Pendekatan Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Atribut Laptop

Authors

  • Rifal Fauzi Universitas Indraprasta
  • Supardi U.S Universitas Indraprasta

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.208

Keywords:

Atribut Laptop, analisis konjoin, AMD, RAM

Abstract

Komputer jinjing kini berkembang cukup pesat. Akibatnya, produsen komputer jinjing sangat ingin membuat barang yang menarik bagi semua demografi, termasuk remaja dan pelajar. Sangat penting untuk mengetahui apa yang diinginkan siswa dalam hal atribut laptop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kriteria yang dipilih dan atribut laptop yang disukai siswa, termasuk model yang cenderung mereka pilih dari SMK di Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, tempat mereka mengambil jurusan teknik jaringan komputer. Analisis konjoin adalah metodologi penelitian yang digunakan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa responden sangat meminati komputer jenis notebook dengan prosessor AMD dan kapasitas RAM sebesar  2 GB. Dengan rincian jenis komputer 53,247% dengan taraf notebook, dari faktor komputer memiliki jenis prosessor 25,228% dengan taraf AMD dan faktor besar RAM 20,663% dengan taraf kapasitas RAM sebesar 2 GB. Dari segi ukuran komputer nilai utilitas pada taraf notebook bernilai positif sebesar 1,017 artinya nilai ini paling diminati dan taraf laptop kurang diminati karena bernilai negatif dari segi cara prosesor nilai utilitas pada taraf AMD bernilai positif sebesar 0,259 artinya nilai ini paling diminati dan taraf Intel kurang diminati karena bernilai negatif dan dari segi RAM nilai utilitas pada taraf 2 GB bernilai positif sebesar 0,216 artinya nilai ini paling diminati dan taraf 4 GB kurang diminati karena bernilai negatif.

References

Bader, L., Warnquist, S., & Mehta, K. (2019). Socially-Beneficial Technologies in the African Puspitaningrum, Setiawati 166 Marketplace: Product Perceptions and Consumer Preferences.

Andi. Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of ECommerce Development in Indonesia]. Ekonomi & Kebijakan Publik, 11(1), 13–25.

Girsang, M. J., Candiwan, Hendayani, R., & Ganesan, Y. (2020). Can Information Security, Privacy and Satisfaction Influence the ECommerce Consumer Trust? 2020 8th International Conference on Information and Communication Technology, ICoICT 2020.

Harahap, M. F. H., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Digital ( Survei pada Pemilik dan Pengguna Kamera Digital di Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 73(1), 108–117.

Indra, A. B. (2020). Transaksi ECommerce di Jabar Tertinggi di Indonesia Meski Dikala Pandemi. BeritaKBB.Com. https://beritakbb.pikiranrakyat.com/ekonomi/pr96981143/transaksi-e-commerce-dijabar-tertinggi-di-indonesia-meskidikala-pandemi Jayani, D. H. (2020).

Perkasa, H. R., & Setiawati, C. I. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Electronic Wallet ( EWALLET ) Di Kota Bandung. Pink, B. (2020). BI catat jumlah transaksi e-commerce selama wabah corona tumbuh signifikan. Kontan.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/bi -catat-jumlah-transaksi-e-commerceselama-wabah-corona-tumbuhsignifikan

Priscillia, M. (2020). Prediksi Website Design Quality dan Service Quality terhadap Repurchase Intention Pada Pelanggan Shopee di Jakarta Dengan Customer Trust Sebagai Mediasi. II(4), 1033–1043.

Rizkiani, G. A., & Suyanto, A. (2020). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Kosmetik Korea Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 14, 1523–1533.

Sari, L. W., & Suyanto, A. M. A. (2020). Analysis Of Consumer Preference On Choosing E-Commerce In Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis,

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. J. Mandiri, 4(1), 38–51.

Suhatman, S., Sari, M. R., Nagara, P., & Nasfi, N. (2020). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(2), 26– 41.

Supardi, E., & Nurjanah, N. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Freight Forwarding Freight Forwarding Liability Insurance.

Teeramungcalanon, M. (2020). An Analysis of Consumer Preference Towards Thai Products on Chinese E-Commerce Platform. 23(2), 1–21.

Tyas, W. W. (2020). Sejarah Tokopedia, Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tribunnews.Com. https://batam.tribunnews.com/2020/ 05/03/sejarah-tokopedia-didirikanoleh-william-tanuwijaya-danleontinus-alpha-edison.

Widyastuti, H., & Prastitya, T. A. (2020). Preferensi Konsumen Pengguna ECommerce yang Memengaruhi Kesadaran akan Perlindungan Konsumen pada Generasi X. 01, 10– 19.

Downloads

Published

22-07-2023

How to Cite

Fauzi, R., & U.S, S. (2023). Pendekatan Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Atribut Laptop. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(3), 257–264. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.208

Issue

Section

Articles