Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Framework ITIL V3

Authors

  • Niza Tadzkiratun Nafisah Teknik Informatika
  • Tata Sutabri Teknik Informatika, Program Pascasarjana, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.147

Keywords:

E-Learning, Politeknik Negeri Sriwijaya, ITIL V3

Abstract

E-learning dipergunakan sebagai media pembelajaran, penyebaran materi dan pengerjaan tugas mahasiswa. hal ini digunakan agar mengurangi penggunaan kertas dan menghindari keterlambatan penyampaian materi untuk mahasiswa. Analisa kepuasan mahasiswa pengguna dalam penggunaan sistem e-learning hingga saat ini belum dilakukan suatu penilaian terhadap kepuasan pengguna sistem tersebut. Penilaian kepuasan pengguna terhadap sistem tersebut merupakan suatu hasil dan penilaian keberhasilan dari website tersebut. Hal inilah yang membuat penelitian tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pengguna e-learning terutama bagi mahasiswa. Sebuah web elearning dikatakan baik apa bila user (pemakai) merasa puas dengan web elearning, baik dari sisi tampilan maupun isi. Oleh karena itu perlu adanya analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap e-learning untuk  mengetahui  kinerja  ataupun  kualitas  layanan  teknologi  informasi e-learning yang digunakan dengan cara membandingkan tingkat kematangan teknologi informasi saat ini (Current Maturity) dan kondisi yang akan datang (Expected Maturity). Penelitian ini menggunakan framework ITIL V3 domain service operation dengan tujuan mengukur tingkat kematangan pada kondisi e-learning. Domain service operation memiliki sub-domain yaitu event management, incident management, reques fulfillment, problem management, dan access management. Hasil penelitian pada variabel event management tingkat kematangan 2.90, variabel incident management tingkat kematangan 2.45, variabel problem management tingkat kematangan 2.13, variabel reques fulfillment tingkat kematangan 2.24, variabel access management tingkat kematangan 3.18. secara keseluruhan indeks rata-rata dari seluruh variabel hasil kuisioner yang didapat sebesar 2.58, yang berada di skala 3 dari 5 tingkat kematangan yaitu defined.

References

Axelos. (2021). Maturity Model An Overview Of The ITIL.

Bora, M. A. (2017). “Analisa Kepuasan Penggunaan e-learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik ( stt ) ibnu sina batam.” Program Studi, Teknik Industri, Dan Model Pembelajaran., 55–62.

Hastini, W. C. S. (2021). “Analisa Komponen ITSM Pada E-Learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,.” TEKNOKOMPAK, 15, 79–91.

Herlinudinkhaji, A. F. D. D. (2018). “Audit Layanan Teknologi Informasi Berbasis Information Technology Infrastructure Library (ITIL),.” Jurnal Informatika Upgris, 1.

Indah, P. (2018). “Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-learning dengan Menggunakan End User Computing (euc) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika.” Seminar Nasional Inovasi Dan Tren (Snit): 112–17.

Payadnya, Putu Ade Andre, dan G. A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan Spss. CV Budi Utama.

Pratama, Y., & Sutabri, T. (2023). Service Operation ITIL V3 Pada Analisis dan Evaluasi Layanan Teknologi Informasi. NUANSA INFORMATIKA.

Setyawan, D. A. (2014). Modul Statistika Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. Poltekkes Kemenkes Surakarta.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Tarsito.

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana Prenademedia Group.

Padel, P. M. A., & Sutabri, T. (2023). Analisis Standard Operating Procedure (SOP) Manajemen Insiden Menggunakan Framework ITIL V3 dengan Metode Analisis Gap Layanan Pada PT Lingkaran Sistem Intelektual. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.121

Rachmatullah, N., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan Perbankan pada Aplikasi Bri Mobile berbasis TI menggunakan Framework ITIL V3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.119

Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.122

Ranius, M. I. A., Sutabri, T., & Ranius, A. Y. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan PT. KAI Sebagai Pengguna pada Aplikasi KAI ACCESS Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Version 3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 135–140. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.136

Putri, G. B., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 162–167. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.144

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Nafisah, N. T., & Sutabri, T. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Framework ITIL V3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 184–189. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.147

Issue

Section

Articles