Pengaruh Online Customer Review dan Celebrity Endorsment Terhadap Eksistensi Di Media Sosial Instagram pada Toko Elv_Bucket Pringsewu

Authors

  • Verlina Indriyani Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Juliono Juliono Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Purwanto Purwanto Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.228

Keywords:

Celebrity Endorsement, Online Customer Review, Existency, Media Social

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi semakin berkembang dengan pesat. Perkembanagn ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, seperti memanfaatkan media social dalam mempromosikan produk.  Toko elv_bucket merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang disebut juga UMKM yang bergerak dibidang kreatif dan berdiri tahun 2019. Toko elv_bucket memproduksi berbagai macam produk buket bunga mulai dari buket bunga, buket boneka, buket jilbab, buket snack, dan lain-lain. Dilihat dari media sosial instagram elv bucket yang semakin banyak pengikut menjadi bukti bahwa tingkat eksistensi toko tersebut meningkat, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh online customer review dan celebrity endorsment secara parsial dan simultan terhadap eksistensi pada toko elv_bucket Pringsewu. Metode penelitian yang menggunakan adalah pendekatan kuantitatif, penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang didasarkan pada pengumpulan dan analisis data berbentuk angka (numerik) untuk menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol fenomena yang diminati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh followersElv_bucket.Yang berjumlah 7.512 followers. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 100 orang dengan teknik pengambilan accidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian secara parsial yaitu variabel online customer review (X1) berpengaruh terhadap eksistensi di media sosial instagram pada toko elv_bucket Pringsewu hal ini dibuktikan dengan hasil perhituangan statistic thitung (12.185) > ttabel sebesar (1,985). Kemudian variabel celebrity endorsement (X2) berpengaruh terhadap eksistensi di media sosial instagram pada toko elv_bucket Pringsewu hal ini juga dibuktikan dengan nilai nilai thitung (3.724) > t tabel (1,985). Kemudian secara simultan variabel online customer review (X1) dan celebrity endorsement berpengaruh terhadap eksistensi dimedia sosial instagram pada

References

Aldilla, F. A. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer RatingTerhadap Purchase Intention Melalui Customer Trust. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents , 49-58.

Anas, A. A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga , 53-58.

Asri Nugrahani Ardianti, W. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. (Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 55-66.

Carlson, B. D. (2020). A customer focused approach to improve celebrity endorser effectiveness. Journal of Business Research , 221-235.

Choi, Y. T. (2018). ‘Brand Actions on Social Media: Direct Effects on Electronic Word of Mouth (eWOM) and Moderating Effects of Brand Loyalty and Social Media Usage Intensity’, Journal of Relationship Marketing, . Journal of Relationship Marketing , 52-70.

Fauziah, R. R. (2016). Efektifitas promosi destinasi wisata rekreasi gunung pancar melalui postingan instagram media. Jurnal Komunikato , 27-40.

Liedfray, T. W. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society , 1-12.

Mukhammad Firdaus, S. A. (2023). Pengaruh customer review, customer rating, dan celebrity endorserterhadap minat beli melalui kepercayaan di online shop Shopee. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi , 67-83.

Mulianda Lestari, W. (2021). The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion on Purchase Decision Through Brand Image. Management Analysis Journal , 198-211.

Savitri, N. W. (2017). Pengaruh celebrity endorser dan iklan melalui media televisi terhadap minat beli pada tokopedia di Denpasar. Bali : Udayana

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta .

Sujarweni, W. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi . Yogjakarta : Pustaka Baru .

Sukasih, Y. F. (2021). Pengaruh produk, harga dan tempat terhadap eksistensi toko kelontong di kecamatan tulungagung. Tulung Agung: IAIN Tulung Agung .

Yu, X. S. (2018). Modeling user intrinsic characteristic on social media for identity linkage. ACM Transactions on Social Computing, , 1-25 .

Downloads

Published

30-07-2023

How to Cite

Indriyani, V., Juliono, J., & Purwanto, P. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Celebrity Endorsment Terhadap Eksistensi Di Media Sosial Instagram pada Toko Elv_Bucket Pringsewu. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(3), 277–284. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.228

Issue

Section

Articles