Analisa Penerapan Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan pada Lapak Coffee Bangil Pasuruan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.190Keywords:
Strategi Promosi, Penjualan, Etika Bisnis Islam, Lapak Coffee Bangil PasuruanAbstract
Meningkatkan penjualan memang sangat erat hubungannya dengan strategi promosi. Dalam meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan 5 bauran promosi yaitu Periklanan (Advertising), Penjualan Pribadi (Personal Selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Dalam dunia bisnis juga diatur tentang bagaimana cara berbisnis menurut islam yaitu dengan memenuhi prinsip etika bisnis islam. Etika bisnis islam merupakan nilai-nilai etika islam yang secara khusus membahas mengenai aktivitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi promosi yang tepat dalam meningkatkan penjualan pada Lapak Coffee Bangil Pasuruan ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan model pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di Lapak Coffee Bangil Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Lapak Coffee Bangil Pasuruan hanya menggunakan 2 dari 5 bauran promosi yang ada yaitu periklanan (Advertising) dan penjualan pribadi (Personal Selling), selain itu Lapak Coffee menggunakan strategi dari mulut ke mulut (Word of Mouth). Dari kedua bauran promosi yang telah dijalankan oleh Lapak Coffee untuk komponen periklanan masih kurang efektif dan dalam penerapan etika bisnis islam secara umum telah sejalan dengan konsep soul marketing yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
References
Syafrudin, Ahmad Dasuki Aly S., and Teja Subakti. “Pemasaran Produk Distributor Outlet Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam.” Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 3, no. 2 (2018): 223.
Adzkiya’, Ubbadul. “Analisis Etika Bisnis Dan Marketing Nabi MUHAMMAD SAW.” IQTISAD 4, no. 1 (2018).
Ahmad Lutfiah. “Marketing Mix Cafe Carlos Dalam Peningkatan Minat Konsumen Di Kota Parepare (Prespektif Etika Bisnis Islam).” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, 2019.
Alinsari, Natasia. “Peningkatan Literasi Keuangan Pada UMKM Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana.” Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2021): 256–268.
Aravik, Haviz. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. palembang: deepublish, 2020.
Artini, Ni Wayan, I Made Astrama, and Ni Wayan Wina Premayani. “‘Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek.’” Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata 1, no. 4 (2021): 1179–1188.
Ayuningtyas, Felicia Neva. “Strategi Promosi Endorsement Oleh Digital Influencer Dalam Etika Bisnis Islam.” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4, no. 3 (2022): 160–173.
Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10 (2010): 46–62.
Baidowi, Aris. “Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Islam.” Hukum Islam 9, no. 1412 - 3851 (2010): 239–250.
Darmawan, Melly, Yugih Setyanto, and Sisca Aulia. “Analisis Promosi Goffee Indonesia Di Instagram.” Prologia 3, no. 1 (2019): 190.
Drs. Danang Sunyoto, S.H., S.E., M.M. “Studi Kelayakan Bisnis.” In Studi Kelayakan Bisnis, 73. media pressindo, 2014.
Dwijantoro, Rizky, Bernadin Dwi, and Nobelson Syarief. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 16, no. 2 (2022): 63.
Erwin, and Sri Utami Permata. “Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Pada PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK Cabang MAJENE.” Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA) 3, no. 1 (2020): 41–47.
Fuaddi, Husni. “Etos Kerja Dalam Prespektif Islam.” Jurnal Al-Amwal 7, no. 1 (2018): 20–31.
Haitam, I. “Etika Bisnis Islam Kejujuran Menurut Persepsi At-Thabary Dan Al-Qurtuby.” Mukaddimah: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (n.d.): 315–334.
Sudirman, W. F. R., Sari, E. N. ., Reza, S. ., & Syaipudin, M. . (2023). Apakah fintech lending berpengaruh terhadap kinerja bank syariah di indonesia?. Money: Journal Of Financial And Islamic Banking, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.31004/money.v1i2.15357
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.