Memperluas Jangkauan Pasar Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Casa Coffee & Space

Authors

  • Aldo Almando Parengkuan Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako
  • Juliana Kadang Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako
  • Erwan Sastrawan Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i1.112

Keywords:

Pengembangan Usaha, Strategi, Pemasaran, Kedai Kopi

Abstract

Pesatnya pertumbuhan di industri jasa makanan dan minuman memicu tumbuhnya berbagai bentuk konsep baru dari bisnis salah satunya adalah bisnis kedai kopi. Salah satu kedai kopi di Palu yaitu Casa Coffee yang baru berdiri sejak Januari 2022, belum mengetahui strategi yang tepat untuk pengembangan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peluang pemasaran, rencana, strategi dan menentukan tujuan pemasaran melalui penerapan strategi bauran pemasaran 4P produk, harga, promosi dan tempat/distribusi. Kemudian untuk menentukan strategi keberlanjutan usaha dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Casa Coffee yaitu dengan melakukan inovasi fasilitas dan produk, meningkatkan kualitas produk, memperluas pemasaran, memberikan pelayanan yang maksimal dan memperluas pangsa pasar.

References

D. Mandasari, S. Mulyani, dan C. A. B. Sadyasmara, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan Mangsi Grill and Coffee Denpasar,” Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, vol. 7, no. 3, hlm. 336, 2019.

I. Yunus, “Strategi Pemasaran Industri Konveksi Menggunakan Analisis ‘SWOT,’” Jurnal Ilmiah Ecobuss, vol. 9, no. 2, hlm. 95–99, 2021, doi: 10.51747/ecobuss.v9i2.784.

F. Alfiana, A. Hartiati, dan I. W. G. S. Yoga, “Identifikasi Prioritas Perbaikan pada Kualitas Produk Es Kopi Susu di Kovfee-Bali dengan Metode Quality Function Deployment (QFD),” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri ISSN, vol. 2503, hlm. 488X, 2020.

R. H. Watae, F. G. Worang, dan D. Soepeno, “Pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada rumah Kopi Billy Samrat di Manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, vol. 5, no. 3, 2017, doi: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18390.

A. Melani, E. Y. Hasibuan, dan A. Suharyanto, “Strategi Komunikasi Pemasaran@ Lapo Mandailing Coffee Pada Media Sosial Instagram di Kecamatan Panyabungan,” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), vol. 1, no. 1, hlm. 13–19, 2019, doi: https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i1.178.

A. Mas’ari, M. I. Hamdy, dan M. D. Safira, “Analisa strategi marketing mix menggunakan konsep 4p (price, product, place, promotion) pada PT. Haluan Riau,” Jurnal Teknik Industri, vol. 5, no. 2, hlm. 79–86, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997.

N. Sholicha dan R. Oktafia, “Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 7, no. 2, hlm. 1156–1165, 2021, doi: https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2286.

T. Sudrartono dkk., Manajemen Pemasaran Jasa, vol. 5, no. 3. 2020.

F. M. A. Poluan, S. L. Mandey, dan I. W. J. Ogi, “Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero),” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, vol. 7, no. 3, hlm. 2969–2978, 2019. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24043

A. Ma’aruf, Analisis Strategi. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2022.

B. Phadermrod, R. M. Crowder, dan G. B. Wills, “Importance-Performance Analysis based SWOT analysis,” Int J Inf Manage, vol. 44, hlm. 194–203, Feb 2019, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2016.03.009.

S. Rohmah, “Analisa Swot Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran Di Ukm ‘X,’” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, hlm. 1689–1699, 2017.

W. G. A. Luntungan dan H. N. Tawas, “Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 7, no. 4, hlm. 5495–5504, 2019. https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26328

A. M. I. Astuti dan S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 17, no. 2, hlm. 58–70, 2020. http://dx.doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175

A. Fathurohman, “Penentuan Jumlah Produksi Dan Strategi Pemasaran Produk Pakaian Wanita Pada Ikm Rahmat Di Jakarta,” vol. 06, no. 01, hlm. 11–36, 2019.

Amruloh, M. C., & Putri, R. L. (2023). Implementation of Agile Governance In Optimizing The Potential of Sekapuk Village, Gresik District. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 1(2), 30-35.

Downloads

Published

01-02-2023

How to Cite

Parengkuan, A. A., Kadang, J., & Sastrawan, E. (2023). Memperluas Jangkauan Pasar Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Casa Coffee & Space. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i1.112

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)