Pentingnya Penerapan Monitoring Dalam PAI pada Pembelajaran Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i2.304Keywords:
Monitoring, Guru, Manajemen PendidikanAbstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan monitoring dalam pembelajaran PAI, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting monitoring dalam pembelajaran PAI, sumber primer dan sumber sekunder, Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan jurnal mengenai Monitoring dan Pembelajaran PAI dan data sekunder yang di gunakan jurnal dan buku buku yang relavan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pentingnya seorang guru memahami fungsi Monioring, penilaian tersebut melakukan penilaian yang disesuaikan dengan BNSP agar kualitas pendidikan yang tinggi di sekolah menengah, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Penilaian yang terstandarisasi oleh BNSP mencakup berbagai aspek, termasuk kompetensi lulusan, isi pendidikan, proses pendidikan, dan penilaian pendidikan, selain itu monitoring kompetensi guru perlu di perhatikan, hingga pada sumber belajar yang di gunakan seorang guru harus dapat menunjang pembelajaran yang akan di berikan kepada siswa.
References
Abdiyantoro, R., Botifar, M., & Ifnaldi, I. (2023). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ABAD 21 MELAUI PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: SEBUAH KAJIAN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1), 130–139. https://doi.org/10.24127/profetik.v4i1.5083
Amaly, A. M., Herdiana, Y., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2023). THE NECESSITY AND REALITY OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SCHOOLS. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(1), 1. https://doi.org/10.22373/jiif.v23i1.13190
Douali, L., Selmaoui, S., & Bouab, W. (2022). The Pitfalls in Assessment Practices in Distance Learning. International Journal of Technology in Education, 5(3), 486–498. https://doi.org/10.46328/ijte.238
Hidayat, H., Hidayat, O. S., & Widiasih, W. (2023). Development of Google Sites-Based Learning Resources to Improve Mastery of Concepts and Process Skills in Electrical Circuit Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4624–4631. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.3612
Hikmah, H. (2022). National Standards of Education. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 226–234. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.28
Hoerudin, C. W. (2023). Indonesian Language Learning Using the Discovery Learning Model Based on High Order Thinking Skills (HOTS) on Students’ Analytical Thinking Ability. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 122–131. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.370
Linsiyah, A., Yulaeha, S., & Budiastra, A. A. K. (2023). The Influence of Teachers’ Professional Competence and Students’ Learning Styles on The Learning Achievement of Students. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2391
Mansyur, Y. Al, & Salim, H. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri. Tadrib, 3(2), 231–244. https://doi.org/https://doi.org/10.37274/rais.v7i1.658
Mulyadi, M. (2022). Islamic Education Based on The Nature of Personality and The Potential of The Human Soul. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2435
PERMADI, A. (2023). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BATANG HARI. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.51878/manajerial.v3i1.2049
Sagita, R., Ikhwan, N., Rahma, R. L., & Hakim, L. (2022). KOMPETENSI SOSIAL GURU IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA ANNUR ISLAMIC FULLDAY SCHOOL TAHUN AJARAN 2020-2021. Academy of Education Journal, 13(1), 153–163. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.990
Salim, A. (2023). Islamic Religious Education (PAI) Learning Based on The Independent Curriculum of Elementary School at Yogyakarta. Ta’dib, 26(1), 199. https://doi.org/10.31958/jt.v26i1.9026
Setyarini, I. M., Fitriati, S. W., & . S. (2023). Evaluating the Mastery of the English Teachers’ Pedagogical Competence in Teaching and Learning Writing at SMA Negeri of East Semarang Zone. International Journal of Research and Review, 10(7), 241–252. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230731
Wulandari, T. A., & Mubah, H. Q. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 5(1), 117–131. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v5i1.5717
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.