Penerapan Metode Ice Breaking Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i2.300Keywords:
Metode Ice Breaking, Hasil Belajar, PAIAbstract
Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting yang dimiliki oleh kehidupan manusia. Karena pendidikan akan mampu membuat manusia senantiasa untuk selalu belajar dan terus belajar yang akan mampu mengubah pola pikir manusia dan tingkah laku manusia menjadi lebih baik. Dalam proses belajar mengajar merupakan suatu proses kegiatan antara di dalam kelas dalam berinteraksi dengan siswanya. Dalam hal ini terdapat interaksi atau hubungan antara guru dan siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Pembelajaran dikatakan menarik apabila terdapat suatu metode yang menyenangkan yang membuat siswa menjadi fokus dalam belajar. Ketika guru menerangkan pembelajaran di dalam kelas sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menyampaikan materi pembelajaran di kelas tanpa memperhatikan bagaimana kondisi siswanya dalam proses belajar.
References
Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2009. Psikologi Remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Agustina, Arni, “Penerapan Metode Ice Breaker dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMP PGRI Betung”, Skripsi; Fakultas Ilmu Pendidikan UIN Raden Fatah Palembang, 2016.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
B. Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dewi, Yulianti Kurnia, “Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sepuluh Nopember Buduran Sidoarjo”, Skripsi; Fakulitas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2013.
Dharin, Abu. 2018. Pembelajaran Berbasis Kreativitas di Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Senja.
Fatmawati, Ulfa Kartika. 2018. Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Mts N Kota Madiun Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Hamzah B, Uno, dan Nurudin Mohammad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara
Irhan, Muhammad dan Novan Ardy Wiyani. 2017. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Izzaty, Rita Eka, dkk. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi. Vol. 44, No. 2.
Nadia, Dwi. 2019. “Kreativitas Guru Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Di SD Negeri 92 Desa Bandu Agung Kecamatan Kaur Utara”, Skripsi, Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Irachmat, Miftahur Reza, “Peningkatan Perhatian Siswa pada Proses Pembelajaran Kelas III Melalui Permainan Ice Breaking di SDN Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo”, Skripsi; Fakulitas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.