Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Nithalian Collection
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.222Keywords:
Relationship Marketing, kualitas layanan, loyalitas pelangganAbstract
Dunia perdagangan atau bisnis semakin berkembang pesat setiap tahun sebagai akibat dari meningkatnya permintaan konsumen. Pelaku bisnis harus mampu memahami kebutuhan pelanggan dan menggunakan strategi komunikasi yang efektif untuk merespon persaingan. sehingga penjualan bisnis berada di jalur yang benar. Peningkatan niat beli akan menghasilkan lebih banyak produk yang dijual. Tujuan diadakan penelitian ini yaitu agar memahami apakah relationship marketing serta kualitas layanan berdampak signifikan pada loyalitas pelanggan terhadap Nithalian Collection. Metode penelitian dipakai pada penelitian ini yakni penelitian asosiatif. Populasi dimana dipakai yakni semua konsumen pernah membeli Nithalian collection dimana jumlahnya tidak dipahami pasti . teknik sampel dipakai yakni purposive sampling, yaitu pelaggan dimana sudah membeli lebih dari 1 kali. Lokasi penelitian ini yaitu pada Nithalian Collection. Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner, wawancara, studi pustaka. Teknik analisa data memakai uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, uji auto kolerasi, uji regresi linear berganda, uji koefisien kolerasi, uji koefisien derteminasi, Uji t serta uji f. Kesimpulan pada penelitian ini yakni Relationship marketing serta kualitas layanan dengan cara bersama-sama berdampak signifikan pada loyalitas pelangga pada Nithalian Collection.
References
Akbar, ivan Candra. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui mediasi kepuasaan pelanggan . Thesis (Undergraduate (S1). http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/71692
Alfiyah, Hamdah & Komariah, Neng Siti. (2021). Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan di PT. Autoplastik indonesia Karawang Timur. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara 3 (1), 50, 2021. http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.866
Amelia, Sefi Lili & Widayanto. (2019). Pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 9 (1), 242-251, 2019. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26330
Dwi Darmaawa, Novaldi, Jariah, Ainun, Irwanto & Jesi, Widya. (2021). Pengaruh Relationship Marketing, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada toko Icon Technology Computer di kabupaten Lumajang. Journal of Organization and Bussines Management 4 (2), 95-104, 2021. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/566
Gabriella, Inggrid Stacia. (2017). Pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah . JUMANT 9 (1), 27-39, 2018.
Ivander, Gery. (2018). Analisis pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Agen Tx Travel Jembel. Agora 6 (2), 2018. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/773
Muhtarom, Abid , Syairozi, Imam, & Wardani, Nuriyah Dita. (2022). Analisis persepsi harga, kualitas pelayanan, customer relationship marketing, dan kepercayaan terhadap peningkatan penjualan dimediasi loyalitas pelanggan pada UMKM ayam potong online elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 5 (1), 743-755, 2022. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/628
Nugroho, F. M. & Tjahjaningsih, Endang. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Shopeefood). Journal of Management 5 (3), 147-155, 2022. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2310
Nurbakti, Rezky , Beddu, Megawati & Rasdy, Muhammad , Runtu Gery. (2022). Pengaruh relationship marketing dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. J&T Express cabang Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan 8 (3), 234-241, 2022. http://www.journal.stieamsir.ac.id/index.php/man/article/view/78
Octafilia, Yusnita & Oktavia, Mira. (2018). Analisis pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pangkalan Baru Indah Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) 1 (2), 137-152, 2018 https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.206
Putra, Marcellino Gerald & Suwitho. (2020). Pengaruh relationship marketing dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan toko Djajar Putra. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 8 (11), 2019. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2617
Putri, K. Fifana, Tumbel, L. Altje & Djemly, woran. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Matahari Department Store di Mantos 2. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 9 (1), 2021. https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.3320
Sari, Dian Septiana. (2018). Pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan pada Ramayana Robinson Medan. JUMANT 9 (1), 27-39, 2018.
Sari, Emilia Embun. (2020). Upaya meningkatkan kepuasan nasabah melalui relationship marketing dan kualitas pelayanan. Jurnal Abdi Ilmu 13 (1), 20-28, 2020. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu
Wahyuni, Rika & Irfani, Hadi. (2017). Pengaruh relationship marketing, kepuasan dan brand image terhadap kepuasaan pelanggan restoran sederhan masakan padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi 6 (2), 331-337, 2017 https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1234943
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.