Pemahaman pada Neurosains pada Pendidikan Islam dan Hubungannya dengan Perkembangan Karakter

Authors

  • Novita Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Dewi Purnama Sari Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • sutarto sutarto Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Aida Rahmi Nasution Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i2.301

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Neurosains, Karakter

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan neurosains dalam pembelajaran PAI, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan neurosains dalam pendidikan islam serta tantangan dan hambatan dalam perkemnagan karakter peranannya, sumber primer dan sumber sekunder, Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan jurnal mengenai neurosains dan data sekunder yang di gunakan jurnal dan buku buku yang relavan, hasil penelitian ini menunjukan Penelitian dalam neurosains memberikan wawasan berharga untuk praktek pendidikan dan parenting, terutama dalam membentuk kelompok sosial dan karakter. Khususnya, Pendidikan Islam berperan penting dalam mengembangkan kepribadian Muslim yang ideal, dengan fokus tidak hanya pada pengetahuan tetapi juga pada pembinaan karakter dan akhlak. Meski begitu, banyak studi cenderung berkonsentrasi pada aspek biologis atau neurologis tanpa mengkaji aplikasi praktisnya dalam pembentukan karakter. Oleh karena itu, masih diperlukan bukti ilmiah lebih lanjut untuk mendukung penggunaan teknik neurosains dalam pendidikan karakter, serta mengatasi masalah biaya dan aksesibilitas intervensi yang berbasis neurosains.

References

Alves, I. S., Coutinho, A. M. N., Vieira, A. P. F., Rocha, B. P., Passos, U. L., Gonçalves, V. T., Silva, P. D. S., Zhan, M. X., Pinho, P. C., Delgado, D. S., Docema, M. F. L., Lee, H. W., Policeni, B. A., Leite, C. C., Martin, M. G. M., & Amancio, C. T. (2022). Imaging Aspects of the Hippocampus. RadioGraphics, 42(3), 822–840. https://doi.org/10.1148/rg.210153

Dev, P. (2022). The Human Brain (pp. 23–38). https://doi.org/10.4018/978-1-7998-9534-3.ch002

Goetz, T., Frenzel, A. C., Stockinger, K., Lipnevich, A. A., Stempfer, L., & Pekrun, R. (2023). Emotions in education. In International Encyclopedia of Education(Fourth Edition) (pp. 149–161). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.14032-1

Kamalia, H., Andayani, S., Ernawati, & Fitri, N. (2024). Interaksi Neurosains Holistik Dalam Perspektif Pendidikan Dan Masyarakat Islam. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Miftahul Huda, 2(1), 131–144.

Khadijah, M. A. (2024). Urgensi Pengembangan Sosial Emosional Bagi Anak Usia Dini. Merdeka Kreasi Group.

Kroker, T., Wyczesany, M., Rehbein, M. A., Roesmann, K., Wessing, I., & Junghöfer, M. (2022). Noninvasive stimulation of the ventromedial prefrontal cortex modulates rationality of human decision-making. Scientific Reports, 12(1), 20213. https://doi.org/10.1038/s41598-022-24526-6

Mohebi, A., Collins, V. L., & Berke, J. D. (2023). Accumbens cholinergic interneurons dynamically promote dopamine release and enable motivation. ELife, 12. https://doi.org/10.7554/eLife.85011

Morales, C., Luks, K. L., & Sibrava, N. J. (2023). Cognitive-behavioral therapy. In Encyclopedia of Mental Health (pp. 438–447). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-91497-0.00206-X

Morgan, R., & Nation, H. (2022). Cadaveric Study of Anatomical Variations in the Limbic System. The FASEB Journal, 36(S1). https://doi.org/10.1096/fasebj.2022.36.S1.R2599

Mukhlas. (2023). Islamic Education in Forming and Developing Muslim Personalities (Study of the Qur’an and Hadith). Journal of Educational Analytics, 2(2), 333–342. https://doi.org/10.55927/jeda.v2i2.4664

Pramono, Khoirunnisa’, Tirtaningsih, M. T., Nugroho, A. P., & Zakia, B. N. (2020). Organic Parenting Pattern as an Early Childhood Behavior Control Strategy in the Millennial Era. Proceedings of the 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.007

Rosenfeld, M., Goverover, Y., & Weiss, P. (2022). Self-awareness predicts fitness to drive among adults referred to occupational therapy evaluation. Frontiers in Rehabilitation Sciences, 3. https://doi.org/10.3389/fresc.2022.1005025

Ruiz, J. M. (2023). Supplemental Material for Impact of Warm Mindfulness on Emotion Regulation: A Randomized Controlled Effectiveness Trial. Health Psychology. https://doi.org/10.1037/hea0001303.supp

Sancho-Balsells, A., Borràs-Pernas, S., Brito, V., Alberch, J., Girault, J.-A., & Giralt, A. (2023). Cognitive and Emotional Symptoms Induced by Chronic Stress Are Regulated by EGR1 in a Subpopulation of Hippocampal Pyramidal Neurons. International Journal of Molecular Sciences, 24(4), 3833. https://doi.org/10.3390/ijms24043833

Voytenko, S., Shanbhag, S., Wenstrup, J., & Galazyuk, A. (2023). Intracellular recordings reveal integrative function of the basolateral amygdala in acoustic communication. Journal of Neurophysiology, 129(6), 1334–1343. https://doi.org/10.1152/jn.00103.2023

Wahyuni, H. (2020). The Impact of Verbal Violence that the Family Members are Making on Children’s Social Emotional Aspects: A Case Study In Early Age 2-4 Years. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 133. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.2265

Zuliani, R., Apriliyani, D., & Kurnia, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah Dasar. ANWARUL, 3(5), 915–924. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1420

Downloads

Published

09-05-2024

How to Cite

Sari, N., Purnama Sari, D., sutarto, sutarto, & Rahmi Nasution, A. (2024). Pemahaman pada Neurosains pada Pendidikan Islam dan Hubungannya dengan Perkembangan Karakter . Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(2), 28–33. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i2.301

Issue

Section

Articles