Pentingnya Penerapan Monitoring Dalam PAI pada Pembelajaran Sekolah Menengah

Authors

  • Novita Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • mirzon daheri Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • jumira warlizasusi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • sumarto sumarto Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i2.304

Keywords:

Monitoring, Guru, Manajemen Pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan monitoring dalam pembelajaran PAI, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting monitoring dalam pembelajaran PAI, sumber primer dan sumber sekunder, Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan jurnal mengenai Monitoring dan Pembelajaran PAI dan data sekunder yang di gunakan jurnal dan buku buku yang relavan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pentingnya seorang guru memahami fungsi Monioring, penilaian tersebut melakukan penilaian yang disesuaikan dengan BNSP agar kualitas pendidikan yang tinggi di sekolah menengah, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Penilaian yang terstandarisasi oleh BNSP mencakup berbagai aspek, termasuk kompetensi lulusan, isi pendidikan, proses pendidikan, dan penilaian pendidikan, selain itu monitoring kompetensi guru perlu di perhatikan, hingga pada sumber belajar yang di gunakan seorang guru harus dapat menunjang pembelajaran yang akan di berikan kepada siswa.

References

Abdiyantoro, R., Botifar, M., & Ifnaldi, I. (2023). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ABAD 21 MELAUI PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: SEBUAH KAJIAN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1), 130–139. https://doi.org/10.24127/profetik.v4i1.5083

Amaly, A. M., Herdiana, Y., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2023). THE NECESSITY AND REALITY OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SCHOOLS. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(1), 1. https://doi.org/10.22373/jiif.v23i1.13190

Douali, L., Selmaoui, S., & Bouab, W. (2022). The Pitfalls in Assessment Practices in Distance Learning. International Journal of Technology in Education, 5(3), 486–498. https://doi.org/10.46328/ijte.238

Hidayat, H., Hidayat, O. S., & Widiasih, W. (2023). Development of Google Sites-Based Learning Resources to Improve Mastery of Concepts and Process Skills in Electrical Circuit Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4624–4631. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.3612

Hikmah, H. (2022). National Standards of Education. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 226–234. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.28

Hoerudin, C. W. (2023). Indonesian Language Learning Using the Discovery Learning Model Based on High Order Thinking Skills (HOTS) on Students’ Analytical Thinking Ability. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 122–131. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.370

Linsiyah, A., Yulaeha, S., & Budiastra, A. A. K. (2023). The Influence of Teachers’ Professional Competence and Students’ Learning Styles on The Learning Achievement of Students. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2391

Mansyur, Y. Al, & Salim, H. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri. Tadrib, 3(2), 231–244. https://doi.org/https://doi.org/10.37274/rais.v7i1.658

Mulyadi, M. (2022). Islamic Education Based on The Nature of Personality and The Potential of The Human Soul. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2435

PERMADI, A. (2023). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BATANG HARI. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.51878/manajerial.v3i1.2049

Sagita, R., Ikhwan, N., Rahma, R. L., & Hakim, L. (2022). KOMPETENSI SOSIAL GURU IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA ANNUR ISLAMIC FULLDAY SCHOOL TAHUN AJARAN 2020-2021. Academy of Education Journal, 13(1), 153–163. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.990

Salim, A. (2023). Islamic Religious Education (PAI) Learning Based on The Independent Curriculum of Elementary School at Yogyakarta. Ta’dib, 26(1), 199. https://doi.org/10.31958/jt.v26i1.9026

Setyarini, I. M., Fitriati, S. W., & . S. (2023). Evaluating the Mastery of the English Teachers’ Pedagogical Competence in Teaching and Learning Writing at SMA Negeri of East Semarang Zone. International Journal of Research and Review, 10(7), 241–252. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230731

Wulandari, T. A., & Mubah, H. Q. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 5(1), 117–131. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v5i1.5717

Downloads

Published

17-05-2024

How to Cite

Sari, N., daheri, mirzon, warlizasusi, jumira, & sumarto, sumarto. (2024). Pentingnya Penerapan Monitoring Dalam PAI pada Pembelajaran Sekolah Menengah. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i2.304

Issue

Section

Articles