Analisis Information Technology Service Management (ITSM) pada Sistem Informasi Narkotika (SIN) menggunakan Framework IT Infrastructure Library (ITIL) V3 pada BNN Provinsi SUMSEL
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.158Keywords:
ITIL Versi 3, Maturity Level, Gap Analysis, ITSMAbstract
Badan Narkotika Nasional (BNN) merupakan Lembaga Pemerintahan Non Kementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba. Didalam menjalankan kegiatannya BNN sendiri telah memiliki sebuah Sistem Informasi yang bernama SIN (Sistem Informasi Narkoba), SIN bertujuan untuk mengumpulkan data informasi dan kegiatan yang telah dilakukan baik dari BNN tingkat Provinsi maupun dari BNN Tingkat Kota/Kabupaten. Namun selama berjalannya waktu Sistem ini belum pernah dilakukan sebuah pengukuran seperti Pengukuran tingkat kematangan (Maturity Level). Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukanlah sebuah pengukuran terhadap Sistem Informasi Narkoba (SIN) dengan menggunakan salah satu framework yang ada pada IT Service Management (ITSM) yaitu IT Infrastruktur Library (ITIL) Versi 3. ITIL merupakan rangkaian atau Teknik pengelolaan Infrastruktur, pengembangan serta pengoperasian dari sebuah Teknologi Informasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu Sistem Informasi Narkoba (SIN) BNN menjadi lebih baik lagi.
References
Axel Natanael, T. S. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) pada Layanan Marketplace Shopee menggunakan Framework ITIL Versi 3. Jurnal Nuansa Informatika, Volume 17 No. 1.
Desi Mahdalena, W. C. (2020). Penilaian IT Service Management pada Infrastruktur Teknologi Informasi PT. TELKOM kota Bengkulu menggunakan framework ITIL v3. Gema Teknologi, Vol. 21. No. 1 .
Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.122
Herlinudinkhaji, D. (2019). Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 domain service design pada Universitas Selamat Sri Kendal. Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 01, No. 01.
Herlinudinkhaji, D., & Daru, A. F. (2015). Audit Layanan Teknologi Informasi Berbasis Information Technology Infrastructure Library (ITIL). J. Inform. Upgris, vol. 1, No. 2. hal 103-111.
Luthfi Fernanda Asne, R. F. (2022). Analisis Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi pada PT. Dunia Boga Indonesia yang mengacu pada ITIL V3 Domain Service Operation. e-Proceeding of Engineering, Vol. 09. No. 02 hal: 619.
Natasya Ekaputri, Y. T. (2018). Evaluasi Maturitas Manajemen Layanan Sistem Informasi Learning NSC Application (LENSA) menggunakan framework ITIL V3 Domain Service Operation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan ilmu komputer , Vol.2, No. 11. Hal 5063-5069.
OGC. (2007). The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle. London: TSO.
Padel, P. M. A., & Sutabri, T. (2023). Analisis Standard Operating Procedure (SOP) Manajemen Insiden Menggunakan Framework ITIL V3 dengan Metode Analisis Gap Layanan Pada PT Lingkaran Sistem Intelektual. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.121
Putri, G. B., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 162–167. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.144
Rachmatullah, N., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan Perbankan pada Aplikasi Bri Mobile berbasis TI menggunakan Framework ITIL V3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.119
Rahma, F. A., Ratnawati, M. A., Hidayah, S. O., Diniyati, F. F., & Setiawan, I. (2023). Pemanfaatan Metode ITIL V3 dalam Menganalisis manajemen layanan Shopee. Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer Amikom, Vol. 8, No. 1.
Ranius, M. I. A., Sutabri, T., & Ranius, A. Y. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan PT. KAI Sebagai Pengguna pada Aplikasi KAI ACCESS Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Version 3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 135–140. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.136
S. Hanief, W. J. (2018). Framework ITIL V3 Domain Service Operation dalam analisis pengelolaan Teknologi Blended Learning.
Safitri, C. I., Supriyadi, D., & Astiti, S. (2021). Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal JUPITER, Vol. 13 No. 1 Hal. 134-144.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.