan buatan yang berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi fenomenologi. Kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI) mempunyai dampak yang signifikan terhadap pendidikan tinggi. AI memungkinkan personalisasi pembelajaran, di mana sistem dapat merancang pengalaman pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penggunaan chatbots dan teknologi interaktif lainnya memperkaya pengalaman belajar siswa, menjadikannya lebih menarik dan efisien. AI juga berperan dalam evaluasi otomatis, mengurangi beban kerja pendidik dalam menilai tugas dan memberikan masukan yang lebih cepat. Pengelolaan data siswa dan pengelolaan pembelajaran yang efisien juga dibantu oleh AI. Pendidikan jarak jauh (e-learning) menjadi lebih terjangkau dan berkualitas dengan menggunakan AI, sehingga membuka akses pendidikan yang lebih luas. AI juga membantu mendeteksi dan mencegah plagiarisme, meningkatkan integritas akademik. Meskipun potensinya besar, tantangan seperti privasi dan keamanan data siswa perlu dipertimbangkan dalam penerapan AI. Selain itu, peran pendidik juga mengalami perubahan sehingga memerlukan adaptasi terhadap teknologi AI. Di pendidikan tinggi, penggunaan AI, seperti chatbots, telah membantu meningkatkan efisiensi administrasi dan kualitas layanan kepada mahasiswa. Namun perlindungan data pribadi dan pemeliharaan chatbot yang baik tetap menjadi perhatian. Secara keseluruhan, AI memberikan dampak positif pada pendidikan tinggi dengan meningkatkan personalisasi pembelajaran, evaluasi otomatis, dan efisiensi manajemen, namun hal ini harus disertai dengan pertimbangan etika dan keamanan data yang cermat.

References

Alifiani, R., & Rahman, R. (2019). Penerapan Kecerdasan Buatan untuk Mendeteksi Plagiat dalam Tugas Akademik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 152–160.

Annur, C. M. (2023). Deretan Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan di Indonesia, ChatGPT Teratas. Retrieved February 2, 2024, from databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/21/deretan-aplikasi-ai-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-chatgpt-teratas

Arifudin, O., Rifky, S., Muhammad, I., & Kurniawati. (2024). RESEARCH TRENDS EDUCATION MANAGEMENT IN INDONESIA. Journal of Education Global, 1(2), 165–173. Retrieved from https://penaeducentre.com/index.php/JEdG/article/view/82

Astuti, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 8(1), 37–45.

Denzim, N. K., & Lincoln, Y. S. (1988). Strategies of Qualitative Inquiry. Thousand Oaks: Sage Publications.

Floridi, L. (2019). A Unified Framework of Five Principles for AI in Society. Harvard Data Science Review, 1(1).

Mardikanto, T. (2020). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 224–236.

Murtiana, N., & Muslim, M. (2020). Implementasi Chatbot pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(1), 81–88.

Nuryana, A., Pawito, & Utari, P. (2019). PENGANTAR METODE PENELITIAN KEPADA SUATU PENGERTIAN YANG MENDALAM MENGENAI KONSEP FENOMENOLOGI. ENSAINS, 2(1), 19–24. Retrieved from https://jurnal.universitaskebangsaan.ac.id/index.php/ensains%0A

Pratiwi, R. D. (2020). Peran Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 13–23.

Purba, F. N., & Azizah, R. A. (2021). Implikasi Kecerdasan Buatan dalam Privasi dan Keamanan Data Siswa. Jurnal Informatika Mulawarman, 16(1), 32–40.

Rahmawati, N., & Irawan, D. E. (2021). Pemanfaatan Chatbot Sebagai Asisten Virtual dalam Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 221–230.

Rifky, S., Paling, S., Arifudin, O., & Narayanti, P. S. (2024). PROFESSIONALISM OF EDUCATORS IN LEARNING DEVELOPMENT. International Journal of Teaching Learning, 2(2), 579–588. Retrieved from https://injotel.org/index.php/12/article/view/93

Rifky, S., Udin, T., Warningsih, K., Duryat, M., Rahmat, H., & Trisno, J. T. (2023). MODEL PENGEMBANGAN KARIR TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi di SMP Al Hikam Garut). Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 456–461. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17293

Rifky, S., Yani, A., & Cahyani, D. (2023). Implementasi Manajemen PTKIS Berbasis Pondok Pesantren (Studi di STISHK Kuningan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 4(4), 406–411. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i4.16090

Russell, S. ., & Norvig, P. (2016). Artificial Intelligence: A Modern Approach. In Pearson.

Sugihartono. (2020). Pendidikan Personalisasi dalam Era Kecerdasan Buatan: Kajian Implementasi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 7(1), 13–22.

University, M. (2023). Perkembangan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Dunia Pendidikan Tinggi. University, Ma’soem. Retrieved from https://masoemuniversity.ac.id/berita/perkembangan-kecerdasan-buatan-ai-dalam-dunia-pendidikan-tinggi.php

Wardhani, R., & Budiarto, R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 255–266.

Widodo, A., & Zuhdy, A. (2020). Artificial Intelligence in Education: Opportunities and Challenges. Journal of Educational and Developmental Psychology, 10(2), 117–125.

Wiratama, I. K. (2021). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Tantangan dan Etika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 15–25.

Wirawan, Y. E. (2019). Pendidikan di Era Kecerdasan Buatan: Konsep, Aplikasi, dan Tantangan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 529–537.

Yulianto, A. B., & Suryadi, D. (2020). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 125–134.

Downloads

Published

02-02-2024

How to Cite

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Issue

Section

Articles