Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen di Duta Swalayan Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan

Authors

  • Uswatun Khasanah Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ifdlolul Maghfur Program Studi Ekonomi Syariah

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.189

Keywords:

Strategi Marketing, Loyalitas Konsumen, Ekonomi Syariah, Duta Swalayan, Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan

Abstract

Strategi marketing merupakan suatu hal yang sangat penting terhadap suatu bisnis atau usaha. Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang. Tidak heran lagi jika Al-Quran dan Ahli Sunnah memberikan aturan dalam bidang usaha. Selain dalam berlaku adil, islam juga mengajarkan pada setiap bisnis harus dilandaskan dengan sikap kejujuran yang dapat dipercaya. Persaingan di dunia bisnis seperti saat ini lebih menuntut dan menguntungkan seperti pada pasar modern atau lebih dikenal dengan swalayan merupakan suatu perusahaan yang memiliki cara untuk memasarkan produk nya yaitu menawarkan/mempromosikan produk yang beragam kepada konsumen. Kegiatan penjualan pada swalayan yang menjual bermacam-macam produk dan pelayanan yang baik terhadap konsumen, hal tersebut bertujuan untuk selalu memberikan kepuasan pada konsumen dan bisa mendapatkan konsumen yang semakin meningkat atau konsumen yang loyal. Tujuan pada penelitian ini untuk memahami strategi marketing dalam meeningkatkan loyalitas konsumen di duta swalayan pondok pesantren ngalah purowosari pasuruan dan tinjauan ekonomi syariah dalam strategi marketing untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian yang penulis simpulkan bahwa strategi marketing di duta swalayan dalam meningkatkan loyalitas konsumen diantaranya menyediakan produk yang menjadi kebutuhan sehari-hari termasuk kebutuhan sasaran pasar, harga yang sesuai dengan kondisi pasar, promosi yang diterapkan menggunakan potongan harga (diskon) pada beberapa produk di waktu tertentu, dan strategi tempat yang tidak jauh dengan sasaran pasar. Strategi marketing yang dijalankan duta swalayan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah dengan cara memasarkan produk sesuai kebutuhan konsumen tidak hanya kebutuhan pribadi semata, transaksi yang saling ridho, berlaku jujur antara penjual dan pembeli maka akan terjadilah kepuasan pasar dan konsumen yang loyal terhadap duta swalayan.

References

Alma, Buchari. 2018. Manajeman Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Auliansyah, Iqbal. 1994. “Pemasaran Produk (Product) Dan Penetapan Harga (Price) Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen.” (1991):4–19.

Fabiana Meijon Fadul. 2019. “Metode Penelitian.” 49–58.

Faisal, Badroen. 2016. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana.

Fasochah, Harnoto dan. 2014. “Strategi Kepuasan Pelanggan Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.” Ekonomi Manajemen Hal 3.

Febrianto, Hendra Galuh. 2008. “Strategi Pemasaran Pada Mini Market Ahad Dalam Peningkatan Volume Penjualan.” 1–90.

fryda Lucyani, Desintya. 2009. “Bab I Pendahuluan ِ.” Journal Information 10(3):1–16.

Jasmani. 2018. “Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan.” Jurnal Ilmiah Semarak 1(No 3):145.

Mardhiyah, Ainun, Universitas Sumatera Utara, Feby Aulia Safrin, and Universitas Sumatera Utara. 2021. “Jurnal Bisnis Dan Manajemen Persaingan Usaha Warung Tradisional Dengan Toko Modern.” 8(1).

Mariasinta, May, and Ivan Riady. 2019. “Produk 1. Definisi Produk.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Samsu. 2017. “Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif (17):43.

Syamril. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Lakita Cell Di Kota Makassar.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 26(2).

Tanzeh, Ahmad. 2011. Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Wahyuni, Novi Sry. 2019. Strategi Pemasaran Pada Gerai 212 Mart Cabang Bengkulu Dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Wijaya Natan Sukma. 2019. “Analisis Marketing Mix Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Produk Yamaha Matic Di Klaten.”

Yusuf, M. 2011. Tafsir Ayat Ahkam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Downloads

Published

09-07-2023

How to Cite

Khasanah, U., & Maghfur, I. (2023). Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen di Duta Swalayan Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan . Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(3), 238–243. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.189

Issue

Section

Articles